Membaca buku adalah memetik pengalaman, pengalaman Hukum Sebab Akibat. Lihatlah di dalam perjalanan sejarah, sosok mana saja yang berhasil, apa sebabnya sehingga mereka bisa berhasil? Kemudian menemui kegagalan, lantas apa pula penyebabnya?
Setelah mengamatinya secara seksama, ketika kita menemukan masalah yang serupa, maka buku sejarah tersebut dapat menjadi cermin kehidupan bagi diri kita, juga sebagai referensi bagi diri sendiri.
Baik di dalam Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, kesuksesan adalah mawas diri, menghormati; sebaliknya kegagalan dikarenakan lupa diri. Ketenaran dan keuntungan sudah diperoleh, harta benda juga sudah didapatkan, sulit untuk tidak menjadi pongah, terhadap orang lain mulai timbul suka dan benci, baik disengaja maupun tidak sengaja membuat orang lain tersinggung.
Kadang kala memang tidak sengaja, seperti kata pepatah “Yang bicara tidak punya niat, tetapi si pendengar serius menanggapinya”, dia merasa anda sengaja menyakiti hatinya, menyimpan dendam di hati, sungguh memprihatinkan.
Ketika jodoh itu masak, dia datang membalas dendam, kadang kala cara yang digunakan amat sadis, masih juga tidak mengerti bagaimana bisa mengikat permusuhan dengannya.
Maka itu para praktisi dan insan terpelajar zaman dulu, sikap mereka sangat bermawas diri, sangat berhati-hati, tidak menyakiti orang lain.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Desember 2012
不讀書不行,讀書是什麼?吸取經驗,因果報應的經驗。你看歷史上,那些人成功的,什麼原因成功的?後來失敗,什麼原因失敗?細心去觀察,我們遇到這個事情,這些都可以做借鏡,做為我們自己應對的參考資料。無論世出世法,成功都是謹慎,恭敬、謹慎起家的;失敗,我們說得不好聽是得意忘形,麻煩就在後頭,那是什麼?許許多多英雄豪傑最後失敗的原因。地位得到了、利益得到了、財富得到了,免不了起傲慢,對人有喜怒,有意無意得罪人。自己有時候是無意的,不知道,所謂「說者無心,聽者有意」,他認為你挖苦他、你諷刺他,記恨在心,這就冤枉了。到機會成熟,他來報復你,有的時候報復手段非常殘酷,不知道這個怨怎麼結的。所以真正修行人,古時候讀書人,不但修行人,讀書人,言語、態度都非常謹慎、非常小心,決定不傷人。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第八十四集) 2012/12/23 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0084
Menipu harta benda orang lain, di dalam sejarah tidak pernah ada akhir yang baik. Dengan segala cara menjadikan milik orang lain sebagai milik diri sendiri, kasus begini amat banyak, tempo dulu sering ditemukan, masa kini lebih sering lagi.
Saya pernah menyaksikan, seorang penulis buku, mengubah nama si pengarang asli dengan namanya sendiri, ini namanya merampas jasa orang lain. Pokoknya dengan menghalalkan segala cara agar kedudukan sendiri di dalam masyarakat jadi bertambah tinggi, mempromosikan reputasi diri sendiri, inilah yang disebut dengan memaksakan kehendak.
Setiap tindakan yang memaksakan kehendak, akhirnya pasti tidak baik. Insan zaman dulu memberi nasehat, asalkan anda bersungguh-sungguh melakukannya, sehingga menciptakan prestasi, dengan sendirinya jadi terkenal, tidak perlu mempromosikan diri sendiri, juga tidak perlu menggunakan cara apapun. Bahkan semakin rendah hati semakin bagus, kerendahan hati memperoleh pahala yang sesungguhnya, pahala besar.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Desember 2012
巧取豪奪,在歷史上都不會有好結果。巧妙方法把別人的好處據為己有,這個事很多,古時候常見,現在更常見。我曾見過的,寫一本書,把人家作者的名字改了,改自己名字,那是冒人之功。還有花錢,花錢那是買賣,都不應該。總而言之,用盡方法要把自己的社會地位提升,打自己的知名度,這個都是在佛法叫攀緣。凡是攀緣,後果都不好。中國古人所謂實至名歸,你老老實實做,真做出成績出來,名自然出去,不需要自己宣揚,無需要用任何手段。而且愈謙虛愈好,謙虛得的是真實福報,大福報。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第八十四集) 2012/12/23 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0084
Ini merupakan kekotoran batin manusia pada umumnya, mendambakan ketenaran dan keuntungan, suka pada harta dan rupa, ini merupakan kekotoran batin sejak kalpa tanpa awal dan bawaan lahir, bukanlah baru kali ini anda mempelajarinya.
Begitu bertemu dengan jodoh ini, anda langsung tidak kuasa menahan diri, penyakit batin langsung kambuh dan menciptakan karma buruk, masalah pun jadi besar, ketika karma berbuah, sesal kemudian tidak berguna.
Pintu Dharma Pelafalan Amituofo sungguh bagus, saat menjelang ajal selama sehela napas masih ada, saya masih sempat bertobat, masih dapat terlahir ke Alam Sukhavati, jadi sekarang mau berbuat jahat tidak masalah, jika anda memiliki niat begini, pasti gagal terlahir ke Alam Sukhavati. Mengapa demikian?
Niat pikiran anda yang timbul, semuanya diketahui Buddha Amitabha, anda adalah orang yang mengandalkan faktor keberuntungan, manalah boleh ke Alam Sukhavati? Alam Sukhavati hanya menyambut kedatangan insan jujur dan tulus, patuh, serius mengamalkan, orang begini barulah disambut hangat, kita harus mengetahuinya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Desember 2012
這都是人類根本的煩惱,好名,好名好利、好財好色,這是無始劫來與生俱來的煩惱,不是你這次學的。可是一遇到這些境緣,你就把持不住,它就發作,發作就是造業。造作一切不善的業,這個麻煩大了,果報現前後悔莫及。念佛這個法門是好,如果說以為這個法門好,臨終一口氣還在,我還能懺悔、還能往生,多幹一點壞事不要緊,存這種心理的話,不能往生。為什麼?你起心動念阿彌陀佛全知道,你是個投機取巧的分子,怎麼可以到極樂世界來?極樂世界歡迎的是老實、聽話、真幹,這種人最受歡迎,我們統統要知道。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第八十四集) 2012/12/23 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0084