Sabtu, 21 Mei 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Desember 2012

 

 

Hari ini kita belajar Ajaran Buddha tidak memperoleh mukjizat dari Buddha, keterampilan melatih diri sendiri tidak efektif, hati hormat itu masih belum mencukupi.

 

Master Yin Guang berkata, “Dengan membangkitkan satu bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh satu bagian manfaat; dengan membangkitkan sepuluh bagian ketulusan dan rasa hormat memperoleh sepuluh bagian manfaat”, tanpa ketulusan dan perasaan hormat, dari mana datangnya manfaat?

 

Selama ini membaca Sutra dan penjelasan-nya, merupakan bentuk-bentuk pikiran diri sendiri, bukanlah kebijaksanaan sesungguhnya. Zaman dahulu orang memberi ceramah, bukanlah boleh bicara sembarangan, jika belum mencapai pencerahan, tidak memiliki kelayakan memberi ceramah, syaratnya sangat tinggi; tanpa mencapai penerangan sempurna, tidak boleh menghasilkan karya tulis.

 

Karya tulis insan zaman dulu, para anggota Sangha dan praktisi senior era tersebut telah membacanya, mereka menyetujuinya, barulah kemudian dilaporkan kepada kaisar, setelah mendapat persetujuan kaisar, barulah disimpan ke dalam “Tripitaka”.

 

Untuk masuk ke dalam Tripitaka harus melalui pemeriksaan ketat, barulah dapat diandalkan; yang tidak masuk ke dalam Tripitaka, berarti ada masalah di dalamnya.

 

Guru Li mengajarkan kita membaca penjelasan sutra adalah penjelasan karya insan zaman dulu, bukan karya orang masa kini, hasil karya orang masa kini tidak melewati proses pemeriksaan ketat.

 

Jika ada bagian kalimat yang tidak sanggup dipahami, lewati saja, hanya membaca dan tidak menjelaskannya, jika tidak tahu tidak boleh dipaksakan menjelaskannya, mengapa demikian? Bisa menyesatkan para makhluk, dosa ini sangat berat.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Desember 2012

 

我們今天學佛沒有得到佛的感應,自己修行功夫不得力,誠敬心不夠。印光大師常說,「一分誠敬得一分利益,十分誠敬得十分利益」,沒有誠敬心,利益從哪裡來?看到的經典、講解,都是自己的妄念,不是真實智慧。古時候人講經,不是隨便可以開口,沒有開悟,沒有資格講經,條件很高;沒有大徹大悟,不能夠著作。古人這些著作,當時高僧大德他們看過、他們認同,再報到皇帝那裡去,皇帝批准,收入《藏經》,叫入藏。所謂入藏就是經過嚴格審查的,決定可靠;沒有入藏的,這裡頭有問題。老師教我們看註解看什麼?古註,不看今人註解,今人沒有經過嚴格審核。古註看不懂了,找今人的註解,只看這一段,我這一段不懂,我找現在人做參考,只看這一段,幫助自己理解。實在不懂的念過去,不能強不知以為知,為什麼?誤導眾生,罪過很重。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第六十五集)  2012/12/11  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0065

 

 

 


Ini bukanlah sebuah hal yang gampang, Guru Li menyuruh kami memberi ceramah, manalah kami berani? Guru berkata, jika kalian tidak membangkitkan niat memberi ceramah, maka tidak ada lagi orang yang akan memberi ceramah, Buddha Dharma akan terputus.

 

Lantas harus bagaimana? Maka itu Guru mengajarkan kami sebuah cara, kami menceramahkan penjelasan Sutra. Penjelasan Sutra karya insan zaman dulu ditulis dalam Bahasa Mandarin Klasik, pelajari dengan seksama, lalu menyampaikannya dengan Bahasa Mandarin modern, serupa melakukan terjemahan.

 

Diri sendiri melatih diri hingga memiliki pengalaman, ada yang disadari, barulah boleh keluar memberi ceramah. Cara yang digunakan Guru Li ini, barulah kami berani memberi ceramah, berpedoman pada penjelasan sutra yang ditulis oleh praktisi zaman dulu.

 

Diantara banyak penulis, hanya boleh mengandalkan karya seorang penulis saja, jika mengambil sumber dua orang penulis, pandangan dua orang itu berbeda, pemikiran juga tidak sama, akan menimbulkan masalah. Maka itu membaca penjelasan Sutra hanya boleh bersumber dari seorang penulis saja, tidak boleh dari dua atau lebih. Inilah yang diajarkan Guru Li kepada kami.

 

Dalam keseharian harus perbanyak membaca Sutra, perbanyak membaca penjelasan Sutra, hal ini akan menambah pengetahuanmu, anda tahu bagaimana caranya memanfaatkan penjelasan sutra.

 

Kesimpulannya adalah satu prinsip, kalimat yang mendalam dijelaskan secara mendangkal, teks yang panjang dijelaskan secara ringkas, barulah dapat diterima oleh pendengar. Terlampau mendalam dan terlampau panjang akan membuat orang jadi takut, terlampau mendalam orang jadi tidak mengerti, jadi harus menyesuaikan dengan kemampuan penerima.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Desember 2012

 

  這個事情不是一樁容易事情,老師叫我們講經,我們怎麼敢?老師說,你們不發心講經,沒人講了,佛法斷了。那怎麼辦?所以老師教給我們的方法,我們不是講經,我們是講註解。古人的註解是文言文寫的,仔細去研究,用白話文把它講出來,就是做翻譯。自己真正修行有心得、有體會了,這就可以講。老師這個方法,我們才敢嘗試,全依古人的註解。古人註解裡頭只能依一個,他的體系就完整;兩個人,他兩個人看法、想法不一樣,會產生問題。所以註解只能依一家,不能找好多,找好多就變成大雜燴,不純,會講得別人莫名其妙。這都是老師教導的。平常要多看經,要多看註解,這是什麼?增加你的佛學常識,你知道怎麼去利用註解。總的一個原則,深的文字要淺說,長的文字要短說,才契機。太冗長了別人害怕,太深了人聽不懂,必得契機契理,這才叫正說。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第六十五集)  2012/12/11  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0065