Selasa, 18 Januari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 November 2012 (Bgn 1)

 

  

Hari ini pendidikan keluarga telah terabaikan, sejak usia kecil pendidikan kesusilaan juga tidak ditanamkan, maka itu melafal Amituofo namun tidak mudah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Akar pendidikan kesusilaan ini meliputi “Lima Bentuk Hubungan Menurut Ajaran Konfusius”, yakni :

1.    Hubungan antar ayah dan anak 

Ayahbunda harus mendidik dan menjadi teladan yang baik bagi anaknya dan anak harus berbakti pada ayahbunda.

2.    Hubungan antar suami istri

Suami dan istri menunaikan tanggung jawab berdasarkan peranan masing-masing.

3.    Hubungan antar saudara

Antara abang, kakak dan adik harus saling hormat menghormati dan saling sayang menyayangi.

4.    Hubungan antar pimpinan dan bawahan

Harus ada makna kesetiaan.

5.    Hubungan antar sahabat

Harus dapat dipercaya

 

Lima bentuk hubungan yang beradab ini merupakan “Jalan” untuk menjadi manusia yang seutuhnya, inilah Jalan Kebenaran, Jalan untuk menjadi insan suci dan bijak, yang juga merupakan Jalan untuk menjadi Buddha dan Bodhisattva.

 

Dari Jalan ini muncullah moralitas, yang mengajarkan kita bagaimana seharusnya bertindak. Moralitas ini dibagi atas tiga kategori yakni yang pertama adalah “Lima Kebajikan Dalam Ajaran Konfusius” yaitu : kemuliaan, kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya.

 

Kategori yang kedua adalah “Empat Ikatan Sosial” yang mencakup kesusilaan, kebenaran, kejujuran dan tahu malu.

 

Kategori yang ketiga adalah “Delapan Moralitas” yakni bakti, persaudaraan, kesetiaan, dapat dipercaya, mulia, kasih, harmonis dan damai.

 

Hanya belasan butir kata ini, setiap niat pikiran, ucapan dan tindakan takkan bertentangan dengannya, maka anda merupakan insan yang beretika moral, anda adalah insan suci dan bijak.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 November 2012

 

Mengenal Istilah Dalam Ajaran Konfusius :

http://komcit.blogspot.com/2014/10/mengenal-istilah-dalam-ajaran-konfusius.html

 

我們今天家庭教育沒有了,從小沒紮這個根,所以念佛不容易往生。如果有這個根,這個根是什麼?父子有親,夫婦有別,君臣有義,長幼有序,朋友有信,這叫五倫。五倫是道,道是路,人生的道路,這是正道,聖賢之道、佛菩薩之道。從這個道生出來的就是德,教導我們應當怎樣行。德有三科,第一個是五常,仁義禮智信;第二個科目叫四維,禮義廉恥;第三個科目叫八德,孝悌忠信仁愛和平。就這十幾個字,起心動念不違背,言語造作不違背,你就是一個有道德的人,你就是聖賢人。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十集)  2012/11/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0020

 

 

 

 

Master Yin Guang khusus menggalakkan pendidikan Hukum Karma, anak-anak sejak usia dini sudah harus menyampaikan padanya tentang Hukum Sebab Akibat, karma baik mendapat balasan baik, karma buruk mendapat balasan buruk, setelah dewasa nanti dia tidak berani berpikir dan bertindak jahat.

 

Dengan memahami pendidikan kesusilaan, tidak sudi melakukan kejahatan, oleh karena berbuat jahat adalah hal yang memalukan, makanya dia tidak sudi melakukannya.

 

Dengan memahami Hukum Karma, tidak berani melakukan kejahatan, oleh karena keuntungan yang diperoleh tidak dapat menutupi kerugian yang diderita, balasan buruk yang akan diterima sungguh terlampau menyengsarakan.

 

Dengan mengecap pendidikan kesusilaan dan pendidikan Hukum Karma, disertai dengan ajaran insan suci dan bijak, maka hidup di dunia ini adalah menjalani kehidupan insan suci dan bijak, menjalani kehidupan Buddha dan Bodhisattva.

 

Setelah meninggal dunia, praktisi pelafal Amituofo kembali ke Nitya-sthita (Tanah Suci tingkatan tertinggi di Alam Sukhavati). Bagaimana cara menerapkannya? “Dengan keyakinan mendalam dan tekad menyeluruh melafal Amituofo”, ini mengajarkan kita caranya.

 

Terhadap empat kategori pendidikan kesusilaan yang telah disebutkan sebelumnya, tiada keraguan sama sekali, terhadap ajaran yang dibabarkan oleh Buddha dan Bodhisattva, juga tidak memiliki keraguan sama sekali. Inilah yang disebut keyakinan.

