Jumat, 28 Januari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012 (Bgn 1)

 

  

Apa yang hendak kita dambakan di dunia ini? Melihat kenyataan Hukum Karma, sesungguhnya tidak ada yang bisa anda peroleh sama sekali. Insan zaman dulu menyampaikan sebuah kebenaran, “Segalanya tidak bisa dibawa pergi, hanya karma yang menyertai”.

 

Upasaka Yang memberitahukan padaku bahwa dia telah menulis surat wasiat sebanyak tiga kali, lalu tercerahkan. Apa yang dia sadari? Tidak ada satupun yang merupakan milik sendiri, dengan sepasang tangan kosong datang ke dunia ini, juga dengan sepasang tangan kosong meninggalkan dunia ini.

 

Lantas apa yang kita bawa? Sekujur tubuh penuh dengan karma. Karma baik membuahkan kelahiran ke tiga alam bajik, sebaliknya karma buruk berakibat jatuh ke tiga alam penderitaan. Lantas apakah karma baik itu bagus? Belum tentu bagus. Apa alasannya?

 

Buddha membabarkannya di dalam Sutra, musuh tiga masa kehidupan. Pada satu masa kehidupan ini menimbun kebajikan, masa kehidupan mendatang menikmati berkah, saat menikmati berkah pasti menciptakan karma buruk, setelah pahala habis dinikmati, karma buruk pun berbuah, pada masa kehidupan berikutnya menjalani siksaan di tiga alam rendah, inilah yang disebut musuh tiga masa kehidupan.

 

Ucapan ini merupakan kenyataan, apa tujuannya? Guna memotivasi kita pada satu masa kehidupan ini bersua dengan jodoh Dharma ini, yang unggul tiada taranya, hendaknya menggenggamnya seerat-eratnya, pada satu masa kehidupan ini juga mesti terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan, inilah urusan utama dalam hidup kita.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012

 

Kisah Hukum Sebab Akibat Era Kini :

https://kejernihanpikiran.blogspot.com/p/blog-page.html

 

我們求什麼?看看因果報應的事實,這個世間你一樣都得不到。古人的一句話,叫真理,「萬般將不去」,就是你帶不走,「唯有業隨身」。楊居士告訴我,他寫了三次遺囑,覺悟了。覺悟什麼?沒有一樣是自己的,空手而來,還是空手而去。帶的是什麼?帶的是一身的業。善業生三善道,惡業生三惡道。善業好不好?未必好。為什麼?佛在經上講,三世怨。這一生修善,來生享福,享福又造罪業,福報享完了,罪報現前,第三世的時候墮落,三途去了,這叫三世怨。這些話都是事實真相,目的何在?勸勉我們在這一生遇到這個法緣,無比殊勝,務必要抓住,這一生作佛去。生到極樂世界作佛去,這才是第一樁大事。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十四集)  2012/11/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0024

 

 

 

 

Diantara para sahabat Dharma, tiap tahunnya ada beberapa orang yang meninggal dunia dan terlahir ke Alam Sukhavati, tidak sia-sia kami menyampaikan ceramah selama ini, mereka yang terlahir ke Alam Sukhavati ini, merupakan penerima manfaat langsung dari Sutra Usia Tanpa Batas (Orang yang jodohnya telah masak, begitu mendengar Buddha Dharma langsung mencapai pencerahan).

 

Terhadap mereka yang gagal terlahir ke Alam Sukhavati, membantu mereka meningkatkan kualitas batin, meninggikan akar kebajikan, mengembangkan berkah kebajikan dan jalinan jodoh, menunggu hingga masa kelahiran berikutnya; pada masa kehidupan mendatang bersua kembali dengan Pintu Dharma ini, dia akan lebih cerdas daripada kehidupan sebelumnya.

 

Satu masa kehidupan dimana dia berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, disebut sebagai jodoh sudah masak. Buddha menyelamatkan siapa saja? Yang paling penting adalah menyelamatkan para makhluk yang jodohnya sudah masak, mereka dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) mendirikan Asosiasi Lotus di Taichung dengan begitu susah payah, diantara para anggota Asosiasi Lotus, tiap tahun ada sejumlah 5-10 orang yang terlahir ke Alam Sukhavati, sehingga tidak sia-sia upaya Guru Li.

 

Beliau telah mengabdikan diri demi mewujudkan keberhasilan bagi para makhluk yang jodohnya sudah masak; sedangkan bagi para makhluk yang jodohnya belum masak, meningkatkan akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh; terhadap mereka yang belum berjodoh dengan Buddha Dharma, membantu mereka menanam akar kebajikan, begitu Ajaran Sukhavati melewati indra pendengaran mereka, selamanya tertanam menjadi benih pencapaian KeBuddhaan, inilah yang dikerjakannya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012

 

Catatan :

Akar kebajikan adalah dapat meyakini dan dapat memahami.

