Minggu, 16 Mei 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012 (Bgn 8)

 


 

Belajar pintu Dharma, “Kusala Dharma tak terhingga, bertekad untuk melatihnya”. Kusala Dharma (cara untuk menimbun kebajikan) yang tak terhingga dan tanpa batas, tidak terpisahkan dari “Sepuluh Kebajikan”, semuanya dikembangkan dari Sepuluh Kebajikan.

 

Bodhisattva Mahayana menjabarkan Sepuluh Kebajikan menjadi 84 ribu pintu Dharma, 84 ribu pintu Dharma bila dipadatkan akan menjadi Sepuluh Kebajikan.

 

Dalam belajar, kita mengambil intinya yakni Sepuluh Kebajikan yang harus diingat baik-baik, yakni :

Kebajikan yang dilakukan melalui tubuh jasmani :

1.    Tidak membunuh

2.    Tidak mencuri

3.    Tidak berzina

Kebajikan yang dilakukan melalui ucapan :

4.    Tidak berdusta

5.    Tidak menghasut

6.    Tidak merayu atau membujuk

7.    Tidak berkata kasar

Kebajikan yang dilakukan melalui pikiran :

8.    Tidak tamak

9.    Tidak benci

10.Tidak dungu

 

Inilah yang disebut dengan Sepuluh Kebajikan.

 

Di dalam Buddha Dharma, baik dan jahat dapat didefinisikan secara sederhana, apa yang dimaksud dengan kejahatan? Setiap tindakan yang mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi adalah kejahatan, sebaliknya setiap tindakan yang memberi manfaat kepada orang banyak adalah kebajikan.

 

Jika niat terlahir ke Alam Sukhavati tujuannya adalah demi kepentingan dan keuntungan pribadi, maka niatnya ini takkan terwujud, hal ini telah diuraikan secara jelas di dalam Sutra.

 

Saya bertekad terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan adalah demi menyelamatkan semua makhluk, Buddha Amitabha akan menyambutmu dengan penuh sukacita, mengerahkan segenap upaya guna membantumu. Mengapa demikian?

 

Oleh karena anda bukan demi diri sendiri, anda mencapai KeBuddhaan adalah demi menyelamatkan para makhluk. Dengan perkataan lain, di Alam Sukhavati Buddha Amitabha membantu kita mewujudkan kebijaksanaan sempurna, Maitri Karuna sempurna, upaya kausalya sempurna, barulah kita memiliki kemampuan untuk menyelamatkan para makhluk.

 

Jadi tujuan terlahir ke Alam Sukhavati bukanlah mementingkan diri sendiri, sama sekali tidak egois.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

Catatan :

Upaya Kausalya adalah menyampaikan Dharma sesuai dengan kemampuan penerimaan si pendengar, atau menyampaikan Dharma pada waktu, tempat dan orang yang tepat.

 

Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/11/sepuluh-kebajikan_20.html

 

 

學法門,「善法無量,願悉修之」。無量無邊的善法不出十善,都是從十善裡展開的。大乘菩薩把十善展開成為八萬四千法門,八萬四千法門歸納起來就是十善,十善展開為八萬四千法門。我們學,抓綱領,這十條牢牢記住,不殺生、不淫欲、不偷盜,身三善;口,不妄語、不兩舌,兩舌是挑撥是非,妄語是欺騙別人,不綺語,綺語是花言巧語,也是騙人,不惡口,惡口,說話粗魯,讓人聽到很不舒服;意,不貪、不瞋、不痴。這是應該如此,這叫十善業道。小乘把它展開為三千條,叫三千威儀,大乘菩薩展開,八萬四千細行,就是十善業。

 