 

Tekad, membangkitkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, di dunia ini memutuskan kejahatan memupuk kebajikan, jasa kebajikan ini dilimpahkan dengan bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, tidak memohon pahala Alam Manusia, melepaskan ketenaran dan keuntungan di alam manusia, hal ini penting adanya. Satu-satunya hanyalah memohon terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 November 2012

 

Pendidikan Hukum Karma Menyelamatkan Hati Manusia :

http://tujuhmustika.blogspot.com/

 

Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :

http://smamituofo.blogspot.com/2013/07/empat-tingkatan-tanah-suci-di-alam.html

 

  印祖特別提倡因果教育,小孩在幼兒的時候就要把因果的道理講給他聽,善有善果,惡有惡報,讓他長大之後起心動念不敢作惡。懂得倫理道德,不願意作惡,這作惡是丟人的事情,不是好事,所以不願意作惡。懂得因果,不敢作惡,造作任何惡業得不償失,果報太苦太苦了。人有倫常教育、有因果教育、有聖賢教育,這就是真為生死,活在世間是聖賢、是佛菩薩,死了之後回歸自然,念佛人回歸常寂光。如何落實?「以深信願持佛名號」,這教給我們方法。對於中國傳統這四科深信不疑惑,對於佛菩薩的教誨深信不疑。願,發願求生淨土,在這個世間斷惡修善,以這個功德迴向求生淨土,不求人間福報,把人間名利放下,這個重要。專求淨土,持佛名號,教我們念佛。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十集)  2012/11/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0020

 

 

 

 

Di dalam “Penjelasan Amitabha Sutra karya Master Ouyi” disebutkan “Dengan keyakinan dan tekad melafal Amituofo sebagai prinsip penuntun tertinggi dalam melatih diri”.

 

Bagi praktisi Tanah Suci, apa yang merupakan prinsip penuntun tertinggi dalam melatih diri? Yakni keyakinan dan tekad, dengan ketulusan hati melafal Amituofo.

 

Hari ini kami melihat sebuah laporan, peristiwa yang terjadi baru-baru ini. Ada seorang praktisi di Provinsi Sichuan, yang telah mengikhlaskan dan melepaskan kemelekatan, terlahir ke Alam Sukhavati dengan posisi berdiri. Di dalam laporan tersebut tertulis dengan jelas, seluruhnya ada empat halaman, kejadian ini nyata adanya.

 

Melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, hal ini tergantung apakah anda berniat atau tidak ke sana, apakah anda memiliki keinginan ke sana, asalkan anda bersedia, maka Buddha pasti datang menjemputmu.

 

Buddha Amitabha ada di mana? Buddha Amitabha tidak pernah meninggalkan kita sama sekali, ada di sekitar kita. Lantas kenapa Beliau tidak menampakkan diri? Oleh karena kita memiliki rintangan karma, menanti hingga rintangan karma kita hampir bersih tereliminasi, Sang Buddha akan menampakkan diriNya di hadapan kita.

 

Jadi bukanlah Beliau tidak menampakkan diriNya, namun diri kitalah yang memiliki rintangan karma sehingga tidak mampu melihat keberadaanNya, hal ini nyata adanya.

 

Lantas di manakah Buddha dan Bodhisattva berada? Di segala ruang dan waktu, setiap saat tidak pernah meninggalkan diri kita. Niat pikiran kita yang muncul, ucapan dan tindakan kita, tidak ada yang tidak diketahuiNya, keyakinan hatimu itu, tulus atau tidak, kita sendiri tidak tahu, namun Dia mengetahuinya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 November 2012

 

「約之」,約是把它簡化,用一句話講得更清楚、更明白,「則為蕅益大師所倡之信願持名」,四個字。深信、真願、老實持名,決定往生。這樣的人,萬修萬人去。「《彌陀要解》以信願持名為宗」,宗就是修行最高的指導原則。淨土宗最高指導修行的原則是什麼?是信,深信;是願,真願;是持名,老老實實念這一句佛號。我今天也看到一份資料,這是最近的事情。四川省一位居士,看破放下,站著往生。這報告寫得很詳細,一共有四頁,這真的,不是假的。念佛往生這樁事情,就是你願不願意去,你想不想去,你想去,佛真來接引你。阿彌陀佛在哪裡?阿彌陀佛從來沒有離開過我們,就在我們周邊。為什麼他不現形?我們自己有業障,我們的業障消得差不多,他就可以現形給我們看。這不是他不現形,是我們的業障障礙,我們看不見,這是真的。佛菩薩不是肉身,我們講個俗話,他是靈身,不是肉身。所以他不是物質現象,他也不是精神現象,也不是自然現象,他什麼都不是。在哪裡?無處不在,無時不在,一分一秒都沒有離開過我們。我們起心動念、言語造作,他全知道,你那個信心是真是假,我們自己不知道,他知道。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十集)  2012/11/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0020