Selasa, 06 April 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2012 (Bgn 9)

 

 

“Asamjni Samapatti” atau samadhi pikiran kosong (pikiran tidak ditujukan pada objek tertentu dan tidak memikirkan apa-apa). Buah akibat dari melatih “Asamjni Samapatti” adalah lahir di Alam Asamjnasattva (Sanskrit) atau Alam  Asannasatta (Pali).

 

Kita jadi teringat pada Tuan Yuan Liao-fan ketika bermeditasi bersama Master Dhyana Yun Gu, selama tiga hari tiga malam tidak timbul sebutir pun niat pikiran, inilah perumpamaan dari Asamjni Samapatti, jadi ini bukanlah samadhi yang sesungguhnya.

 

Master Yun Gu bertanya pada Tuan Yuan Liao-fan, bagaimana cara dia melatih diri sehingga tidak timbul sebutir pun niat pikiran, hal ini sulit diwujudkan orang awam, keterampilan begini sudah terhitung lumayan.

 

Dia orangnya jujur makanya memberitahukan pada Master Yun Gu, nasibku seumur hidup sudah diramal oleh Tuan Kong, selama 20 tahun terakhir ini tidak pernah ada yang meleset.

 

Oleh karena nasibku sudah ditentukan, apa yang mau dipikirkan lagi? Lebih baik tidak memikirkannya. Maka itu samadhi yang dilakukan Tuan Yuan Liao-fan juga tergolong “Asamjni Samapatti”.

 

Dengan samadhi begini masih juga tersesat, tidak dapat menyelesaikan masalah, mengapa demikian? Hanya ada samadhi tidak ada prajna (kebijaksanaan).

 

Samadhi yang diajarkan Buddha kepada kita adalah dengan tercapainya samadhi maka terbukalah prajna (kebijaksanaan), jadi di dalam samadhi ada prajna dan di dalam prajna ada samadhi-nya.

 

Samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan) itu haruslah seimbang, barulah dapat memasuki samadhi. Andaikata salah satunya berat sebelah, prajna lebih banyak daripada samadhi, maka hati manusia pun jadi kalut, tidak mampu menenangkan pikiran, selalu merasa cemas, galau.

 

Sebaliknya apabila prajna-nya lebih sedikit maka sering mengantuk, tidak punya semangat. Jadi kedua faktor ini harus seimbang, barulah dapat memasuki samadhi.

 

Untuk memasuki samadhi tidaklah gampang, tidak semudah melafal Amituofo! Metode melafal Amituofo lebih unggul, bahkan melampaui “Sutra Intan” berkali-kali lipat.

 

Setelah memahami kebenaran ini, barulah kita mampu membangkitkan keyakinan, tidak meragukannya lagi, menyadari bahwa Pintu Dharma ini sungguh menakjubkan, tiada bedanya dengan “Avatamsaka Sutra” maupun “Sutra Lotus”, keberhasilan yang diraih, lebih unggul, bahkan mengungguli seluruh pintu Dharma lainnya.

 

Pada satu masa kehidupan ini kita telah bersua dengannya, jangan sampai terlewatkan secara sia-sia, inilah yang merupakan tujuan utama kita hidup di dunia ini, hal lainnya hanyalah persoalan sepele, tidak pantas diungkit-ungkit apalagi ditaruh di hati.

 

Setibanya di Alam Sukhavati, manalah ada alasan tidak menjadi Suciwan? Ini merupakan pemberkatan dari kewibawaan tekad Buddha Amitabha, sehingga anda menjadi Bodhisattva Avaivartika.

 

Jika anda sanggup memahami kebenaran ini, maka di hatimu takkan ada keraguan lagi.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2012

 

Triloka dan 31 Alam Kehidupan :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/10/31-alam-kehidupan.html

 

Komik Empat Ajaran Liao-fan :

http://ebooksukhavati.blogspot.com/2014/06/empat-ajaran-liao-fan.html

 

 

修無想定,無想定的果報在四禪天的無想天,這變成外道了,這個很麻煩。

 

我們想到袁了凡先生在雲谷禪師的禪堂,三天三夜不起一個念頭,那是無想定,那不是真正禪定。雲谷禪師問他是怎麼修的,三天三夜不起一個妄念是很難得,這功夫算是不錯。他是很老實,告訴雲谷禪師,我的命被孔先生算定了,二十年,一點差錯都沒有。命既然注定了,還有什麼好想的?乾脆不想了。所以他那個定叫無想,就是無想定。無想定還是迷惑顛倒,解決不了問題,為什麼?有定沒有慧。佛教給我們的定是有定有慧,定中有慧、慧中有定。定慧要均等,這才能入定。這兩個不平等,慧多定少,人心就慌亂,就定不下來,叫掉舉,心裡七上八下;如果慧少定多就打瞌睡,精神提不起來。一定要它兩個平等,這就入了定。所以入定也不容易,哪有念佛容易!念佛這個功夫比它高,超過《金剛經》太多太多了。

