Tempo dulu Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) juga sering membahas hal begini, menasehati kami supaya mengembangkan hati hormat, hendaknya belajar pada insan zaman dulu, jangan belajar pada orang masa kini.
Orang masa kini dalam hal belajar, merasa diri sendiri sudah lumayan, meraih gelar Doktor (Pasca Sarjana), bahkan meraih gelar Doktor di beberapa bidang, sehingga memandang rendah Ayahbunda sendiri, Ayahbunda bahkan kuliah pun tidak tamat; juga tidak menghormati para guru yang pernah mendidiknya saat masih kecil dulu, guru SD, yang tidak mempunyai gelar sarjana, guru SMP yang pernah mengajarinya, kini dipandang rendah. Mengapa demikian?
Sekarang dia sudah melampaui mereka, orang congkak begini yang bagaikan kacang lupa pada kulitnya, jumlahnya sangat banyak! Terutama para kaum terpelajar yang berasal dari dusun, gengsinya tinggi, ketika temannya datang bertamu ke rumah, dia enggan memperkenalkan orangtua-nya pada temannya.
Ketika temannya bertanya siapakah sepasang lansia tersebut? Si pongah akan menjawab itu adalah pembantu rumah. Mengapa demikian? Dia merasa tidak punya harga diri. Ini adalah kejadian nyata.
Ayahbunda telah bersusah payah membesarkan dirimu, menyekolahkan dirimu hingga tamat dan berhasil, setelah berhasil malah meremehkan Ayahbunda. Ini dikarenakan saat usia dini telah mengabaikan pendidikan kesusilaan, cuma tahu sekolah, tapi tidak tahu menjadi manusia yang seutuhnya, tata susila, tata krama, tidak diketahuinya sama sekali. Alangkah sedihnya hati Ayahbunda!
Senior yang melihat kejadian ini hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala. Lantas bagaimana dengan si anak durhaka tadi? Dia malah merasa bangga pada diri sendiri. Maka itu lebih baik tidak sekolah, pikiran dan tindakan ini akan membawanya jatuh ke tiga alam penderitaan, oleh karena dia menciptakan karma tiga alam rendah.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012
李老師早年也常常跟我們談到這些事情,勸我們修恭敬心,要向古人學,不能向現在人學。現在人學習,自己書念得不錯,拿到博士學位,甚至於拿到幾個博士學位,瞧不起父母,父母甚至於大學都沒有畢業;瞧不起過去教過他的老師,啟蒙的老師,小學老師,沒有學位的,中學老師,過去教給他的,都瞧不起。為什麼?現在超過他們了,很多!特別是鄉下人,到什麼程度?朋友到他家裡來,父母不給朋友介紹。人家問他什麼人?家裡傭人。為什麼?覺得沒有面子。這是真的不是假的,這是事實。父母辛辛苦苦把你供養大,讓你學業成就,最後你成就了,連父母瞧不起。這都是從小把做人的教育疏忽了,會念書,不會做人,倫常、禮義一無所知。這父母多傷心!長輩看這個樣子搖頭。他怎麼?他自己得意洋洋。這不如不讀書,這種心行都是三途,造的三途業。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十七集) 2012/11/21 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0027
Mari kita lihat penjelasan yang ditulis Upasaka Huang Nian-zu selanjutnya, “Ada lima faktor penyebab ketidakmunduran di Alam Sukhavati”, yang pertama, “Pemberkatan dari kekuatan tekad Maha Karuna Buddha Amitabha, maka itu tidak mengalami kemunduran”, pemberkatan dari 48 tekad agung Buddha Amitabha sehingga anda tiap hari mengalami kemajuan batin, tiap hari memperoleh kebahagiaan Dharma, memetik manfaatnya, takkan mengalami kemunduran.
Yang kedua, “Cahaya Buddha menyinari, Bodhicitta berkembang, maka itu tidak mengalami kemunduran”. Cahaya Buddha dapat mengembangkan Bodhicitta anda, Bodhicitta adalah hati yang tulus, suci, setara, tercerahkan, Maitri Karuna, hati demikian tiap hari terus berkembang.
Yang ketiga, “Air di kolam mustika, burung jelmaan, pepohonan mustika, semuanya turut mengumandangkan Dharma menakjubkan, meningkatkan pikiran benar, maka itu tidak mengalami kemunduran”.
Lingkungan Alam Sukhavati sangat bagus sekali, tak peduli anda berada di mana saja, pembelajaran-mu tidak pernah terputus, manfaat ini sungguh tidak terbayangkan!
Sebaliknya di dunia fana ini, bagaimana pun anda berdaya upaya, kurun waktu terputus lebih panjang. Sehari anda harus makan tiga kali, terputus, waktu tertidur, terputus lagi, cobalah anda hitung waktunya, selalu saja tidak sebanding.
Insan yang mampu mewujudkan melafal berkesinambungan tak terputus, jumlahnya sangat sedikit, jika mampu mewujudkan keterampilan hingga tidak terputus, maka kurun waktu 2-3 tahun sudah dapat terlahir ke Alam Sukhavati, dia telah berhasil. Makanya hal ini tidaklah sulit diwujudkan.
Yang keempat, “Hanya bersahabat dengan para Bodhisattva, secara eksternal, di luar diri tidak ada mara, secara internal, di dalam diri tidak ada kekotoran batin”, makanya penduduk Alam Sukhavati tidak mengalami kemunduran.
Ini merupakan keunggulan utama dari Alam Sukhavati, di Alam Sukhavati tidak ada orang yang mengganggu-mu, juga tidak ada orang yang merintangi-mu. Mengapa demikian? Oleh karena praktisi yang terlahir di sana, semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika, mana mungkin mengganggu orang lain? Maka itu dia tidak mengalami kemunduran.
