Sabtu, 28 Mei 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Desember 2012

 

 

Di dunia ini, dunia yang penuh dengan Lima Kekeruhan dan Kejahatan, jika tercemar sedikit saja oleh harta, rupa, ketenaran dan keuntungan maka celakalah, anda telah jauh dari Buddha Dharma.

 

Mengambil Buddha Dharma melakukan Dharma duniawi, akibat karma ini bisa dibayangkan oleh setiap orang. Mengambil Buddha Dharma melakukan Dharma duniawi, akibatnya adalah jatuh ke Neraka Avici. Mengapa bisa begitu berat?

 

Anda telah mengakibatkan masyarakat salah paham terhadap Buddha Dharma, ternyata Buddha Dharma juga mengejar ketenaran dan keuntungan. Dengan demikian telah merusak citra Ajaran Buddha, merupakan penghinaan berat terhadap Buddha.

 

Buddha Dharma mengajarimu untuk terbebas dari lautan derita, kenapa pula anda malah mengambil kesempatan di lautan derita? Dari sinilah dosa ini terjalin, tidak boleh tidak diketahui.

 

Kita melakukan hal buruk, yang merugikan orang lain demi menguntungkan diri sendiri, bersalah pada Ayahbunda, Ayahbunda berharap agar kita sepanjang hayat menjadi insan bajik, bersalah pada guru, karena sudah belajar Ajaran Buddha, terhadap Buddha masih juga berlaku serupa. Hal ini tidak boleh tidak kita ketahui.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Desember 2012

 

Lima kekeruhan dan kejahatan :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/12/panca-kasayah-lima-kekeruhan.html

 

這個世間,五濁惡世,沾上絲毫的財色名利就完了,你完全脫離了佛法。拿著佛法去搞世間法,這個果報大家心裡都有數。拿著佛法搞世間法,這個罪是無間地獄。為什麼這麼重?你讓世間人對佛法產生最大的誤會,佛法也是搞名聞利養。這就把佛糟蹋掉了,對佛是最嚴重的侮辱。佛法是教你脫離苦海的,你怎麼往苦海裡頭鑽?這個罪從這裡結的,不能不知道。我們做壞事情、做不善的事情,損人利己,對父母對不起,父母希望我們一生做個好人,對老師對不起,如果學佛了,對佛也是這樣,叫大逆不道。這是我們不能不知道的。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第八十一集)  2012/12/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0081

 

 

 

 

Hendaknya memandang semua makhluk sebagai Buddha Amitabha, di hadapan Buddha Amitabha, saya tidak berani lancang, apalagi bersikap angkuh? Hal ini nyata adanya.

 

Asalkan telinga-nya pernah mendengar sepatah Amituofo, pada masa kehidupan ini cuma se-kali ini saja dia pernah mendengarnya, anda harus mengetahuiya, benih KeBuddhaan telah tertanam di dalam Alaya-vijnana (gudang kesadaran)-nya, pada masa kehidupan mendatang dia pasti melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati, pasti mencapai KeBuddhaan. Ketika mencapai KeBuddhaan, dia akan serupa dengan Buddha Amitabha. Mana boleh tidak menghormatinya? Mana boleh lancang padanya?

 

Kita harus menetapkan tujuan kita adalah terlahir ke Alam Sukhavati, di dunia ini memiliki jodoh menyebarluaskan Buddha Dharma hanyalah sambilan saja, bukanlah tujuan pokok, jadi apa yang menjadi tujuan utama dan sekunder, haruslah dibedakan dengan jelas.

 

Saya menempatkan upaya menyebarluaskan Buddha Dharma sebagai tujuan utama, sehingga mengabaikan upaya terlahir ke Alam Sukhavati, pada masa kelahiran mendatang masih saja berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, anda telah melakukan kesalahan, ini bukanlah maksud dari Buddha.

 

Tujuan utama dan sekunder tidak boleh terbalik. Setelah terlahir ke Alam Sukhavati, lalu bertekad kembali ke dunia ini, maka segalanya jadi bebas tanpa rintangan, saat datang kembali adalah untuk membabarkan Dharma, diri sendiri telah mencapai KeBuddhaan.

