Rabu, 07 April 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2012 (Bgn 10)

 

 

 

“Membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”, ini merupakan pedoman melatih diri.

 

Mengenai makna dari Bodhicitta, di dalam karyanya yang berjudul “Penjelasan Amitabha Sutra”, Master Ouyi mengungkapkannya sebagai benar-benar meyakini adanya Alam Sukhavati, benar-benar meyakini adanya Buddha Amitabha, inilah yang disebut sebagai Bodhicitta tertinggi tiada taranya.

 

Bodhicitta adalah keyakinan dan tekad, benar-benar membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, anda memiliki keyakinan benar dan tekad benar, inilah yang disebut sebagai Bodhicitta tertinggi tiada taranya.

 

Tidak boleh ada keraguan sama sekali, tidak boleh setengah hati, terhadap dunia ini, jangan ada perasaan mendambakan. Mengapa demikian? Jika masih ada perasaan mendambakan maka anda tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati, ini adalah rintangan karma-mu.

 

Rintangan karma ini takkan efektif bila anda dapat menjadi majikan bagi diri sendiri, orang lain tidak dapat mengendalikan dirimu. Jika anda sanggup melepaskan kemelekatan, maka siapapun takkan bisa merintangi dirimu, sehingga anda dapat terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan.

 

Maka itu harus belajar melepaskan segala kemelekatan, jangan ada satupun hal yang mengganjal di hati. Kemudian memfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan, satu arah yakni Alam Sukhavati di penjuru barat; satu tujuan yakni mendekatkan diri pada Buddha Amitabha, orang-orang tipe begini, tidak ada satu pun yang bakal ketinggalan, semuanya pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Setelah memahaminya dengan jelas, keraguan pun lenyap, pada satu masa kehidupan ini kita berhasil memetik manfaat terunggul dari “Sutra Usia Tanpa Batas”, mencapai KeBuddhaan di Alam Sukhavati!

 

Harus diketahui bahwa menjadi Buddha di Alam Sukhavati adalah sama secara keseluruhan dengan Buddha Amitabha, tidak ada yang berbeda. Buddha Amitabha adalah yang paling terunggul cahayaNya, rajanya para Buddha, membimbing diri kita menyempurnakan KeBuddhaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2012

 

Penjelasan Amitabha Sutra karya Master Ou Yi :

http://reciteamituofo.blogspot.com/

 

「直以發菩提心,一向專念阿彌陀佛為宗」,修學的宗旨。修學最高指導原則,就這兩句話,「發菩提心,一向專念」。而發菩提心這一句,蕅益大師在《要解》裡頭講得太好了,印光大師非常讚歎。古大德沒說過,他說出來了,他說真信有極樂世界,真信有阿彌陀佛,這就是發無上菩提心。菩提心是願、是信,真正肯發心往生西方極樂世界,你真有這個願,真信真願就是無上菩提心,這就好辦了。可不能懷疑,可不能猶豫,不能對這個世間有任何貪戀。為什麼?有貪戀你就去不了,那就是你的業障。這個障礙起不起作用是你自己做主,別人做不了主的。我自己肯放下,他就障礙不了,我就穩穩當當往生到極樂世界。所以要放得乾淨,不要有任何執著。然後一向專念,一個方向,西方極樂世界;一個目標,親近阿彌陀佛,這樣的人沒有一個不往生。所以,「但能發心專念,皆可往生。故更為明確簡要」,講得清楚、講得明白、講得精確,簡單扼要。

 

  「是故此經稱為淨宗第一經」,淨土宗第一經,「因其為直截中之直截,方便中之方便。絕待圓融,不可思議」。這個經這樣的細說,主要是它真的是難信之法。真講清楚、講明白了,我們的疑慮就斷掉了,我們這一生真正得到《無量壽經》殊勝的利益,這太殊勝了,到極樂世界去作佛去了!要知道,這個作佛是跟阿彌陀佛完全同樣的佛,不是別的佛。阿彌陀佛是光中極尊,佛中之王,把我們的身分、地位提到這麼高,所以一般人不相信。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十集)  2012/10/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0010

  

 

 

 

“Sutra Usia Tanpa Batas menyebutkan, kelak semua makhluk akan mengandalkan metode melafal Amituofo dan memperoleh penyelamatan”, kelak setelah Buddha Sakyamuni memasuki Parinirvana, terutama pada zaman berakhirnya Dharma, semua makhluk mengandalkan Pintu Dharma Tanah Suci barulah dapat terselamatkan, terbebas dari enam alam tumimbal lahir, terbebas dari Dasa Dharmadhatu.

