Jumat, 11 Maret 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012 (Bgn 8)

 

 

Di dalam “Dajing Hezan (Kata motivasi yang ditulis oleh Upasaka Xia Lianju guna menyemangati para praktisi untuk membaca Sutra Usia Tanpa Batas)” tercantum : “Seperti yang tertera di dalam Sutra Usia Tanpa Batas bahwa membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, barulah dapat mencapai Pikiran Terfokus Tidak Tergoyahkan. Jika tidak sanggup memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, pasti sulit untuk mencapai Pikiran Terfokus.”

 

Perkataan ini sangat bagus. Kita memasuki pintu ajaran dari memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, memfokuskan diri hingga sedemikian rupa, maka dengan sendirinya terjalin dengan pikiran terfokus.

 

Di sini khusus harus diperhatikan bahwa seluruh Dharma baik Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, tidak terpisahkan dari jiwa sejati, ini merupakan prinsip umum.

 

Di dalam Buddha Dharma, tujuan akhir dari melatih diri adalah menemukan kembali jiwa sejati, maka itu di luar jiwa sejati, tidak ada kaitannya. Hari ini kita melatih diri, mengejar Dharma di luar hati, kita juga menempatkan sutra Buddha sebagai benda di luar hati, inilah yang disebut sebagai aliran luar.

 

Apa yang dimaksud aliran luar? Mencari kebenaran di luar hati, makanya disebut aliran luar. Kita memandang sutra Buddha secara eksternal, mencari Buddha Dharma di luar hati sendiri, sehingga melakukan kekeliruan. Alhasil yang diperoleh hanyalah pengetahuan Buddha Dharma, tidak berhasil memetik intisari-nya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012

 

「《大經合贊》云:依此經發菩提心,一向專念,方得一心不亂故。不能專念,決難一心。」這說得好。我們從一向專念入門,專到極處,自然就跟一心相應,專到極處。在這個地方決定要知道,世出世間一切法不離自性,這是總的原則、總的綱領。佛法的修學就是回歸自性,就如此而已,所以於自性之外的,它不相干。我們今天求學,心外求法,我們把佛經也看成心外之物,這是佛門所謂是門內外,外是外道。什麼叫外道?心外求法叫外道。我們把佛的經典也看成是外,完全用求心外之法來求佛法,所以搞錯了。得到的是佛法的知識,得不到它的精髓,這個就是方法不一樣。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十集)  2012/11/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0030

 

 

 

 

Belajar Buddha Dharma harus dimulai dari mana? Dari sila, samadhi (konsentrasi), prajna (kebijaksanaan), jika tidak mengandalkan sila, samadhi dan prajna, maka sudah keliru, inilah yang dimaksud sebagai mencari kebenaran di luar hati, alhasil yang diperoleh hanyalah pengetahuan semata, bukan kebijaksanaan.

 

Pengetahuan tidak dapat mencapai pencerahan, tidak dapat menemukan kembali jiwa sejati, hal ini tidak boleh tidak diketahui. Tetapi hari ini ada berapakah orang yang belajar ke dalam batin? Bahkan seorang pun tidak dapat ditemukan, seorang teladan pun tidak ada, inilah kesulitan terbesar hari ini belajar Ajaran Buddha.

 

Hari ini baik belajar Ajaran Buddha, ajaran Konfusius, maupun belajar budaya tradisional, tidak ada guru, tidak ada teladan, hanya bisa mengandalkan diri sendiri meraba-raba, untuk menghindari melakukan kekeliruan, maka dibutuhkan prasyarat.

 

Prasyaratnya adalah tulus dan hormat, barulah anda memperoleh mukjizat, barulah memperoleh pemberkatan kekuatan Buddha, perlindungan dari Dewa, Naga dan malaikat bajik lainnya, mara tidak dapat mengganggu, barulah anda takkan melakukan kekeliruan, anda akan berhasil menemukan jalan keluar.

 

Dengan demikian anda adalah seorang guru, seorang kalyanamitra, kemudian anda membimbing generasi berikutnya. Generasi berikutnya oleh karena ada guru yang menuntun, maka prestasinya pasti akan melampaui dirimu, ini merupakan hal yang  bagus, kemampuan murid berasal dari didikan guru, namun akhirnya prestasi murid mengungguli prestasi guru.

 

Generasi demi generasi semakin membaik, sehingga Buddha Dharma jadi berjaya, sebaliknya jika generasi demi generasi semakin merosot, maka Buddha Dharma pun menuju pada kehancuran.

