Semalam Upasaka He datang mengunjungiku, sekarang dia telah menjadi anggota Sangha. Saya menasehatinya melafal Amituofo, dia tidak sanggup melepaskan kemelekatan, dia memberitahukan padaku.
Saya bilang, tidak sanggup melepaskan kemelekatan juga harus melepaskannya. Mengapa demikian? Hanya ada dua jalan yang terpampang di hadapanmu, diri sendiri sangat jelas, sangat dimengerti, satu jalan adalah Neraka, satu jalan lagi adalah Alam Sukhavati, anda tidak memiliki pilihan jalan ketiga lagi.
Harus sanggup melepaskan kemelekatan, apa yang perlu dirisaukan? Anda sekarang mengurus sebuah Vihara kecil, kita mengelolanya dengan baik, setiap orang yang melihatnya jadi bersukacita, ada pula yang ingin merebutnya, biarkan saja!
Lagi pula kita bertekad terlahir ke Alam Sukhavati. Di sini kita mengurus Vihara ini dengan baik, lalu menyerahkannya kepada orang lain, ibaratnya memberikan kado kepada-nya, menjalin jodoh baik dengan semua orang.
Tak peduli niat apa yang dia gunakan, mana mungkin kita bisa mengurus hal begini? Hendaknya melepaskan kemelekatan. Lantas apakah kita mengurus Vihara tanpa perlu kesungguhan hati lagi? Tidak boleh, kita melakukan yang terbaik guna dipersembahkan kepada orang lain, menjalin jodoh baik dengan orang lain, menjalin jodoh sukacita.
Masa kini sedikit orang yang memahami makna menjalin jodoh. Maka itu hari ini di mana letak permasalahannya? Terlampau jarang membaca Sutra, tidak mendalami Sutra Pitaka, setelah mendalami Sutra Pitaka, kebenaran pun dapat dimengerti.
Segala persoalan yang timbul dikarenakan anda tidak memahami kebenaran, bukan hanya tidak memahami teori, bahkan pengamalan pun tidak jelas dipahami, semuanya dikarenakan terlampau jarang membaca ajaran Sutra.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Desember 2012
昨天晚上,何老居士來看我,他現在出家了。我勸他念佛,放不下,他告訴我。我說,放不下也得要放下。為什麼?擺在你面前是兩條路,自己心裡很清楚、很明白,一條是地獄,一條是極樂世界,你沒有第三條路可以選擇。一定要放下,有什麼好牽掛的?你現在經營這個小道場,六和敬苑,我們把它整理出來,整理出很像樣子,人看人歡喜,就有人想來搶,隨它去!反正我們到極樂世界去了。我們做得愈好,送給人家,這是給人家一份禮物,廣結善緣。不管他用的是什麼心,那是他的事情,我們怎麼能管得了這些事情?應當放下。我們做是不是不要用心?不可以,我們把它做成盡善盡美供養別人,跟人結個善緣,結個歡喜緣。現在真正懂得結緣的人也不多。所以今天整個問題的癥結在哪裡?讀經太少,沒有能深入經藏,深入經藏,理明白了。所有問題就是你理不懂得,不但理不明白,事也沒搞清楚,全是讀書太少,甚至於不讀書。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第七十一集) 2012/12/16 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0071
Sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas) sungguh merupakan Dharma yang sulit diyakini, siapa yang percaya? Di dalam Sutra tercantum dengan sangat jelas, hanya sesama para Buddha yang dapat memahaminya secara keseluruhan. Dengan perkataan lain, Bodhisattva Calon Buddha masih belum sanggup memahaminya secara menyeluruh.
Hari ini ada sebagian praktisi yang melatih Pintu Dharma ini, beberapa tahun kemudian hatinya mundur, tidak ingin belajar lagi, beralih mempelajari pintu Dharma lainnya, ini merupakan fenomena yang normal. Mengapa demikian? Dharma yang sulit diyakini.
Meskipun dia telah belajar beberapa tahun lamanya, beberapa puluh tahun lamanya, pada akhirnya juga berubah, apa sebabnya? Ketulusan dan rasa hormat tidak mencukupi. Walaupun sudah belajar beberapa puluh tahun lamanya, tidak dapat menyadari dimana letak permasalahannya.
