Rabu, 11 Mei 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 November 2012 (Bgn 3)

 

 

Kita mengetahui adanya Hukum Sebab Akibat, menanam benih karma baik akan menghasilkan buah karma yang baik, demikian pula sebaliknya menanam benih karma buruk menghasilkan buah karma yang buruk, Hukum Karma mencakup tiga masa kehidupan.

 

Anda membunuh orang ini, merampas harta bendanya, setelah dia mati, anda mengira masalah sudah tuntas, tak terduga dia malah bertumimbal lahir ke dalam keluargamu menjadi putramu, menjadi cucumu, dia telah datang.

 

Untuk apa dia datang? Untuk menagih utang nyawa, untuk menagih utang harta benda, kasus begini sudah terlampau banyak, anda tidak berdaya mewaspadainya.

 

Cobalah amati dunia ini dengan seksama, jalinan jodoh Ayahbunda dan putra-putrinya, yang balas budi sangat jarang, yang balas dendam justru sangat banyak, yang datang bayar utang tidak banyak, yang tagih utang justru ada banyak sekali.

 

Lihatlah apa yang dibabarkan oleh Sang Buddha di dalam Sutra, amatilah dengan seksama, ternyata memang sedemikianlah adanya, apakah anda boleh tidak percaya? Apakah anda masih berani melakukan kejahatan? Tidak berani.

 

Maka itu Buddha Dharma dapat membawa pada masyarakat ini kestabilan dan kedamaian, memiliki kebenaran di dalamnya, sehingga anda tidak berani melakukan kejahatan.

 

Ini mengenai persoalan tagih utang bayar utang, ikatan jodoh di dunia manusia. Setelah meninggal dunia, pelaku kejahatan masih harus menjalani siksaan di tiga alam penderitaan yakni Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan, dan Neraka, maka itu merupakan masalah besar.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 November 2012

 

想想看過去的社會,用因果來觀察,真的,種善因得善果,不善的因肯定是不善的果報,果報通三世。你殺這個人,你奪取他的財產,他死了,你以為沒事了,沒曉得他到你家來投胎,做你的兒子、做你的孫子,他來了。他來幹什麼的?來討命的、來討債的,太多這種事情,你沒辦法防止。你細心觀察這個世界,兒女跟父母的緣,報恩的很少,報怨的很多,還債的不多,討債的很多。這佛講得不錯!你看佛經上講的標準,你細心去觀察,真是這個樣子,你能不信嗎?這事情敢做嗎?不敢。所以佛法能帶給社會安定和平,它有它的道理在裡頭,叫你不敢作惡。這是講討債還債,這是人間一些關係。更重要、更深一層的,這是屬於性罪。為什麼?違背了性德。性罪的果報,那就是餓鬼、畜生、地獄,你到那裡去了,所以很麻煩。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十五集)  2012/11/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0035

 

 

 

 

Ini mengenai persoalan tagih utang bayar utang, ikatan jodoh di dunia manusia. Setelah meninggal dunia, pelaku kejahatan masih harus menjalani siksaan di tiga alam penderitaan yakni Alam Binatang, Alam Setan Kelaparan dan Neraka, maka itu merupakan masalah besar.

 

Setelah jelas dan dimengerti, apakah anda masih sudi menetap di dunia ini?  Yang masih sudi menetap di dunia ini adalah insan yang memiliki Bodhicitta, Dia datang menjadi Bodhisattva, Dia datang menolong manusia dari penderitaan dan kesusahan.

 

Bodhisattva akan menyempurnakan diriNya terlebih dulu, jika diri sendiri masih belum mencapai pencerahan maka akan jatuh ke dalam kemerosotan, diri sendiri saja belum terselamatkan, lantas bagaimana bisa menolong orang lain?

 

Jika ingin menyelamatkan diri sendiri, cara yang paling cepat adalah terlahir ke Alam Sukhavati, mendekatkan diri dan berguru pada Buddha Amitabha.

 

Kecepatannya adalah asalkan dapat bersua dengan Buddha Amitabha, meskipun diri sendiri belum memiliki pencapaian, namun kewibawaan tekad Buddha Amitabha memberkati dirimu, sehingga kebijaksanaan, kemampuan gaib dan keterampilan melatih dirimu kini sama dengan Buddha dan Bodhisattva, anda memiliki kesanggupan datang ke dunia ini guna menolong para makhluk dari penderitaan dan kesusahan.

 

Anda dan Buddha Amitabha memiliki hati yang sama dan tekad yang sama, Buddha Amitabha akan memberimu bantuan, memberimu dukungan, sehingga anda dapat mewujudkan hal ini dengan baik.