Sebaliknya di dunia fana ini, di luar diri terdapat mara, siluman dan setan jahat lainnya, pengetahuan sesat dan pandangan sesat; di dalam diri terdapat kekotoran batin, ada niat mementingkan kepentingan dan keuntungan diri sendiri, ada ketamakan, kebencian, kedunguan, kesombongan, maka itu mengalami kemerosotan batin.
Di Alam Sukhavati tidak terdapat faktor-faktor yang menyebabkan kemunduran batin.
Yang kelima, “Usia penduduk Alam Sukhavati serupa dengan Buddha Amitabha, yakni tanpa batas”. Buddha Amitabha memiliki usia tanpa batas, penduduk Alam Sukhavati juga sama, memiliki usia tanpa batas, maka itu tidak mengalami kemunduran.
Kesimpulannya, semuanya memperoleh pemberkatan dari kekuatan Buddha Amitabha, tak peduli berada di mana saja, juga bisa memperoleh perlindungan dari Buddha Amitabha, Sang Buddha mencurahkan segenap perhatianNya kepada dirimu, setiap saat menyadarkan dirimu.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012
我們再看下面念老給我們舉的,「極樂不退之因緣有五」,在一百九十二頁第一行。第一個,「彌陀大悲願力攝持,故不退」,阿彌陀佛四十八願的加持,你天天有進步,天天有法喜,有進步、有收穫,快樂,不退轉。第二,「佛光常照,菩提心增進,故不退」。佛光能長養你的菩提心,菩提心就是真誠、清淨、平等、正覺、慈悲,這個心天天增長。第三,「水鳥樹林悉演妙法,增其正念,故不退」。極樂世界物質環境太好了,無論你走到什麼地方,你學習沒中斷,這個利益真不可思議!我們這個地方,無論你怎麼用功,中斷的時間長。你每天三餐飯,中斷了,睡眠的時候中斷了,你算算看這個時間,總是抵不過。真正能做到念佛功夫不間斷的人不多,功夫真正要做到不間斷,大概二、三年他就往生了,他成就了。所以這個事情不難。
第四,「純諸菩薩以為勝友,外無魔邪,內無煩惱」,所以他不退轉。這是極樂世界真的第一殊勝,極樂世界沒有人擾亂你,沒有人障礙你。為什麼?往生到那裡,皆作阿惟越致菩薩,他怎麼會擾亂別人?所以他不退轉。我們這個世間不行,外面盡是魔邪,妖魔鬼怪,邪知邪見,裡面有煩惱,有自私自利,有貪瞋痴慢,所以會退轉。極樂世界沒有,沒有退轉的緣。第五,「壽命永劫與佛齊等」。佛無量壽,每個往生的人也是無量壽,所以他不會退轉。總而言之,全得彌陀佛力加持,到那裡得到阿彌陀佛的照顧,阿彌陀佛關懷你,阿彌陀佛時時刻刻提醒你。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十七集) 2012/11/21 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0027
Mari kita lihat kalimat selanjutnya, “Kebajikan Suciwan sulit dibayangkan, budi Buddha sulit dibalas”, perkataan ini nyata adanya, namun sayangnya di dunia ini tidak ada orang yang mengetahuinya, masih saja memfitnah Buddha, bahkan ingin merintangi Buddha. Dosa begini terlampau berat sekali!
Maitri Karuna Buddha Amitabha hingga sedemikian rupa, mencapai kesempurnaan, terhadap para makhluk yang berjodoh, mencurahkan segenap perhatian guna menjaga mereka.
Apa yang dimaksud makhluk yang berjodoh? Yaitu praktisi yang membangkitkan keyakinan, tekad dan melafal Amituofo, bagi yang memenuhi tiga persyaratan ini berarti berjodoh dengan Buddha Amitabha.
Asalkan anda memenuhi tiga persyaratan ini, anda akan memperoleh perhatian dan perlindungan dari Buddha Amitabha, Beliau akan memberkati dirimu, agar saat menjelang ajal anda dapat terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan.
Anda sendiri harus mempunyai ketetapan hati, saya benar-benar yakin sepenuhnya, dengan adanya pemberkatan Buddha, di dalam diri telah suci adanya, di luar diri mara sesat tidak dapat mengganggu.
Mengapa mara sesat dapat memengaruhi dirimu? Oleh karena keyakinan hatimu tidaklah teguh, barulah ada kejadian sedemikian rupa. Apabila keyakinan hatimu benar-benar kokoh, terhadap lingkungan luar, anda tetap teguh tidak tergoyahkan, anda takkan terpengaruh, barulah kekuatan Buddha dapat memberkatimu; sebaliknya jika dalam hatimu terdapat keraguan, maka Buddha pun tidak dapat memberkatimu.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012
再看下面這一段,「慨夫」,這是感慨,「聖德難思,佛恩難報」,這話是真的。佛做到了,我們這個世間沒人知道,還要謗佛,還要障礙佛。謗佛、障礙佛的罪業太重太重了!「彌陀悲心至極,聖智無倫」,阿彌陀佛的慈悲到極處,達到究竟圓滿,對有緣的眾生照顧無微不至。什麼叫有緣?信、願、持名,這三個條件就是跟佛有緣。你只要具足這四個字,你就得到阿彌陀佛的關懷照顧,他在現前加持你,讓你求往生不起障礙。你自己要有決心,我真相信,有佛加持。內心清淨了,外面魔邪就不能干擾。為什麼魔邪會干擾你?你自己信心不堅固,才會有這些事情。信心真正堅固,外面環境你如如不動,你不受干擾,佛力加得上;你內心有懷疑,佛加不上。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十七集) 2012/11/21 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0027