Kebalikannya marilah kita lihat, ada pula praktisi yang begitu mendengar lafalan Amituofo timbul sukacita, semakin melafal semakin suka, anda tanya padanya apa makna kalimat sutra, dia tidak tahu, tetapi dia tetap datang mendengar ceramah, dia duduk di sana mendengarkannya dengan serius, penuh hormat.
Tetapi bila anda amati dengan seksama, sesungguhnya dia sedang melafal Amituofo, dia bukan sedang mendengarkan ceramah, dia melafal Amituofo, Amituofo, Amituofo, orang tipe begini, 3-5 tahun sudah berhasil, saat menjelang ajal menampilkan fenomena istimewa.
Mengapa dia dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Rintangan karma-nya telah tereliminasi, membuktikan bahwa jasa kebajikan dari sepatah Amituofo sungguh tidak terbayangkan.
Orang yang tidak tahu melafal Amituofo, masih berkhayal di sana, fenomena apakah ini? Berkahnya tipis. Jika benar-benar sudah paham, setiap menit dan detiknya takkan dilewati sia-sia. Lupa melafal Amituofo adalah membiarkan waktu berlalu sia-sia.
Siang malam 24 jam, saat tidur anda tidak berdaya, lafalan Amituofo jadi terputus. Tetapi begitu terbangun, lafalan Amituofo harus segera dilanjutkan. Hanya pada waktu tidur, lafalan Amituofo terputus, selain waktu tidur, maka lafalan Amituofo harus terus bergema di dalam hati, jangan biarkan terputus, inilah praktisi pelafal Amituofo sejati, hanya dalam kurun waktu tiga tahun, dia akan mencapai “Keterampilan melafal Amituofo hingga jadi kebiasaan”.
Setiap saat tidak melupakan, hatiku adalah Buddha Amitabha, Buddha Amitabha adalah hatiku, sangat memastikannya, takkan tergoyahkan, takkan membiarkan hal lainnya menggantikan-nya.
Kalau sempat membiarkan harta, rupa, popularitas, makanan, menggantikannya, maka jatuh ke tiga alam penderitaan; ketenaran tinggi dan keuntungan tebal menggantikannya, juga jatuh ke tiga alam penderitaan.
Diri sendiri harus mampu mengikhlaskan, pendirian harus teguh, pastinya takkan terpengaruh oleh kondisi luar, barulah diri sendiri bisa berhasil.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Desember 2012
這個經確確實實是難信之法,誰相信?經上講得清楚,唯佛與佛方能究竟,換句話說,等覺菩薩還差一截。今天一些人接觸,中道而退席的,學了幾年,不再學了,學別的法門去了,正常現象。為什麼?難信之法。他雖然學了幾年,學了幾十年,到最後變節,什麼原因?誠敬心不足。雖然學了幾十年,沒有真正體會到,問題出在這裡。再反過來看,從一接觸他就歡喜,愈學愈歡喜,你問他經什麼意思也不懂,他也來聽經,他坐在那裡聽,很恭敬。但是你仔細去觀察,他在那裡念佛,他不是在聽經,他還是阿彌陀佛、阿彌陀佛、阿彌陀佛,這種人有成就,三年五載,往生的時候瑞相稀有。這是煩惱裡頭愚痴重,聽經聽不懂,歡喜念佛,他真往生了。為什麼真往生?他業障消了,證明佛號功德不可思議。不知道念佛,還打妄想,這什麼現象?福薄。真正明瞭了,一分一秒都不肯空過。我佛號忘記了,就是空過。二六時中,睡覺睡著了,你沒有辦法,那叫昏沉,佛號忘掉了。可是一醒來之後,佛號馬上就接著,這就好。只有睡眠的時候中斷,不是睡眠的時候,心裡頭佛號不斷,這個人是真正念佛人,這個人不久,二、三年中,他就會得功夫成片。念念不忘,我心即是阿彌陀佛,阿彌陀佛即是我心,非常肯定,絕不動搖,絕不能讓別的東西代替。世間財色名食要是一代替,三途去了;高名厚利代替,也是三途去了。自己一定要看得破,要立得牢,要守得穩,決定不受外面境界干擾,自己才能成就。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第七十一集) 2012/12/16 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0071