Rabu, 15 Juni 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Januari 2013 (Bgn 3)

 

  

Meskipun kita bersungguh-sungguh melatih diri, tidak menciptakan karma buruk, namun tabiat buruk itu masih ada, tidak dapat dilenyapkan. Harus bertobat dengan bersungguh-sungguh, tiap hari melakukan namaskara, tabiat bukanlah bisa disingkirkan begitu saja, tanpa disadari dia bisa kumat lagi.

 

Tiap hari melakukan namaskara minimal juga 300 kali, demi hal ini, bertobat atas rintangan karma. Jika niat pikiran yang timbul masih mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, masih ada ketamakan, kebencian dan kedunguan, apa yang harus dilakukan?

 

Fokuskan pikiran pada lafalan Amituofo, meskipun kenyataannya putus sambung putus sambung, kurun waktu putus lebih panjang, kurun waktu sambung lebih pendek, keterampilan tidak efektif, tidak punya kepastian terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Master Yin Guang mengajarkan kita sebuah cara, cara ini beliau gunakan dan ternyata efektif, sekarang mewariskannya kepada kita, setiap hari menatap aksara “=si=mati”.

 

Beliau menempel aksara ini di belakang rupang Buddha, di tembok, setiap hari memandang rupang Buddha sekaligus akan tampak aksara mati, mengingatkan diri sendiri, hidup ini tidak kekal, hari ini saya akan meninggal dunia, hal apa yang paling penting bagi diriku saat ini? Tentu saja melafal Amituofo, urusan lainnya jangan ikut campur lagi.

 

Sepanjang hayatnya, pelatihan diri Master Yin Guang jadi efektif, adalah menggunakan cara ini. Hal lainnya adalah khayalan semu, satu-satunya hanyalah Alam Sukhavati yang nyata adanya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Januari 2013

 

「今經彌陀大願曰:來生我剎,不復更墮惡趣。是真實之杜惡趣也」。我們縱然幹,縱然認真修行,不造惡了,惡的習氣在,習氣斷不了。要認真懺悔、要每天磕大頭,不是說斷就斷掉的,不知不覺的它又冒出來了。每天至少拜三百拜,就為這樁事情,懺悔業障。起心動念之處,還有自私自利、還有是非人我、還有貪瞋痴慢,怎麼辦?把心放在阿彌陀佛上,實際是斷斷續續,斷的時間長,續的時間短,功夫不得力,往生沒把握。印祖教給我們,他用這個方法得力,把這個方法傳給我們,每天看那個「死」字。他把這個字貼在佛像的背後,牆壁上,每天看到佛像就看到這個字,警惕自己,想到我今天就要死了,我今天起心動念什麼最重要?當然是念佛最重要,其他的不再過問,這就對了。印祖一生功夫得力處,就用這個方法。其他真是假的,唯有往生極樂世界是真的。

 

文摘恭錄二零一二淨土大經科註  (第一二0集)  2013/1/12  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0120

 

 

 

 

 

Para makhluk di enam alam tumimbal lahir, tidak ada satupun yang tidak memandang tubuh kasarnya sebagai mustika, tidak ada satupun yang tidak menyayangi tubuh kasarnya.

 

Semua makhluk dan diriku merupakan satu kesatuan, saya menyayangi diri sendiri tentunya juga dapat menyayangi orang lain. Namun hari ini, manusia tidak dapat mencintai manusia lainnya, apa alasannya?

 

Dia sendiri saja tidak dapat mencintai dirinya sendiri, bagaimana bisa mencintai orang lain? Mustika tulennya sesungguhnya adalah kebajikan sejati (kebajikan yang dimiliki oleh jiwa sejati), Lima jenis kebajikan ajaran Konfusius, Delapan Moralitas adalah kebajikan sejati, dia sendiri saja tidak sanggup mempertahankannya, dia tidak mencintai dirinya sendiri.

 

Di dalam Buddha Dharma, Sepuluh Kebajikan adalah kebajikan sejati, bukanlah diciptakan oleh sosok tertentu, juga bukanlah disampaikan oleh Buddha tertentu, namun Sepuluh Kebajikan sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati.

 

Sekarang dia telah melanggarnya, dia tidak mencintai dirinya sendiri, bagaimana dia bisa mencintai orang lain?

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Januari 2013

 

Mengenal Istilah Dalam Ajaran Konfusius :

http://komcit.blogspot.com/2014/10/mengenal-istilah-dalam-ajaran-konfusius.html

 

Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/11/sepuluh-kebajikan_20.html

 

 

「於諸眾生,視若自己,表同體之悲」。註解裡頭說,「人所寶愛,莫過自身」,六道有情眾生,沒有一個不把身看作寶,沒有一個不愛自己的身。把這種寶愛推廣,「今視眾生,如同自己,故能救度群生,心不暫捨」,這個心才能發得起來。一切眾生跟我同一體,我愛自己就能夠愛別人。所以今天,人不能愛別人,什麼原因?他不愛自己,這是真的,一點都不假。為什麼?他自身之寶是性德,五常、八德是性德,他自己守不住,他就是不愛自己。佛法裡面講十善業是性德,不是哪個發明的、不是哪一尊佛說的,自性本來就具足圓滿的十善。他現在完全違背了,不愛自己。不愛自己怎麼可以愛別人?

 

文摘恭錄二零一二淨土大經科註  (第一二0集)  2013/1/12  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0120