 

  這些理搞清楚,我們對它才會相信,才不會懷疑,知道這個法門妙,跟《華嚴》、《法華》沒有兩樣,成就,老實說比它還殊勝,沒有一個法門能跟它相比,真不容易!我們這一生能遇到別空過了,這才是我們一生第一樁大事,其他的全是雞毛蒜皮,不值得一提。所以你看,即念離念,潛通佛智,暗合道妙,巧入無念,即凡成聖。你到極樂世界哪有不成聖的道理?這就是阿彌陀佛本願威神在加持你,把你提升到阿惟越致菩薩。你明白這個道理,你一點都不疑惑了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十集)  2012/10/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0010

 

 

 


“Sutra Usia Tanpa Batas tidak menekankan pada tercapainya Pikiran Terfokus Tak Tergoyahkan”. Untuk mencapai pikiran terfokus tak tergoyahkan adalah tidak gampang.

 

Ada orang yang setelah membaca “Amitabha Sutra”, datang bertanya padaku, katanya di dalam sutra tercantum “Pikiran Terfokus Tak Tergoyahkan”, dia tidak sanggup mewujudkannya.

 

Di dalam teks asli “Amitabha Sutra” berbahasa Sanskrit tidak dicantumkan kalimat “Pikiran Terfokus Tak Tergoyahkan”, melainkan “Memfokuskan Pikiran Melafal Berkesinambungan”.

 

Kalimat “Pikiran Terfokus Tak Tergoyahkan” adalah diterjemahkan oleh Master Kumarajiva, ini menurut pemahaman beliau, jadi bukan menuruti teks aslinya.

 

Tetapi hasil terjemahan Master Kumarajiva tidak salah, oleh karena tujuannya adalah untuk memotivasi diri kita. Melafal Amituofo hingga pikiran terfokus barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati, benar-benar sudah mampu menyingkirkan khayalan dan bentuk-bentuk pikiran, sehingga kesucian hati muncul ke permukaan, hal ini bukanlah harus merupakan pikiran terfokus.

 

Dengan keterampilan melatih diri sedemikian rupa, saat menjelang ajal, Buddha Amitabha datang menjemput, begitu cahayaNya menyinari dirimu, keterampilan melatih diri anda langsung mengalami peningkatan.

 

Jadi apa yang diterjemahkan oleh Master Kumarajiva tidaklah salah, asalkan diungkapkan dengan jelas, disampaikan dengan jelas, kita jadi mengerti.

 

Isi sutra mestilah dipahami dengan benar, tidak boleh sembarangan menerka-nerka dan salah tafsir, tidak boleh meragukannya, jika sampai mencurigainya maka ini malah menjadi rintangan bagi diri sendiri.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2012

 

  「又本經不倡一心不亂」,不提倡。一心不亂不容易。有人讀了《阿彌陀經》來跟我說,經上的標準是一心不亂,我做不到。他說的是真話,不是假話。《彌陀經》梵文原本不是一心不亂,是一心繫念。一心不亂是鳩摩羅什大師他翻的,是他的意思,不是佛經本來的字,找梵文原本看就查出來了。他翻得不錯,不能說他錯,他這樣翻對我們是個鼓勵。念佛念到功夫成片,這才能往生,就真的把妄念、雜念念掉了,清淨心現前,這並不是一心。這樣的功夫在往生的時候,阿彌陀佛來接引,佛光一照,你的功夫馬上就提升一等,就升等了。佛光一照就升等了,功夫成片就提升到事一心不亂,念到事一心不亂就提升到理一心不亂。所以他沒有說錯,講清楚、講明白我們就知道了。經一定要明白,不能含糊,不能有疑惑,有疑惑就有障礙。我們念到功夫成片是可能的,這個不難。事一心不亂是見思煩惱斷了,他的功夫等於阿羅漢,現在人做不到。理一心不亂是明心見性,妄想分別執著統統都放下了。理一心不亂生實報莊嚴土,這不是凡夫能做得到的。可是我們知道,我們只要有功夫成片的功夫,往生的時候就是事一心不亂。所以本經,《無量壽經》上不講一心不亂。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十集)  2012/10/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0010