 

Melafal Amituofo hingga mencapai kondisi batin sedemikian rupa, yakni  meskipun tidak sengaja melafalnya, namun lafalan Amituofo dengan sendirinya bergema di dalam batin.

 

Asalkan kita melafal Amituofo berkesinambungan, suatu saat nanti kita pasti berhasil mencapai kondisi batin tersebut. Anda tidak perlu tergesa-gesa dan memaksakan diri untuk mencapainya, anda juga tidak perlu memikirkan dan merisaukan kapankah barulah bisa mencapainya, yang penting adalah membangkitkan ketulusan melafal berkesinambungan, dengan sendirinya dapat memasuki kondisi batin ini.

 

Maka itu metode pelafalan Amituofo bukan saja merupakan metode yang praktis dan mudah diamalkan, namun juga gampang mencapai keberhasilan. Melatih metode lainnya (yang mengandalkan kekuatan diri sendiri) tidak dapat memperoleh pemberkatan kekuatan Buddha, sedangkan melatih metode pelafalan Amituofo, bukan saja memperoleh pemberkatan dari Buddha Amitabha, bahkan juga memperoleh pemberkatan dari semua Buddha di sepuluh penjuru.

 

Ke mana lagi harus mencari metode sebagus begini? Tidak ada yang sebanding. Maka itu harus disadari, pada satu masa kehidupan ini dapat bersua dengan Pintu Dharma ini jika melewatkannya begitu saja, maka sungguh patut disayangkan.

 

Sampai di sini, kami jadi menyadari secara mendalam, harus sanggup melepaskan segala kemelekatan hingga tuntas. Hidup sehari membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” sehari, memberi ceramah dan sharing dengan praktisi sekalian tentang sutra ini, melafal Amituofo dengan setulus hati, sedangkan metode lainnya, sutra lainnya, telah dilepaskan keseluruhannya.

 

Terhadap metode dan sutra lainnya, kami hanya bersikap menghormati, memuji, memberi persembahan, namun kami tidak mempelajarinya. Meneladani Sudhana-kumara, melafal Amituofo dengan setulus hati, memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, kita pasti terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, pasti berguru pada Buddha Amitabha.

 

Praktisi sekalian jika telah membulatkan tekad, kelak kita pasti bersua dan berkumpul kembali di Alam Sukhavati.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2012

 

Tiga Periode Dharma :

https://daunbodhi.blogspot.com/2020/12/tiga-periode-dharma.html

 

Dasa Dharmadhatu baca di :

http://smamituofo.blogspot.co.id/2013/07/poster-dasa-dharmadhatu.html

 

 

「本經謂,當來一切含靈,皆依此法而得度脫」。這是佛說的,就在《無量壽經》上講的。當來是將來,佛滅度之後,特別是末法之後,一切含靈都是依這個法才能夠度脫,脫離六道輪迴、脫離十法界。「是知利濟眾生,此經為最。持名之法,暗合道妙,最易行故」。這個暗合道妙一句話說得太好了。道妙是大般涅槃,道妙是諸佛所證的果法,沒有想到持名跟實相相應。念佛只要念下去,自自然然會念到念而無念、無念而念。你不要著急,你不要去想,不要去作意,一直念下去,自自然然入這個境界。這個境界就是《金剛經》上講的無住生心,就是大乘道妙。所以最易行故,很容易你就能證得,這個功夫不在他們之下。實際上他們得不到佛力加持,我們這個地方不但得彌陀加持,本師釋迦加持,十方一切諸佛加持,這個到哪去找去?沒法子比。所以一定要知道。這一生遇到空過,那叫真正可惜。

 

  我們學到這個地方,也深深覺悟到,我們要徹底放下。活一天,讀一天《無量壽經》,跟大家在一起分享這部經,老老實實念阿彌陀佛,其他的什麼法門、什麼樣經教統統放下了。我們對於一切經教只有恭敬、讚歎、供養,我們自己不學了。學善財童子老實念佛,一門深入,我們決定得生淨土,決定親近彌陀。同學們如果真發心,將來在極樂世界我們又會在一起。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十集)  2012/10/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0010