Selasa, 25 Januari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 November 2012 (Bgn 4)

 

  

Kita menggunakan kalimat “Jangan berbuat jahat, senantiasa berada dalam kondisi selamat; perbanyak melakukan kebajikan, segalanya berjalan sesuai dengan harapan”, hal ini nyata adanya, sama sekali tidak semu.

 

Standar untuk kebaikan dan kejahatan, memberi manfaat bagi orang lain adalah kebaikan, menguntungkan diri sendiri adalah kejahatan, hal ini tidak boleh tidak diketahui.

 

Melatih diri demi meningkatkan status diri sendiri, sehingga orang lain tidak sebanding dengan diriku, kalau demikian halnya tetap saja merupakan kemerosotan. Apa alasannya? Sebersit niat begini adalah keangkuhan sehingga jasa kebajikan dari melatih diri anda sama dengan nihil.

 

Ingatlah kebenaran yang disampaikan Konfusius bahwa “Meskipun memiliki bakat serupa Zhougong, tetapi angkuh dan kikir, maka kepribadian orang begini tak layak dibahas lagi”.

 

Kata-kata Konfusius ini mengandung makna tersirat, makna-nya sangat mendalam. Maka itu, saya kemukakan keluar inti dari ketamakan, kebencian dan kedunguan, apa yang merupakan inti dari keserakahan? Yakni kemelekatan pada perasaan (suka dan benci), inilah inti dari keserakahan, apabila kemelekatan pada perasan ini sanggup disingkirkan, maka ketamakan mudah dilenyapkan.

 

Inti dari kebencian adalah keangkuhan, inti dari kedunguan adalah kecurigaan. Maka itu harus dipahami bahwa kemelekatan pada perasaan adalah racun dari keserakahan, yang paling beracun; keangkuhan adalah racun dari kebencian, yang paling beracun; kecurigaan adalah racun dari kedunguan, yang paling beracun.

 

Jika ketiga hal ini tidak anda kenali, dalam waktu keseharian, niat pikiran yang timbul, dirimu jadi tercemar dan terpengaruh, maka masalahmu jadi besar. Dia dapat merusak segala kebajikan, dia takkan mewujudkan kebajikan; dengan perkataan lain, dia akan mewujudkan segala kejahatanmu, membantumu menuju ke Neraka Avici. Tujuan akhirnya adalah mengantar dirimu ke Neraka Avici, anda masih begitu menyukainya, masih tidak ikhlas menjauhinya, dungunya hingga sedemikian rupa!

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 November 2012

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Juli 2011 (Bgn 3)

https://keseimbanganbatin2.blogspot.com/2020/08/kutipan-ceramah-master-chin-kung-8-juli_30.html

 

 

我們以「諸惡莫作,歲歲平安;眾善奉行,年年如意」,這是真的,一點都不假。善惡的標準,利他是善,利自己決定是惡,這個不能不知道。修行證果要是為利益自己,我的地位高,我突出,別人不如我,還是要墮落。為什麼?這一念傲慢把你所修的功德都等於零了。記住,孔老夫子那些話是真理,他說「如有周公之才之美,使驕且吝,其餘不足觀也」。夫子的話說得很含蓄,道理很深。所以,我把貪瞋痴的核心提出來了,貪的核心是什麼?是情執,那是貪的核心,情執放下了,貪很容易斷掉。瞋的核心就是傲慢,愚痴的核心就是懷疑。所以要曉得,情執是貪中之毒,最毒的;傲慢是瞋中之毒;懷疑是愚痴裡頭的毒素,毒中之毒。這三樣東西你要是不認識,你要在日常生活當中,起心動念之處,你要是沾染了,你麻煩可大了。它能夠壞一切善法,它不會成就善法,它是壞一切善法的;換句話說,反過來,它能成就你一切惡法,幫助你進阿鼻地獄。它終極的目標是把你送到無間地獄,你還很喜歡它,你還捨不得離開它,愚痴到了極處!

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十二集)  2012/11/19  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0022

 

 

 

   

Hari ini kita telah membahas panjang lebar, solusinya adalah membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan.

 

Membangkitkan Bodhicitta adalah hati kasih yang tulus, adalah niat baik yang mengandung kebijaksanaan yang tinggi, bukan kebajikan yang menuruti perasaan emosional.

 

Kita menggunakan hati kasih ini, niat baik ini, memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain, kemudian memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan.

 

Sepanjang hayat, inilah yang dilakukan setiap harinya, sehari pun tidak boleh meninggalkannya, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan. Jika pekerjaan sedang bertumpuk sehingga tidak dapat memfokuskan pikiran melafal Amituofo, boleh menggunakan metode sepuluh lafalan.

 

Praktisi senior zaman dulu mengajarkan kita cara yang paling praktis, setiap pagi dan malam mendisiplinkan diri melafal sepuluh kali, malam sebelum tidur melafal sepuluh kali, sepanjang hayat jangan sampai ada yang kurang, juga dapat dikategorikan sebagai memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan.

 

Setiap niat pikiran yang timbul adalah bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, melepaskan segala kemelekatan di dunia ini, dengan demikian terjalin dengan Buddha Amitabha.

 

Kita sudah kelamaan berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir untuk waktu yang cukup panjang, selama kalpa yang tak terhingga kita sangat ingin terbebas, namun tidak berdaya.

 

Hari ini kita telah menemukan solusinya, asalkan membangkitkan keyakinan dan tekad, mengamalkan “Membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”, pada satu masa kehidupan ini dapat terbebas dari lautan derita, terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 November 2012

 

  今天講這麼多,都是補充前頭的一句話,發菩提心。菩提心是真誠的愛心,是高度智慧的善意,不是感情用事。我們用這種愛心、善意,自行化他,然後一向專念。古人說的話沒錯,上盡形壽,就是一生天天幹,一天都不離開,一向專念。下至十念,如果工作忙碌,不能夠專心來念佛,你就用十念法。古大德教我們最簡單的方法,早晚修十念,十口氣,一口氣叫一念,不拘多少,念十口氣。晚上用這個做晚課,睡覺之前念十句,一生都不缺,也符合一向專念。念念求生淨土,這個世間萬緣放下,他就相應。我們輪迴在六道時間太長了,這無量劫來很想脫離,沒有辦法。今天遇到這個方法,只要能信、只要能願,具足信願,接受這兩句經文的教誨,「發菩提心,一向專念」,這一生就能脫離苦海,就能往生成佛。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十二集)  2012/11/19  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0022