  善法,學法門,善法無量無邊,都要學。佛法裡頭善跟惡有個很簡單的定義,什麼叫惡?凡是自私自利的都是惡,凡是利益眾生的都是善。求生西方極樂世界是為了自私自利,去不了,這經上講得很清楚。我求生西方極樂世界成佛是為了普度眾生,阿彌陀佛歡迎你,全心全力幫助你。為什麼?你不是為自己,你成佛是為度眾生,是為了救苦救難。換句話說,在西方極樂世界阿彌陀佛幫助我們,成就我們圓滿智慧、圓滿慈悲、圓滿方便,我們才有能力普度眾生。是這麼回事,不是自私自利。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十八集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0018

 

 

 

 

Dalam menyelamatkan para makhluk, “Para makhluk yang tanpa batas, bertekad menyelamatkannya”. Jangan membeda-bedakan, orang baik harus dibantu, orang jahat juga harus dibantu, hendaknya menggunakan hati yang suci, setara dan tercerahkan dalam memperlakukan semua makhluk.

 

Orang yang berbuat jahat, sesungguhnya juga adalah Buddha, kita harus menghormatinya, oleh karena dia adalah Buddha, hanya karena sesat sesaat sehingga jatuh ke jalan yang salah.

 

Maka itu harus memiliki hati Maitri Karuna, membantunya kembali ke jalan yang benar, beritahu padanya, ketenaran dan keuntungan di dunia ini adalah khayalan semu, bukan nyata adanya.

 

Apa yang merupakan hal yang paling bahagia bagi manusia? Insan zaman dulu berkata, “Orang yang tahu merasa cukup akan senantiasa berbahagia”. Sama halnya pula dengan Buddha Dharma, hal ini tercermin dari calon Buddha yang berdiam di Surga Tusita.

 

Tusita bila diterjermahkan ke dalam Bahasa Mandarin artinya tahu merasa cukup. Tahu merasa cukup barulah mencapai KeBuddhaan, orang yang tidak pernah merasa cukup tidak dapat mencapai KeBuddhaan, maka itu calon Buddha berdiam di Surga Tusita.

 

Setelah masa hidup di Surga Tusita telah habis, calon Buddha akan lahir ke Alam Manusia mencapai KeBuddhaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

度眾生,「眾生無邊,願悉度之」。不要分別,行善的眾生要幫助他,造惡的眾生也要幫助他,用清淨平等覺去對待一切眾生。造作一切罪業的眾生,他本來都是佛,我們要尊敬他,因為他是佛,一時迷惑,誤入歧途。所以要有慈悲心,幫助他回頭是岸,告訴他,世間名聞利養假的,不是真的。人生最快樂的是什麼?古人說了一句話,「知足常樂」。佛法也是這句話,表現在哪裡?表現你看看後補佛,後補佛住在哪裡?住在兜率天。兜率是梵語,中國的意思是什麼?叫知足。知足才成佛,不知足不能成佛,所以他住在知足天。知足天的壽命盡了,壽命到了,他就下到人間來成佛,兜率是知足的意思。菩薩最後要成佛,要怎樣知足?表現、表演的知足,這就成佛了。在人間成聖成賢,知足就是聖賢。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十八集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0018

 

 

 

 

Konfusius adalah insan yang tahu merasa cukup, bahagia tiada bandingnya! Patut diketahui Konfusius merupakan rakyat biasa, tidak punya kedudukan, beliau pernah menjabat sebagai petinggi Kerajaan Lu selama tiga bulan saja, lalu mengundurkan diri. (Zaman dulu wilayah Tiongkok terbagi menjadi kerajaan-kerajaan kecil).

 

Konfusius tidak memiliki kedudukan juga tidak memiliki kekayaan, lantas mengapa beliau diberi gelar sebagai insan suci? Oleh karena tahu merasa cukup. Insan yang senantiasa merasa cukup dan mampu mewujudkan hal ini hingga sempurna, disebut sebagai Suciwan Agung; beliau juga disebut insan bijak, apapun tidak didambakan, tidak memiliki nafsu keinginan.

 

Insan suci dan bijak hidup di dunia ini menuruti jodoh apa adanya, serupa dengan Buddha dan Bodhisattva, menuruti jodoh dan tidak memaksakan kehendak.