 

Hal ini memang ada, bukan tidak ada, setiap generasi demi generasi, baik di dalam maupun di luar negeri, anda dapat melihat perumpamaan ini. Anda melihat dia melakukannya dengan begitu susah payah, tidak begitu lancar, tetapi dia bukan demi kepentingan pribadinya, dia melakukannya demi kepentingan semua makhluk, dia masih bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, menampilkan peragaan buat diperlihatkan kepada semua orang.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 November 2012

 

這是講討債還債,這是人間一些關係。更重要、更深一層的,這是屬於性罪。為什麼?違背了性德。性罪的果報,那就是餓鬼、畜生、地獄,你到那裡去了,所以很麻煩。

 

  真搞清楚、搞明白了,你還願意在人間住嗎?願意在人間住,那大菩提心,他來作菩薩的,他來救苦救難的。菩薩先成就自己,不先成就自己就掉在泥坑裡去了,自身不保怎麼能救人?要自救,最快速的就是往生極樂世界、親近阿彌陀佛。極樂世界的快速,只要見阿彌陀佛,自己沒有成就,但是阿彌陀佛本願威神加持你,你的智慧神通道力就跟佛菩薩一樣,你就能夠到這個世間來救苦救難。這是什麼?你跟阿彌陀佛同心同願,阿彌陀佛資助你,阿彌陀佛支持你,你能把這樁事情做好。這有,不是沒有,世世代代,中國外國,你都可以能看到這個例子。你看他做得很辛苦,並不是很順利,但是他不為自己,他為眾生,他還是要往生極樂世界,表演給大家看。這個經、這個法門,確確實實是五濁惡世的無上醍醐,這話講得一點都不錯。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十五集)  2012/11/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0035

 

 

 

 

Guo Lou-jiang memberikan pada kita teladan yang terbaik, dalam kurun waktu tiga tahun meraih keberhasilan. Sementara itu kita juga sudah melafal tiga tahun lamanya, lantas kenapa kita belum berhasil? Hal ini patut direnungkan.

 

Guo Lou-jiang berhasil karena dia tidak memiliki apa-apa lagi, dia tidak memiliki kekhawatiran; kemajuan kita berjalan lamban karena hal-hal yang membuat kita khawatir itu terlampau banyak.

 

Kita mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, masih mengejar popularitas dan laba, mendambakan kenikmatan lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), sedangkan Guo Lou-jiang tidak memiliki apa-apa.

 

Maka itu terhadap ketenaran dan keuntungan, nafsu keinginan, Guo Lou-jiang tidak berminat, sehingga dengan mudah dia memfokuskan pikirannya melafal Amituofo.

 

Yang juga boleh dikatakan, dalam melatih diri, dia tidak memiliki rintangan sedikitpun, sedangkan kita dalam melatih diri memiliki rintangan berlapis-lapis.

 

Lihatlah insan masa kini, siapa yang tidak menggunakan telepon genggam? Telepon genggam merupakan rintangan yang paling berat. Tidak dapat melafal Amituofo dengan baik, baru saja melafal beberapa lafalan saja, telepon sudah berdering, melafal Amituofo jadi terputus.

 

Berapa orang yang sanggup melepaskan telepon genggamnya? Jangankan hal lainnya, cuma yang satu ini saja sudah sulit dilepaskan. Alat teknologi ini datang dengan tujuan untuk menghalangi dirimu melafal Amituofo.

 

Ini adalah mara, anda masih begitu menyukainya, dia membuat dirimu pada satu masa kelahiran ini tidak dapat meraih keberhasilan, agar dirimu berputar terus di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, jurus mara ada banyak sekali.

 

Maka itu terhadap beragam godaan di dunia ini, ketenaran dan keuntungan, jika dapat melepaskannya maka disebut sebagai ksatria, pada satu masa kehidupan ini memiliki harapan untuk berhasil.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 November 2012

 

鍋漏匠給我們做最好的例子,三年成就。我們念三年為什麼沒有成就?這一定要想想,多想想。他的成就是他一無所有,他沒有牽掛;我們的成就所以慢,我們牽腸掛肚的事情太多了。我們有自私自利,有名聞利養,有五欲六塵的享受,鍋漏匠什麼都沒有。所以他對於我們這些名利、欲望這個心,他是死掉了、死斷了,所以他很容易一心專注,一向專念他很容易做到。也就是說,他修行一點障礙都沒有,我們修行障礙重重。你看現在人,哪個人不用手機?手機就是最嚴重的障礙。佛念不好,才念幾句,手機響了,念佛中斷了。幾個人能把手機放下?不要說放下別的,單單說放下這一個就難了。這個功夫成片,哪一年才能得到?這科學技術,它來幹什麼?它來障礙你念佛的。那是什麼?那魔,你還挺喜歡它,它讓你在這一生不能成就,讓你繼續搞生死輪迴,它的手段可多了。所以這世間種種誘惑、名聞利養,真能放下就叫大丈夫,這一生有成功的指望。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十五集)  2012/11/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0035