Rabu, 28 April 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 November 2012 (Bgn 3)

 

 

Di dalam “Penjelasan Sukhavati-vyuhopadesa” disebutkan, “Bodhicitta tertinggi tiada taranya adalah hati yang bertekad mencapai KeBuddhaan. Hati yang bertekad mencapai KeBuddhaan adalah hati yang bertekad menyelamatkan semua makhluk. Hati yang bertekad menyelamatkan semua makhluk adalah hati yang menuntun semua makhluk membangkitkan tekad terlahir ke Negeri Buddha.” Beberapa kalimat ini sangatlah penting, hendaknya kita senantiasa mengulangi membacanya supaya dapat mengingatnya.

 

Apa yang dimaksud Bodhicitta tertinggi tiada taranya? Hati yang bertekad mencapai KeBuddhaan. Benar-benar berniat menjadi Buddha dan bukan memohon kekayaan.

 

Belajar Ajaran Buddha, jika tujuan anda adalah untuk menjadi orang kaya dan berkedudukan tinggi, hal ini sudah keliru! Dimana letak kesalahannya? Anda tidak mengetahui bahwa tumimbal lahir merupakan penderitaan, tidak memahami bahwa kesempatan untuk terbebas dari tumimbal lahir alangkah sulitnya diperoleh.

 

Kesempatan begini, seperti yang disebutkan di dalam “Gatha Pembukaan Sutra” sebagai “Meskipun melewati ratusan, ribuan bahkan puluhan ribu kalpa juga sulit bersua dengannya”.

 

Pada masa Dinasti Qing era pemerintahan Kaisar Qianlong, terdapat Upasaka Peng Ji-qing yang berkata bahwa hari ini anda dapat bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci merupakan hari yang langka dan sulit ditemukan selama kalpa yang tak terhingga.

 

Bagaimana anda dapat berjodoh bersua dengan Ajaran Sukhavati? Hari ini anda dapat bersua dengan Pintu Dharma ini, tahukah anda betapa besarnya berkah yang anda miliki, betapa besarnya jalinan jodoh yang anda miliki, apabila anda dapat menghargai dan menggenggamnya dengan erat, maka pada satu masa kehidupan ini anda pasti mencapai KeBuddhaan, terlahir ke Alam Sukhavati pasti menyempurnakan KeBuddhaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 November 2012

 

Gatha Pembukaan Sutra :

http://semerbaksukhavati.blogspot.co.id/2017/08/gatha-pembukaan-sutra.html

 

 

《往生論》註解裡頭說,「此無上菩提心,即是願作佛心。願作佛心,即是度眾生心。度眾生心,即攝取眾生生有佛國土心。」這幾句話非常重要,我們要多念幾遍把它記住。無上菩提心是什麼心?作佛的心。真正發心作佛,不要做富貴人。學佛,你這一生的目標是做大官、發大財,錯了!錯在哪裡?你不知道輪迴苦,不知道脫離輪迴機會是多麼難得。這種機會,開經偈上說的是普通一般講的,「百千萬劫難遭遇」。清朝乾隆年間彭際清居士告訴我們,專講這個法門,你能夠遇到淨土,那是無量劫來稀有難逢的一天,你怎麼會遇到?你能遇到這個法門,你知道這是多大的福分,是多麼大的因緣,你能夠掌握住,你這一生就作佛去了,往生到極樂世界就是作佛。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十七集)  2012/11/8  斯里蘭卡  檔名:02-040-0017

 

 

 

 

Membangkitkan Bodhicitta adalah membulatkan tekad mencapai KeBuddhaan, Saya harus menjadi Buddha. Mengapa harus menjadi Buddha? Menjadi Buddha menyelamatkan semua makhluk.

 

Dengan perkataan lain, mencapai KeBuddhaan bukan demi kepentingan dan keuntungan pribadi, namun demi menyelamatkan semua makhluk, membantu semua makhluk menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan.