Berkah kebajikan adalah dapat bertekad dan dapat mengamalkan

Jalinan jodoh adalah dapat bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci

 

同參道友,真正每年都有幾個往生,我們經沒有白講,那幾個往生的人,那是這部經真正的當機者。不能往生的,幫助他們提升,提升他的善根,提升他的福德因緣,那就等來世;來世如果再遇到,比這一世聰明一些。往生的那一世,那叫成熟。佛度哪些人?主要就是度根熟眾生,他能往生。李老師創辦台中蓮社很辛苦,台中蓮社每年大概有五個到十個往生的,他這個事情沒有白做。這是為什麼?為根熟眾生服務;為沒有成熟的眾生增長善根福德因緣;為沒有佛法種子的人,跟他種善根,這一歷耳根,永為道種,幹這個事情。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十四集)  2012/11/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0024

 

 

 

 

Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) membangun Asosiasi Lotus di Taichung dengan begitu susah payah, diantara para anggota Asosiasi Lotus, tiap tahun ada sejumlah 5-10 orang yang terlahir ke Alam Sukhavati, sehingga tidak sia-sia upaya Guru Li.

 

Beliau telah mengabdikan diri demi mewujudkan keberhasilan bagi para makhluk yang jodohnya sudah masak; sedangkan bagi para makhluk yang jodohnya belum masak, meningkatkan akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh; terhadap mereka yang belum berjodoh dengan Buddha Dharma, membantu mereka menanam akar kebajikan, begitu Ajaran Sukhavati melewati indra pendengaran mereka, selamanya tertanam menjadi benih pencapaian KeBuddhaan, inilah yang dikerjakannya.

 

Setiap insan bertemu dengan jodoh yang berbeda-beda, ke depannya jodoh ini semakin lama semakin sulit, hal ini mesti anda amati dengan pikiran jernih dan renungkan secara mendalam, barulah anda dapat memahaminya.

 

Kita bahas dari diri kita sendiri saja, akar kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh kita tidak dapat sebanding dengan praktisi zaman dulu, jangankan dengan praktisi zaman dulu, bahkan dengan praktisi generasi sebelumnya saja kita tidak mampu sebanding.

 

Hari ini cara pandang kita terhadap orang lain, urusan, makhluk hidup dan benda mati, selalu saja salah persepsi dan malah tidak menyadarinya, mengira diri sendiri sudah sangat tepat adanya.

 

Begitu ada insan tercerahkan yang memberimu petunjuk, barulah anda sadari sudah salah tafsir, untunglah tidak melakukannya, jika terlanjur melakukannya, sesal kemudian tidak berguna.

 

Sesungguhnya hal ini telah diungkapkan dengan jelas di dalam ajaran Sutra, kita juga sudah pernah membacanya, lantas apakah kita telah mengetahuinya?

 

Kalau ditanya, kita pasti tahu, tetapi saat ditimpa masalah, kita kembali terpuruk dan sesat. Mengapa bisa tersesat? Oleh karena adanya perhitungan untung dan rugi diri sendiri di dalamnya, makanya jadi sesat.

 

Insan zaman dulu mengapa tidak tersesat? Oleh karena tidak memikirkan kepentingan diri sendiri. Maka itu pendidikan zaman dulu sangat bagus, sejak kecil telah dilatih tidak memikirkan kepentingan diri sendiri, jika selalu mementingkan diri sendiri, Ayahbunda akan sedih hatinya.

 

Mengapa Ayahbunda bersedih hati? Karena mengetahui kelak kamu dewasa nanti mungkin adalah seorang pemboros atau pecundang, kemungkinan besar pula gara-gara dirimu nanti, keluarga akan hancur dan bercerai berai, maka itu pilu hatinya.

 

Lain halnya dengan insan yang mengecap pendidikan kesusilaan, tidak memikirkan diri sendiri, tiap niat pikiran yang timbul adalah demi keseluruhan keluarga, bagaimana menjayakan keluarga dan mengharumkan nama leluhur, ini adalah anak cucu berbakti.

 

Kini yang namanya keluarga tidak ada lagi, di sinilah letak permasalahannya, hal ini tidak boleh tidak diketahui.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012

 

 Catatan :

Akar kebajikan adalah dapat meyakini dan dapat memahami.

Berkah kebajikan adalah dapat bertekad dan dapat mengamalkan

Jalinan jodoh adalah dapat bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci

 

 

李老師創辦台中蓮社很辛苦,台中蓮社每年大概有五個到十個往生的,他這個事情沒有白做。這是為什麼?為根熟眾生服務;為沒有成熟的眾生增長善根福德因緣;為沒有佛法種子的人,跟他種善根,這一歷耳根,永為道種,幹這個事情。

 

  各人遇緣不一樣,往後這個緣愈來愈困難,這是你要很冷靜去觀察、去省思,你自己就明白了。從自己說起,我們自己的善根福德因緣跟古人不能比,不要說跟古人,跟上一代的我們就比不上。我們今天看人看事看物,往往看錯了不知道,以為自己非常正確;明白人給你一分析,才知道錯了,還好還沒幹,如果幹了後悔莫及。其實這些事情,古人在書本裡頭、佛法經論裡頭,講得清清楚楚、明明白白,我們讀過了,知不知道?問起來都知道,可是事情到面前,馬上就迷惑。為什麼會迷?有自己,有我的利害在裡頭,就迷了。古人為什麼不迷?古人沒有自己。所以古時候的教育好,從小就訓練不能為自己,你為自己,父母就傷心。父母為什麼傷心?知道你長大了你可能是個敗家子,很有可能家破人亡於你有分,所以痛心、難過。老成,不為自己,起心動念是為著我整個家庭著想,這就對了。你為什麼到這個家庭來?是為傳宗接代,是為榮宗耀祖,是為光大門楣,是為這個來的,這孝子賢孫。現在家沒有了,這是個關鍵問題,我們不能不知道。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十四集)  2012/11/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0024