Selasa, 04 Mei 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012 (Bgn 3)

 

 

Aliran Sukhavati merupakan upaya kausalya yang paling praktis dan mudah, yakni terletak pada sepatah nama Buddha. Di dalam hati tidak memikirkan kebajikan juga tidak memikirkan kejahatan, hanya mengingat dan melafal Amituofo, inilah yang disebut dengan Aliran Sukhavati.

 

Asalkan anda menempatkan Buddha Amitabha di dalam hati, maka hatimu akan bersinar terang, cobaan dan godaan apapun yang muncul di hadapanmu, anda dapat mengamatinya dengan sangat jelas dan dimengerti, sehingga mampu menanganinya dengan bijak.

 

Tanpa bimbingan Buddha Amitabha maka hal ini tidak dapat diwujudkan, tanpa bimbingan Buddha Amitabha maka kita akan menggunakan penafsiran diri sendiri, hal ini tentunya akan membawa masalah besar pada dirimu, bahkan mungkin saja malah menciptakan karma buruk yang sangat berat.

 

Maka itu mengapa kita perlu melafal sepatah Amituofo berkesinambungan tak terputus, di dalam hati selain ditaruh lafalan Amituofo, jangan ada lagi hal lainnya.

 

Hal pokok pertama yang harus kita lakukan adalah melafal Amituofo, yang kedua juga adalah melafal Amituofo, yang ketiga tetap adalah melafal Amituofo, maka anda pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Jika masih memiliki jodoh dengan para makhluk di dunia ini, maka menunggu hingga para makhluk bersedia kembali ke jalan yang benar, suka pada Buddha Dharma, suka pada Aliran Sukhavati, barulah kita kembali lagi ke dunia ini.

 

Jika dia masih juga belum jelas, maka terlebih dulu saya menyempurnakan diri sendiri, hal ini sangat penting adanya, bahkan lebih penting dari segala-galanya!

 

Di dunia ini segalanya menuruti jodoh apa adanya, hal yang bajik, yang dapat memberi manfaat bagi semua makhluk, menuruti jodoh apa adanya saja; sedangkan hal yang mengejar ketenaran dan keuntungan pribadi, saya takkan melakukannya, juga takkan ikut ambil bagian, apalagi ikut menghadirinya, lebih baik waktu yang ada digunakan buat melafal Amituofo.

 

Maka itu bagi orang lain, kita bukan merupakan rintangan baginya, sementara itu bagi diri sendiri membawa manfaat yang nyata. Jadi tujuan terlahir ke Alam Sukhavati bukanlah menikmati kesenangan, namun untuk mencapai KeBuddhaan dan menyelamatkan semua makhluk.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

  我們淨宗真的是方便當中的方便,它方便在哪裡?方便在一句佛號。心裡頭,就像六祖所說的,不思惡、不思善,善惡都沒有,只有阿彌陀佛,這就叫淨宗。你只要把阿彌陀佛放在心中,你心就放光,什麼境界到你面前,照得清清楚楚,你處理得非常妥善。沒有阿彌陀佛就不行了,沒有阿彌陀佛就變成自己的意識,自己的意識就會產生過錯,這個過錯帶給你很大的麻煩,說不定造很重的罪業,這都是非常有可能的。所以我們一句佛號念到底,心裡頭除阿彌陀佛之外,什麼都沒有。第一樁大事,念佛,第二樁大事還是念佛,第三樁大事依舊是念佛,你就成功了,到極樂世界去了。這個世界有緣,等到眾生回頭,喜歡佛法,喜歡淨宗了,我們再來。他還沒有搞清楚,我先成就自己,重要,比什麼都重要!世間一切事隨緣,好事,利益眾生的事情,隨緣;搞自私自利的事情,我們不搞,不參與,我們就念阿彌陀佛。所以於他也沒有妨礙,於自己得真實利益。所以不是到極樂世界享福,是到極樂世界去作佛去的,到那邊成佛,成佛是為度眾生,不是為別的。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十八集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0018

 

 

 


Jika ingin menjauhi kemelekatan pada tubuh jasmani ini, maka terlebih dulu jangan mengejar kesenangan pribadi, termasuk di dalamnya adalah ketenaran dan keuntungan, saya tidak mengejar ketenaran dan keuntungan.

 

Lantas apa yang saya inginkan? Saya memohon agar dunia ini damai sejahtera, memohon supaya semua makhluk dapat menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, mengerahkan segenap tenaga dan pikiran guna membantu mereka.

 

Kita dapat melihat cara apa yang digunakan para Buddha dan Bodhisattva dalam membantu semua makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan? Yakni dengan menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan.

 

Sang Buddha mengetahui bahwasannya segala bentuk penderitaan berasal dari kesesatan, segala jenis kebahagiaan berasal dari hati yang tercerahkan.

 

Kita sendiri juga ingin menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, kini kita telah tahu caranya, bagaimana cara kita menjauhi penderitaan? Yakni dengan menghancurkan kesesatan. Lantas bagaimana caranya saya memperoleh kebahagiaan? Yakni dengan mengembangkan pencerahan.

 

Cara apa yang digunakan para Buddha guna mewujudkan hal ini? Buddha menggunakan cara pengajaran. Hari ini kita belajar ajaran sutra, diri sendiri harus menguasainya terlebih dulu, barulah menyampaikannya kepada orang lain, begini barulah betul.

 

Andaikata masih berniat mengejar kesenangan, maka orang ini adalah dungu, tidak punya kebijaksanaan. Insan yang tidak mengejar kesenangan pribadi, mengorbankan diri sendiri demi memberi manfaat bagi umum, orang begini memiliki kebijaksanaan.  

 

Sebaliknya orang yang hatinya diliputi ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan dan kecurigaan, yang memiliki perbedaan dan kemelekatan, inilah yang disebut sebagai orang awam.

 

Dimanakah letak kesulitan orang awam? Tidak memahami makna sesungguhnya dari ajaran yang dibabarkan Tathagata, tidak memahami makna sesungguhnya yang terkandung di dalam Sutra, juga tidak memahami makna yang sesungguhnya dari mendengar ceramah Dharma, apa yang dia lihat dan dia dengar adalah menuruti pengertiannya sendiri, bukanlah makna sesungguhnya dari ajaran yang dibabarkan Tathagata. Mengapa demikian? Dia melekat pada rupa, inilah yang merupakan persoalan yang paling sulit.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

要遠離我心貪著自身,你先不求自樂,自樂裡頭包括名聞利養,我不求名聞利養。我們求什麼?只求天下太平,只求眾生離苦得樂,全心全力去幫助他們。我們看諸佛菩薩用什麼方法幫助眾生離苦得樂?他所用的是破迷開悟。佛知道一切苦從迷來的,一切樂是從覺悟來的。我們自己想離苦得樂,我們就知道了,我怎樣離苦?我破迷就離苦了;我怎麼會得樂?我開悟就得樂,我們知道了。佛用什麼手段,用什麼方法?佛用教學。佛對我們教學,我們今天把佛這兩個字翻過來,我們學教,自己先學,學會了教人,這就完全對了。

 

如果還求自樂,這個人愚痴,沒有智慧,這要懂。不求自樂的人,捨己為人的人,這個人有智慧。心有貪著,有貪瞋痴慢疑,有分別執著,這是凡夫。凡夫難在哪裡?不解如來真實義,經看不懂,也聽不懂,他所看的、所聽懂的是他自己的意思,不是如來真實義。為什麼?他著相,這是最難的一樁事情。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十八集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0018