Minggu, 18 April 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 November 2012 (Bgn 1)

 

 

Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita di dalam sutra, Guru Sesepuh dan praktisi senior juga tiada henti-hentinya mengingatkan diri kita, “Membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan” adalah pusat dari tekad Buddha Amitabha.

 

Diantara 48 tekad Buddha Amitabha, tekad mana yang paling penting? Yakni membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, inilah pusat dari keseluruhan 48 tekad agung.

 

Sutra dan sastra Aliran Sukhavati tidaklah banyak, cuma tiga judul sutra saja, tetapi diantara ketiga jenis sutra tersebut, “Sutra Usia Tanpa Batas” merupakan sutra yang dibabarkan Buddha berulang kali, jadi bukan hanya satu kali saja.

 

Hal ini sangat jelas, di Tiongkok saja, terhitung sejak masuknya Agama Buddha ke Tiongkok pada masa Dinasti Han, berlangsung hingga masa Dinasti Song, selama kurun waktu 8 abad, pernah dilakukan 12 kali terjemahan. Teks asli “Sutra Usia Tanpa Batas” adalah dalam Bahasa Sanskrit, bukan hanya ada satu jenis, meskipun isinya hampir sama.

 

Maka itu dapat disimpulkan bahwa Buddha Sakyamuni membabarkan “Sutra Usia Tanpa Batas” sebanyak beberapa kali, setelah Sang Buddha memasuki Parinirvana, Y.A.Ananda mengulangi menyampaikan semua versi ini dan dihimpun ke dalam Sutra Pitaka.

 

Oleh karena terdapat banyak versi, sehingga perlu dilakukan perangkuman. Sekarang kita lihat di Tiongkok terdapat lima jenis versi terjemahan, bisa dipastikan ada tiga jenis teks aslinya, yang berarti Buddha Sakyamuni mengulang membabarkannya sebanyak tiga kali, ini merupakan hal yang langka.

 

Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, tiap judul sutra hanya dibabarkan sebanyak satu kali saja, tidak ada pengulangan, satu-satunya hanyalah “Sutra Usia Tanpa Batas”, yang dibabarkan berulang kali, hal ini jelas membuktikan betapa pentingnya sutra ini.

 

Periode Berakhirnya Dharma yang berlangsung selama 10 ribu tahun, kini telah melewati seribu tahun dan tersisa 9 ribu tahun lagi, para makhluk yang memperoleh penyelamatan, terbebas dari enam alam tumimbal lahir, melampaui Dasa Dharmadhatu, hanya dengan mengandalkan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 November 2012

 

Tiga Periode Dharma :

https://daunbodhi.blogspot.com/2020/12/tiga-periode-dharma.html

 

這個地方所說的,經論上佛告訴我們,祖師大德也是不斷在提醒我們,「發菩提心,一向專念」是阿彌陀佛本願的中心。阿彌陀佛四十八願,四十八願最重要的一願是什麼?就是發菩提心,一向專念,這是大願裡面的中心點。全部淨宗,淨宗的經論不多,世尊專講淨宗經論的只有三部經,但是三部經,《無量壽經》是世尊在世多次宣講,不是講一次。有很明確的證明,這部經在中國,從漢朝時候開始,一直到宋朝,八百年間,做過十二次的翻譯。翻譯的原本,就是梵文原本,不是一個本子,因為它裡頭出入很大,不盡相同的地方非常明顯、非常顯著。所以肯定是佛多次宣講,阿難尊者集結的時候統統把它集結了。因此這個經就有會集的必要。現在我們看中國五種原譯本,斷定至少是三個不同的原本,也就是世尊三次以上的宣講,這是很少有的。世尊當年在世一部經只講一次,沒有重複的,唯獨這部經,這部經重複,而且重複多次,說明它太重要了。末法這一萬年,第一個一千年過去了,往後九千年,真正得度,真正脫離六道輪迴、脫離十法界,只有這個法門。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十七集)  2012/11/8  斯里蘭卡  檔名:02-040-0017

 

 

 

Periode Berakhirnya Dharma yang berlangsung selama 10 ribu tahun, kini telah melewati seribu tahun dan tersisa 9 ribu tahun lagi, para makhluk yang memperoleh penyelamatan, terbebas dari enam alam tumimbal lahir, melampaui Dasa Dharmadhatu, hanya dengan mengandalkan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo.

 

Sepanjang hayatku memiliki tiga orang guru, mereka pernah memberitahukan padaku, saya ini termasuk kaum intelek, hobi mengoleksi gudang ilmu, terhadap memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma, meskipun tidak menolak, namun juga tidak mengamalkannya.

 

Hobiku adalah mengoleksi gudang ilmu, maka itu tidak mematuhi nasehat yang diberikan Guru Sesepuh dan praktisi senior. Kini usiaku telah lanjut, barulah memahami, barulah tercerahkan, selama ini saya telah keliru.