 

Kami tidak pergi mencari orang lain, oleh karena memohon pada orang lain, urusan sulit terwujud, lain halnya kalau orang lain yang datang mencariku, maka urusan pun jadi mudah diwujudkan.

 

Sepanjang hidup kami selalu menuruti jodoh apa adanya, tidak pernah memaksakan kehendak. Memaksakan kehendak adalah hal yang sangat merana, harus memohon pada orang lain, kalau memohon pada orang lain harus melihat suasana hati orang lain, tidak mudah diwujudkan, walaupun terpaksa dikerjakan juga akan menyisakan setumpuk masalah belakangan, jadi buat apa!

 

Maka itu sepanjang hidup saya lalui dengan begitu bebas tanpa beban, apa alasannya? Seumur hidup tidak menyelenggarakan kegiatan apapun, jika saya memiliki banyak urusan maka ini sungguh merepotkan.

 

Mengapa saya tidak menyelenggarakan apapun? Saya tidak memiliki pahala, hal ini saya mengerti dengan jelas. Jika ingin menyelenggarakan sesuatu harus punya pahala, oleh karena anda butuh dukungan dari banyak orang, harus punya banyak kaki tangan.

 

Sementara itu diriku ini hanyalah seorang diri, tidak punya kaki tangan, tidak ada orang yang datang membantu. Saya dapat mengamati suatu hal secara lebih jelas dibandingkan dengan dirimu, apa alasannya?

 

Pikiranku lebih tenang dan jernih, tidak serumit dirimu, maka itu saya mampu mengamati sesuatu hal dengan lebih jelas daripada dirimu, saya memahami caranya, memahami kebenaran, saya mengerti bahwa diriku tidak memiliki kemampuan untuk menyelenggarakan suatu kegiatan, oleh karena saya tidak memiliki personil.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

孔子知足,快樂無比!要知道,孔子是平民身分,沒有爵位,他做魯司寇只三個月就下台了。那個時候司寇是什麼?那時候一個國家還沒有現在一個縣大,小國。諸侯,縣市長就是諸侯,就是國王。司寇就是警察局長,這個小城市裡頭的警察局長,孔子幹過這個事情,幹過三個月就下台了。他沒有爵位,他是平民,在社會上他沒有地位,他又沒有發財,沒有財富,他為什麼成為聖人?知足。圓滿的知足就是大聖;他也很能知足,這就是賢人,他什麼都不求,他沒有欲望。

 

聖賢在這個世間都是隨緣,跟佛菩薩一樣,隨緣而不攀緣。我們不找別人,找別人事情難辦,人家來找我,事情就好辦。我們一生都是隨緣,從來沒有攀緣過的。攀緣很苦,要求人,要看人臉色,不好做,做事情後遺症一大堆,何必!所以我一生很自在,為什麼?一生不做事,做事就有麻煩。為什麼不做事?我沒有福報,我自己清楚。做事情要有福報,為什麼?你底下有那麼多人幫助你做。我們孤家寡人,沒有手足,沒有人幫助。湯池,過去做了一點小事,搞了三年,那是什麼?那是臨時湊的班子,我沒有班底,臨時湊集的。你問我,我能想得到,為什麼?我比你冷靜,我沒有你那麼複雜,所以我看東西看得比你清楚。我懂得方法、懂得道理,我沒有能力去做,就是我沒有人幫助我做,我手下沒有人。一個祕書,悟梵法師走了,我現在一個祕書都沒有。現在怎麼樣?不要了,大概她走了是叫我,還沒丟乾淨,你這給它丟乾淨。丟乾淨是什麼?我一生就講一部《無量壽經》,所以不要祕書了。如果我講別的還要準備,我不搞了,我就這一部經講到底。活一年講一部,一年講一部,其他的什麼都不搞了。我走到哪裡,經本就這一套,帶著就走了。所以我不需要人照顧我,多自在!

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十八集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0018