 

Anda datang ke dunia ini untuk membimbing para makhluk, serupa dengan Buddha Sakyamuni, Bhagava mampu mewujudkannya, anda juga dapat mewujudkannya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Desember 2012

 

對一切眾生都要看作是阿彌陀佛,我在阿彌陀佛面前不敢放肆,怎麼敢傲慢?是真的,不是假的。只要曾經耳朵聽到一句阿彌陀佛,他這一生當中就聽這麼一次,你要曉得,阿彌陀佛的種子種在他八識田中,來生後世肯定念佛往生,肯定成佛。他成佛就是阿彌陀佛,一點都不假。怎麼可以不尊重?怎麼可以放肆?

 

  我們要把目標鎖定在往生極樂世界,在這個世間有緣做弘法利生事情是附帶的,不是主要的,賓主一定要認清楚。我把弘法利生的事情當作主,往生的事情疏忽了,來生還搞六道輪迴,錯了,這不是佛的意思。賓主不能顛倒。往生極樂世界再到這個世間來,那就自在了,再來的時候是來弘法利生的,自己已經成就,已經成佛了。你到這個世間來教化眾生,跟釋迦佛到世間來沒有兩樣,世尊能做到的你也能做到。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第八十一集)  2012/12/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0081

 

 

 

 

“Bodhisattva Calon Buddha adalah buah KeBuddhaan”. Setelah mencapai KeBuddhaan, Dia jadi sempurna. Kita belajar Ajaran Buddha tujuannya adalah untuk mencapai KeBuddhaan, barulah memperoleh perlindungan dari para Buddha, Dewa, Naga, malaikat bajik akan melindungimu.

 

Lain halnya jika arahmu menyimpang, tujuan sudah salah, Buddha tidak berdaya membantumu, tidak berdaya memberkatimu, Dewa, Naga, malaikat bajik menjauhimu. Mengapa demikian?

 

Anda bukan siswa Tathagata, anda adalah palsu, bukan tulen. Menyamar jadi siswa Buddha tetapi tidak mengemban misi Tathagata, para malaikat bajik pun beranjak pergi.

 

Setelah kelompok bajik pergi, datanglah gerombolan jahat yang mendukungmu, yakni siluman, mara dan setan jahat lainnya. Mereka tahu kamu ini hanyalah samaran, maka itu menggunakan harta, rupa, ketenaran dan keuntungan untuk memikat dirimu.

 

Menggunakan kemampuan gaib dan kekuasaan untuk menggertak dirimu, anda tidak sanggup menaklukkannya, anda pun berubah jadi anak cucu mara, dikendalikan olehnya.

 

Maka itu hendaknya senantiasa meningkatkan mawas diri. Oleh karena era sekarang ini benar-benar kekuatan Dharma lemah dan mara kuat.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Desember 2012

 

 「等覺即佛果」。這個意思是什麼?平等覺,跟一切諸佛平等,這稱為等覺,等覺就是佛。這是第二個意思。菩薩裡面的等覺不是佛,換句話,雖然都是等覺,等覺還有差別。到了佛就圓滿了,就一絲毫差別都沒有了。我們學佛是學這個,是為這個而來的,不是為其他的。所以,這才真正得到諸佛護念,龍天善神護持你、保佑你。你的方向偏差了、目標錯誤了,佛想幫忙幫不上,加持不上,龍天善神遠離你。為什麼?你不是如來弟子,你是假的,不是真的。打著佛的旗號,不幹如來家業,這些善神走了。走了也有護法來,來了一群妖魔鬼怪,他們來了。他們知道你是假的,用什麼來誘惑你?財、色、名、利,來誘惑你。用神通威勢來威嚇你,你不能不屈服他,你就變成魔子魔孫,受他控制了。所以這是學佛的人要知道,要常常有警覺心。因為這個時代是真真實實法弱魔強,佛菩薩都要讓幾分,迴避,不來了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第八十一集)  2012/12/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0081