 

Andaikata sejak awal saya memilih memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma, prestasiku hari ini pasti takkan cuma segini, pastinya akan lebih tinggi sepuluh kali lipat atau seratus kali lipat daripada pencapaianku hari ini.

 

Kesalahan ini ada pada diriku sendiri, apa yang dikatakan di dalam sutra tidaklah salah, Buddha telah berkata sejujurnya, Guru Sesepuh dan praktisi senior juga telah berkata sejujurnya, guruku juga telah menyampaikan sebagaimana mestinya pada diriku, sayangnya keraguanku terlampau berat, inilah sumber penyakit batinku.

 

Maka itu untuk membangun keyakinan hati adalah hal yang terlampau sulit, apalagi keyakinan hati yang kokoh, lebih sulit diperoleh.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 November 2012

 

末法這一萬年,第一個一千年過去了,往後九千年,真正得度,真正脫離六道輪迴、脫離十法界,只有這個法門。

 

我三個老師都曾經告訴我,我是屬於知識分子,喜歡廣學多聞,對於一門深入雖然是不反對,但是沒認真去做。興趣是廣泛的,不是單方面的,所以沒有完全遵照祖師大德的教誨去做。現在年歲大了,明白、覺悟了,錯了。如果早年我一開始學佛的時候就遵從教誨,我今天的成就不是這個樣子,比我今天這個成就高十倍、高百倍都不止。這是錯在自己,經典上說得不錯,佛沒有錯,祖師大德沒有錯,老師沒有錯,自己疑心太重了,病就從這裡發生的。所以信心的建立是非常非常之難,堅固的信心尤其難得。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十七集)  2012/11/8  斯里蘭卡  檔名:02-040-0017

 

 

 

 

 

Melatih diri menuruti apa yang tercantum di dalam Sutra Usia Tanpa Batas versi rangkuman Upasaka Xia Lianju, selama dua dasawarsa terakhir hasilnya sungguh mengesankan, memberikan bukti nyata kepada kita semuanya.

 

Tak peduli bagaimana pun komentar yang dilontarkan orang lain, namun para praktisi yang melatih diri menuruti ajaran yang tercantum di dalam sutra ini, benar-benar terlahir ke Alam Sukhavati, saat menjelang ajal menampilkan fenomena istimewa buat diperlihatkan kepada dirimu, hal ini merupakan kebenaran yang tak terbantahkan.

 

Maka itu sutra ini merupakan metode yang mudah dan praktis namun sulit diyakini. Saya sendiri harus menghabiskan waktu tiga dekade barulah sanggup meyakininya, jadi bukan termasuk kategori akar kebijaksanaan tinggi dan tajam.

 

Bahkan dibandingkan dengan Guo Lou-jiang saja, masih jauh sekali, oleh karena Guo Lou-jiang begitu diajari gurunya, dia langsung menerima dan meyakininya, sedangkan saya harus menghabiskan waktu selama tiga dekade barulah sanggup membangkitkan keyakinan.

 

Maka itu kami merasa malu, bahkan dengan Guo Lou-jiang saja tidak sebanding. Dalam karir memberi ceramah, hal ini menuruti jodoh apa adanya, kalau ada jodoh, maka mengerahkan segenap tenaga dan pikiran guna mewujudkan yang terbaik, sebaliknya jika tidak ada jodoh, maka memfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan.

 

Melatih diri itu yang paling penting harus terfokus, berada pada satu jalur, yakni jalan terdekat, yang paling cepat, yang paling aman dan kokoh, yakni melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, dengan terlahir ke Alam Sukhavati pasti berhasil mencapai KeBuddhaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 November 2012

 

Cergam kisah Guo Lou-jiang :

https://negeriteratai.blogspot.com/2018/06/22-tukang-tambal-kuali-guo-lou-jiang.html

 

依照這個會集本修行,在這二十年當中成就非常可觀,這就是事實真正證明。不管你怎麼說法,依照這個經本理論、方法修行,也真往生了,往生真有瑞相給你看,這是不能否定的。所以本經,「往生必備之正因」,就在這兩句話的開示,方便度生的方法也是這兩句話,極其簡單,極其容易,但是很難相信。我是費了三十年才相信它,所以不是上根利智。上根利智我比鍋漏匠差很遠,差一萬倍都不止,他接受就相信了,老師教給我,我還要等三十年之後才相信。跟鍋漏匠相比,我們非常慚愧,哪裡能比得上人?在佛教弘揚這方面,這是緣分,有緣盡心盡力去做,沒有緣就一心專念彌陀。修行最重要的一條道路、最近的一條道路、最快速的一條道路、最穩當的一條道路,就是念佛往生淨土,往生決定成佛。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十七集)  2012/11/8  斯里蘭卡  檔名:02-040-0017