Jumat, 27 Mei 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Desember 2012 (Bgn 1)

 

  

Besok adalah tanggal 21 Desember 2012, tampaknya takkan terjadi apa-apa. Hal ini kita harus berterima kasih pada sejumlah orang, baik umat beragama maupun bukan, mereka sedang memanjatkan doa.

 

Melafal Amituofo melimpahkan jasa kebajikan juga adalah doa, ini merupakan cara doa di dalam pintu Buddha, memohon pemberkatan Maitri Karuna Buddha dan Bodhisattva untuk mengurai bencana, menunda waktu terjadinya bencana.

 

Kalau tidak dapat mengurai maka menunda, agar kita memiliki waktu yang cukup guna memperbaiki diri, sehingga bencana perlahan-lahan dapat terurai.

 

Andaikata manusia masih merasa dirinya yang paling benar, meragukan hal ini, tidak bersedia memperbaiki diri, masih tetap berbuat jahat, ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, bukan saja menghentikan perbuatan membunuh, mencuri, asusila, berbohong, malah makin menjadi-jadi, maka bencana pun tidak terelakkan.

 

Sampai kapan bencana ini dapat diulur, beberapa hari, beberapa bulan, beberapa tahun, siapa yang menentukannya? Kita-lah yang menentukannya. Kebenaran ini mesti dipahami.

 

Giat melatih sila, samadhi dan prajna, memadamkan ketamakan, kebencian dan kedunguan, orang ini dapat keluar dari lingkaran enam alam tumimbal lahir, selamanya terbebas dari penderitaan. Mengapa demikian?

 

Enam alam tumimbal lahir berasal dari ketamakan, kebencian dan kedunguan, berasal dari perbuatan membunuh, mencuri, berzina. Kita selamanya menjauhi ketamakan, kebencian, kedunguan, selamanya tidak menciptakan karma membunuh, mencuri, berzina, maka melampaui enam alam tumimbal lahir, enam alam tumimbal lahir tidak tampak lagi, hal ini nyata adanya.

 

Kita melatih diri tidak dapat mencapai kondisi batin sedemikian rupa, sementara ini praktisi yang berhasil mencapai kondisi batin ini sangat banyak, Arahat mencapainya, Pratyekabuddha juga mencapainya, hal ini tidaklah semu.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Desember 2012

 

二0一二年十二月二十一日是明天,看來沒事了。這個我們要感謝今天世界上這些人,無論是有宗教信仰的,跟沒有宗教信仰的,都為這樁大事在做祈禱。念佛迴向是祈禱,這是佛門的祈禱方式,求佛菩薩慈悲加持化解災難、延緩災難。不能化解就延緩,讓我們有足夠的時間改過自新,災難慢慢就化解了。如果我們人還自以為是,對這樁事情懷疑,不肯改過自新,認為這是假的、是騙人的,依舊作惡,貪瞋痴慢、殺盜淫妄不但不能制止,還要上升,這個災難就是推遲,推遲幾天,推遲幾個月,推遲幾年,誰決定?我們自己決定。這個道理一定要懂。真的把貪瞋痴息滅掉,勤修戒定慧,息滅貪瞋痴,這個人能出六道輪迴,能永遠擺脫這些苦難。為什麼?六道輪迴就從這來的,從貪瞋痴來的,從殺盜淫來的。我們永遠斷貪瞋痴,永遠不造殺盜淫,就超越六道輪迴,六道就不見了,這是真的。我們修行沒達到這個境界,達到這個境界的人很多,阿羅漢達到,辟支佛達到,三賢菩薩達到,這不是假的。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第七十七集)  2012/12/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0077

 

 

 


Mengapa kehidupan manusia begitu menderita? Insan yang memiliki kebijaksanaan pasti akan merenungkannya. Zaman dulu tidak ada begitu banyak fasilitas dan kemudahan, tetapi mengapa manusia dapat hidup dengan bahagia? Bagaimana kita tahu mereka bahagia?

 

Lihatlah karya tulis yang diwariskan insan zaman dulu, puisi dan lagu, melukiskan kondisi masyarakat kala itu, kita jadi mengetahuinya, insan zaman dulu lebih banyak bahagianya dan sedikit penderitaannya. Mengapa demikian? Mereka tahu merasa cukup, percaya pada nasib, yakin pada Hukum Sebab Akibat, percaya pada balasan karma, tahu berpuas diri dan selalu bergembira.

 

Manusia hidup di dunia ini, sesungguhnya apa yang dibutuhkan tidaklah banyak, makanan asalkan dapat mengganjal perut, pakaian asalkan dapat menghangatkan tubuh, rumah mungil dapat berteduh dari angin dan hujan, sudah cukup bahagia, tidak ada yang diharapkan lagi.

 

Dari mana penderitaan berasal? Dari nafsu keinginan. Hati serakah itu tidak ada dasarnya, selamanya tidak pernah merasa puas, ini terlampau sengsara.

