Sabtu, 14 Mei 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Desember 2012

 

 

Jodoh ini begitu unggul, kita harus menghargainya, sungguh merupakan “Meskipun melewati ratusan, ribuan bahkan puluhan ribu kalpa juga sulit bersua dengannya”, kita telah bertemu dengannya, bayangkan alangkah bersukacitanya diri kita.

 

Apapun yang diberikan orang lain di dunia ini kepada kita, kita pun tidak menghendakinya, jangankan keseluruhan Planet Bumi mau diberikan kepada kita, bahkan andaikata Raja Dewa Sakra ingin menyerahkan takhta-nya kepada diriku, saya juga tidak menghendakinya, saya tidak mau terjebak. Raja Dewa Mahesvara, yang memiliki kedudukan tertinggi di alam saha, andaikata ingin menyerahkan takhta-nya kepada diriku, saya juga tidak menghendakinya.

 

Kita harus terpikir bahwasannya Buddha Sakyamuni sendiri juga adalah putra mahkota, jika tidak meninggalkan keduniawian, Beliau adalah seorang raja, lantas kenapa Beliau tidak menghendakinya?

 

Itu adalah hal yang menyengsarakan, sedangkan melatih diri adalah hal yang membahagiakan, diri sendiri harus tahu menjatuhkan pilihan, menjadi raja bukanlah merupakan kenikmatan hidup tertinggi, sedangkan melatih diri adalah kenikmatan hidup tertinggi.

 

Menerima, meyakini dan mengamalkan sesuai dengan ajaran Sutra, sehat secara lahiriah maupun batiniah, menikmati kebahagiaan yang tiada taranya, seperti kata pepatah “Ketika seseorang bersua dengan hal yang menggembirakan, hidup pun jadi bersemangat”, siang malam hidup dalam sukacita, orang begini panjang umur dan sehat, takkan jatuh sakit.

 

“Kerisauan membuat orang cepat tua”, orang yang banyak kekhawatiran, punya banyak beban pikiran, cepat jadi tua, tidak sehat.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Desember 2012

 

這個緣多殊勝,我們要珍惜,真正是「百千萬劫難遭遇」,我們遇到了,你說我們多歡喜。這個世間人給我什麼都不要,別說地球,天上玉皇大帝要讓位給我,我不幹,我不上當;摩醯首羅天王娑婆世界裡最高的,地位最高的摩醯首羅天王,他讓位給我,我也不幹。我們要想到釋迦牟尼佛是王太子,他不出家他是國王,他為什麼不幹?那是苦事,這是樂事,得自己會選擇,那不是人生最高的享受,這是人生最高的享受。真正契入,依教奉行,身心健康,快樂無比,諺語所謂「人逢喜事精神爽」,一天到晚生活在歡喜當中,這個人長壽,這個人健康,這個人不會有疾病。「憂能使人老」,有憂慮、有煩惱人很容易老化,不健康。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第四十六集)  2012/12/2  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0046

 

 

 

 

Di dalam masyarakat memang ada banyak orang yang memiliki salah paham yang mendalam terhadap Ajaran Buddha, tempo dulu orang Hong Kong terhadap Ajaran Buddha memiliki salah paham yang sangat mendalam, mereka menganggap Buddha itu sebagai apa?

 

Mereka menganggap Ajaran Buddha adalah khusus melayani orang mati, maka itu ketika melihat aksara FO (Buddha), mereka menganggap ini tidak sejahtera. Di jalan raya kebetulan berpapasan dengan anggota Sangha, mereka malah meludah, fenomena begini pernah terjadi bertahun-tahun yang silam.

 

Pertama kali saya menginjakkan kaki di Hong Kong untuk berceramah adalah tahun 1977, Master Chang Huai yang menetap di Hong Kong memberitahukan padaku, sekarang sikap masyarakat Hong Kong sudah agak lumayan, melihat anggota Sangha takkan meludah lagi, juga takkan memaki-mu lagi, sekitar tiga tahun yang silam, mereka masih memaki dan meludah, mengira melihat anggota Sangha tandanya tidak sejahtera.

 

Kami di sini (Hong Kong) juga ada beberapa orang tetangga yang melihat kami belajar Ajaran Buddha, kami menempel aksara “Buddha” di depan pintu, mereka menyarankan kami supaya jangan menempel aksara tersebut, katanya tidak baik. Daripada urusan jadi repot, makanya kami tidak jadi menempelnya, ini dikarenakan mereka tidak paham Ajaran Buddha.

 

Maka itu hari ini kami mengenalkan aksara “FO (Buddha)”, menerjemahkannya sebagai tercerahkan, tetapi mereka tidak paham, apa yang dimaksud dengan mencerahkan diri sendiri dan mencerahkan orang lain, mereka tidak paham.

 

Akhirnya kami jadi terpikir bagaimana menyampaikan makna ini kepada mereka, yakni di dalam teks Visudhi Trisarana (Mahayana) ada tercantum, “Berlindung pada Buddha, yang sempurna akan kebijaksanaan dan pahala”. Nah inilah yang dihendaki oleh mereka.

 

Jika tidak menghendaki kebijaksanaan maka bisa jadi dungu, jika tidak menghendaki pahala maka bisa jatuh miskin, mereka pasti tidak sudi, maka itu saya mengenalkan kata “Buddha” kepada mereka, Buddha adalah yang sempurna akan kebijaksanaan dan pahala.

 

Penyampaian sedemikian rupa dapat diterima mereka, menceramahkan Dharma sesuai kemampuan pencerapan masing-masing individu, bagaimana kemampuan penerimaannya, bagaimana penyampaiannya, kita menggunakan upaya kausalya untuk menjelaskan padanya, perlahan-lahan menuntun-nya, memengaruhi dirinya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Desember 2012

 

社會上確實有不少人對佛教有很深的誤會,過去香港人對佛教誤會非常深,認為佛是什麼?佛是專門為死人服務的,所以說遇到佛是很不吉祥。在馬路上看到一個出家人,都吐口水,吐他,這種現象,在過去不少年。我第一次到香港來講經,一九七七年,這邊暢懷法師告訴我,現在比較好一點,見出家人不吐口水、不罵你了,大概三年前,看到出家人都罵、都吐口水,認為很不吉祥。我們這邊也有一些鄰居看我們學佛,我們門口要貼個佛字,他就勸我們不要貼這個,這個不好。我們免找麻煩,所以就不貼,這他不懂,不知道。所以今天我們把佛這個字介紹給別人,跟他講覺,他聽不懂,什麼叫自覺覺他,他不知道。我們想到怎麼解釋,三皈依裡頭有,「皈依佛,二足尊」,這個二足他們喜歡。二是什麼?是智慧、是福報,這個他要。不要智慧就愚痴,不要福報就貧窮,這個他們不願意的。所以我對他們介紹,佛是什麼?佛是智慧圓滿,福報圓滿。你要不要的話,你智慧沒有,你愚痴;福報沒有,你就貧窮。這樣給他介紹,恐怕他很願意接受,跟他講覺跟迷,他聽不懂,他也不知道迷有什麼不好,覺有什麼好處。這就是我們把佛介紹給人要契機,他是什麼根機,他能接受,怎麼個說法,我們以善巧方便介紹給他,慢慢來度化他、來影響他。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第四十七集)  2012/12/2  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0047