Saya selalu mengingatkan praktisi sekalian, ketamakan, kebencian dan kedunguan mempunyai inti, ada asal usulnya, ketamakan berasal dari kemelekatan pada perasaan (suka dan benci), kebencian berasal dari keangkuhan, kedunguan berasal dari kecurigaan.
Kita ingin menyingkirkan ketamakan, kebencian dan kedunguan, dari mana harus memulainya? Yakni dari melepaskan kemelekatan pada perasaan, keangkuhan dan kecurigaan, dari sinilah kita memulainya.
Setelah anda menemukan titik asalnya, maka mudah untuk melepaskannya; sebaliknya jika anda belum menemukan titik asalnya, tidak tahu harus memulainya dari mana, sungguh sulit! Bagaimana anda bisa menghapusnya?
Diri sendiri hendaknya senantiasa bermawas diri, tiga faktor di atas adalah akar dari ketamakan, kebencian dan kedunguan, harus dijauhi, jika tidak menjauhinya, anda pasti tidak dapat keluar dari Triloka, tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir.
Hal ini sesungguhnya ada dalam genggaman tangan mara, oleh karena anda memiliki akar ini, maka mara bisa memikat, mengancam dan membujuk dirimu.
Berapa banyak praktisi yang diganggu olehnya, dirusak dan dijatuhkan, bahkan ada yang sampai berani melakukan kejahatan apapun, menjadi sanak keluarga mara, melambaikan bendera putih pada mara.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 November 2012
Triloka dan 31 Alam Kehidupan :
http://daunbodhi.blogspot.com/2015/10/31-alam-kehidupan.html
我常常提醒同學,貪瞋痴有核心,有它的原點,貪的原點是情執,瞋的原點就是傲慢,痴的原點就是懷疑。我們想放下貪瞋痴,從哪裡下手?從情執、從傲慢、從懷疑,從這下手。你把它的原點找到,真容易放下;你不知道原點,不曉得從哪裡下手,很難!你怎麼個斷法?自己要常常警覺到,高度的警覺到,這三樣東西是貪瞋痴的根,決定要遠離,不遠離,你決定出不了三界,出不了六道輪迴。這個東西,說實在話,掌握在魔王的手中,因為你有這個根,所以魔王可以誘惑你,威脅利誘。多少修行人被他干擾、破壞而墮落了,甚至於真的有變成無惡不作,變成魔王的眷屬,向魔王投降。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三十七集) 2012/11/27 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0037