 

Ilmu pengetahuan dan teknologi tidak dapat membawa kebahagiaan pada manusia, apa alasannya? Membawa pada kita keserakahan, kebencian dan kedunguan, kita terpuruk ke dalamnya, maka itu tidak berdaya untuk bahagia.

 

Di dalam masyarakat hari ini, lihat saja Kaisar, menikmati harta berlimpah, namun tidak bahagia, apapun dimilikinya, tetap saja tidak merasa puas, masih juga serakah, padahal dia telah memiliki pahala yang besar, oleh karena selama masa kehidupan demi kehidupan menimbun banyak kebajikan, sehingga pada masa kehidupan ini memperoleh kedudukan yang sedemikian tinggi, menikmati harta berlimpah, tetapi dia masih saja tidak merasa puas, tetap saja menderita.

 

Prajna (kebijaksanaan) dapat membawa kebahagiaan pada kita, pada masa kehidupan sekarang bahagia, masa kehidupan mendatang juga bahagia, setiap masa kehidupan demi kehidupan takkan kehilangan kebahagiaan, inilah prajna.

 

Orang yang memiliki ketamakan, kebencian dan kedunguan, pasti tidak bisa memperolehnya. Hanya prajna yang dapat membersihkan lima racun (ketamakan, kebencian, kedunguan, kesombongan dan keraguan), tanpa adanya prajna, lima jenis racun ini tidak dapat disingkirkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Desember 2012

 

為什麼人這麼苦?這是真正有智慧的人他會思考,會認真的反思。古時候沒有這麼多便利的東西,他為什麼樂?樂怎麼知道的?你看看古人留下來的文字,詩詞歌賦,描寫當時社會的狀況,我們就知道,那個時候人真有樂,樂多苦少。為什麼?人都能知足,相信命運,相信因果,相信報應,知足常樂。人生在這個世界上,物資需求的不多,能吃飽,能穿暖,能有個小房子可以遮避風雨,很快樂了,他沒求。苦從哪裡來的?苦從貪欲來的。貪心沒有底的,永遠不能滿足,這就太苦了。科學技術帶給我們為什麼不快樂?帶給我們的貪瞋痴,我們墮落在這個裡頭,所以樂不起來。今天這個社會,貴為天子,富有萬億,不快樂。你看他什麼都有,還不滿足,還在貪求,真正是他的福報大,過去生中生生世世累積的善業多,今天居這麼高的位子、得這麼多的財富,但是他還不滿足,還是苦。般若智慧能帶給我們快樂,帶給我們幸福美滿,這一生幸福,來生更幸福,生生世世不失幸福,這是般若智慧,有貪瞋痴慢疑的人決定得不到。只有般若能把這五毒真正的洗刷乾淨,沒有般若智慧,這五毒去不掉。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第七十七集)  2012/12/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0077

 

 

 

 

Ungkapan kasih sayang bukanlah penuh dengan kata-kata manis yang enak didengar telinga, namun merupakan kata-kata yang benar-benar memberi perlindungan.

 

Kata-kata yang benar-benar memberi perlindungan adalah nasehat, jika dia melakukan kesalahan, anda mengetahuinya, maka harus menasehatinya, inilah bentuk perlindungan kepada dirinya.

 

Menasehatinya supaya menjauhi kejahatan menimbun kebajikan, ini barulah benar-benar menyayangi dan melindunginya. Membantunya dalam satu masa kehidupan dapat terlahir ke Alam Sukhavati, ini barulah benar-benar menyayangi dan melindunginya.

 

Sedangkan banyak cara lainnya untuk menyayangi dan melindunginya bukanlah yang sesungguhnya. Pada satu masa kehidupan ini menyayangi dirinya, pada masa kehidupan mendatang berputar di lingkaran enam alam tumimbal lahir, tidak tahu jatuh ke alam yang mana, apakah masih bisa bertemu atau tidak? Sulit, makanya ini bukanlah benar-benar menyayangi dan melindunginya.

 

Asalkan dapat terlahir ke Alam Sukhavati, kelak kita semuanya akan menuju ke sana, menikmati usia tanpa batas, selalu berada bersama, inilah yang disebut benar-benar menyayangi dan melindungi.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 Desember 2012

 

愛語不是甜言蜜語,不是這個意思,真正愛護他的語言。真正愛護的語言是規勸,他做錯事情,你知道了,要勸導他,這是愛護他。勸他斷惡修善,這是真正愛護他。幫助他一生能往生極樂世界,這真愛護。其他方式愛護,不是真實的。這一世愛他,來世六道一輪轉,不曉得轉到哪裡去了,還能不能碰到?難,那不叫真愛護。只有往生極樂世界,將來我們統統到那個地方去,壽命無量,常在一起,這叫真愛護。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第七十七集)  2012/12/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0077