 

Maka itu tidak boleh ada kedengkian, tidak boleh ada keangkuhan, melihat ada orang yang lebih bagus daripada diriku, bangkitkan rasa hormat, mendukungnya (baik dari segi materi maupun non materi), melindunginya, mengorbankan diri sendiri demi mewujudkan keberhasilan bagi insan lain.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012

 

佛法從哪裡修?從戒定慧當中修,不依戒定慧就錯了,就是心外求法,求的是知識不是智慧。知識不能開悟,不能見性,這個不能不知道。但是今天幾個人是向內學的?幾乎一個都找不到,一個榜樣都沒有,這是今天學佛最大的難處。今天無論學佛、學儒、學傳統文化,沒有老師,沒有榜樣,只有靠自己摸索。自己摸索要能夠摸得不錯,得要有先決條件。先決條件就是真誠、恭敬,你才會得到感應,才得到佛力加持,龍天善神護持,魔不能擾,你才會摸得準確,真正被你摸出一條道路來。那你就是老師,就是善知識,你再教下一代。下一代因為有老師,下一代成就一定高過你,這好事情,青出於藍而勝於藍。一代比一代好,法就興旺起來,一代不如一代,就滅亡了。所以,決定不能有嫉妒,不能有傲慢,看到比我好的恭敬、供養,要愛護他,要能捨己為人。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十集)  2012/11/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0030

 

 

 

 

 Tidak boleh ada kedengkian, tidak boleh ada keangkuhan, melihat ada orang yang lebih bagus daripada diriku, bangkitkan rasa hormat, mendukungnya (baik dari segi materi maupun non materi), melindunginya, mengorbankan diri sendiri demi mewujudkan keberhasilan bagi insan lain.

 

Setelah meninggalkan kelompok pemburu, Guru Sesepuh ke-6 Aliran Zen, Master Huineng datang ke Vihara Guangxiao mendengar ceramah yang diberikan oleh Master Yinzong, lalu bersua dengan Master Yinzong.

 

Andaikata Master Yinzong memiliki keangkuhan, maka jalinan jodoh Sesepuh ke-6 pupus sudah. Kala itu Master Huineng masih belum termasyhur, tidak ada orang yang mengenalnya, lagi pula beliau tidak mengenal aksara.

 

Master Yinzong merupakan seorang Bhiksu yang memiliki nama besar di daerah Lingnan, di wilayah selatan ini tidak ada orang yang tidak mengenalnya, seorang Dharma Master agung yang memberi ceramah dan mengajari Dharma.

 

Master Yinzong mengetahui bahwa Master Huineng merupakan penerus dari Sesepuh ke-5, lalu menahbiskannya, usai itu, Master Yinzong mengangkat Master Huineng menjadi gurunya.

 

Hanya dalam waktu sekejab, status Master Huineng melampaui Master Yinzong, di dunia ini tidak ada orang yang tidak merasa salut dan menghormati kebesaran jiwa Master Yinzong. Inilah yang disebut dengan mendukung Dharma.

 

Kini jasa kebajikan Master Yinzong adalah setara dengan Master Huineng, jadi bukanlah karena sudah mengangkat dan merekomendasikan (mempromosikan) Master Huineng, sekarang beliau tidak bisa memberi ceramah dan menyelamatkan para makhluk lagi.

 

Sesepuh ke-6 menyelamatkan semua makhluk, sesungguhnya siapa yang menyelamatkan mereka? Master Yinzong. Master Yinzong bermata jeli, mengenali siapa sosok yang mendatanginya, beliau adalah seorang Kalyanamitra Sejati.

 

Bagaimana cara beliau mengangkat dan merekomendasikan Master Huineng? Melakukan namaskara dan menjadi muridnya, dengan demikian barulah dapat merekomendasikannya.

 

Andaikata Master Huineng tidak bersua dengan pendukung Dharma sejati seperti ini, maka perjalanan beliau dalam menyebarluaskan Ajaran Zen akan sulit sekali ditempuh.

 

Begitu praktisi senior yang memiliki kemampuan besar ini memberi dukungan pada dirinya, melindunginya, maka segalanya berjalan dengan lancar, segala rintangan jadi sirna.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012

 

Kisah Master Huineng bersua Master Yinzong :

https://tekadagung.blogspot.com/2019/01/kutipan-ceramah-master-chin-kung-16.html

 

 

決定不能有嫉妒,不能有傲慢,看到比我好的恭敬、供養,要愛護他,要能捨己為人。

 

 六祖惠能大師離開獵人隊,在光孝寺聽印宗法師講經,跟印宗法師見面,如果印宗法師要是有傲慢,六祖的緣就沒有了。那個時候他是默默無名,沒人認識他,又不認識字。印宗是南方嶺南的大法師,沒有人不知道的,講經教學的大法師。他知道是五祖的傳人,你看,把他剃度,剃度完了之後,拜他為師,這水漲船高,一下就把六祖抬出來了。這叫抬舉,水漲船高,那個身分馬上在印宗之上,天下人沒有不禮敬的。這是什麼?叫真護法。印宗的功德跟六祖一樣大,不是他把他抬出來,他救不了眾生。六祖救度一切眾生誰救的?印宗救的。印宗有眼光,認識人,這是大善知識。怎麼樣把他抬舉?自己跪下來磕頭,做他的弟子,這才把他捧起來。所以,能大師要遇不到這樣真正的護持,他的道路很難走。這個得力的大德一護持他、擁護他,自自然然就順利了,所有障礙都沒有了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十集)  2012/11/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0030