 

Cara yang digunakan para Buddha dan Bodhisattva adalah dengan pendidikan, Buddha Sakyamuni memberikan teladan terbaik buat kita semuanya, sepanjang hayatNya menekuni bidang pengajaran.

 

Di dalam Sutra tidak pernah tampak Buddha Sakyamuni mengambil cuti meskipun cuma sehari, tiap hari menekuni pekerjaan mengajar! Sama halnya pula dengan diri kami, setiap hari memberi ceramah, namun tidak sebanding dengan Buddha, selain beristirahat di tengah malam (hanya beberapa jam saja), siang malam mengajar tanpa henti, hal ini tidak sanggup kami wujudkan.

 

Jika dapat memberi ceramah 8 jam sehari, maka ini sudah terhitung lumayan, sedangkan kami hanya sanggup mewujudkan 1/3 bagian saja, yakni sehari hanya bisa memberi ceramah 4 jam lamanya, sisanya 2/3 waktu tersebut terlewatkan begitu saja, hanya bisa menangkap 1/3 bagian waktu saja.

 

Di dalam lingkungan nyata kita sekarang ini sudah terhitung lumayan, sudah sangat tekun, mana berani timbul niat pikiran buruk? Mana berani timbul pemikiran yang tidak benar?

 

Bagaimana caranya menyelamatkan para makhluk? Lihatlah para Buddha dan Bodhisattva dalam menyelamatkan para makhluk, cara apa yang digunakan? Yakni dengan membabarkan sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas) tanpa henti-hentinya, menasehati para makhluk supaya membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 November 2012

 

發菩提心就是發願作佛,我要作佛。為什麼要作佛?作佛就是普度眾生。換句話說,作佛不是自私自利,是廣度眾生,幫助一切苦難眾生破迷開悟。諸佛菩薩用的手段是教育,釋迦牟尼佛給我們做的是最好的模範,一生從事於教學工作。沒有在經典上看到釋迦牟尼佛哪一天放假,沒有,沒看到過放假,天天幹!我們也天天幹,比不上佛陀,佛陀除了中夜休息之外,他功夫沒有間斷,教學沒有間斷,這個我們比不上。我們今天能做到八個小時就算很不錯了,八個小時是三分之一,一天二十四個小時,那我們三分之二的時間空過,只抓到三分之一的時間。這在我們現實環境來說就算很不錯、很精進,怎麼敢有錯誤的念頭?怎麼敢有不正的思想?

 

怎麼度眾生?你看看諸佛菩薩度眾生,他用什麼方法?都是講這部大經,不斷的講,都是求生西方極樂世界。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十七集)  2012/11/8  斯里蘭卡  檔名:02-040-0017

 

 

 


Bagaimana caranya menyelamatkan para makhluk? Lihatlah para Buddha dan Bodhisattva dalam menyelamatkan para makhluk, cara apa yang digunakan? Yakni dengan membabarkan sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas) tanpa henti-hentinya, menasehati para makhluk supaya membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati. Mengapa demikian?

 

Itu adalah Negeri Buddha, kita harus mengantar setiap insan ke tempat yang ada Buddha membabarkan Dharma, begini barulah betul.

 

Jika anda mengantarkan seseorang ke tempat yang tidak ada Buddha membabarkan Dharma, manalah boleh, jadi pastinya harus mengantarkannya ke Negeri Buddha.

 

Maka itu semua Buddha memilih Alam Sukhavati, apa alasannya? Menilik sejarah Alam Sukhavati, semasa Buddha Amitabha masih menjadi Bhiksu Dharmakara, Beliau mengikrarkan tekad, dengan timbunan jasa kebajikan selama lima kalpa, untuk mewujudkan dan memwibawakan Alam Sukhavati, andaikata saya sudah benar-benar mengerti, benar-benar telah memahami, barulah benar-benar salut hingga lima titik tubuh menyentuh lantai (namaskara), membulatkan tekad mendekatkan diri dan berguru pada Buddha Amitabha.

 

Setelah kita berhasil nanti, harus membawa semua makhluk ke Alam Sukhavati, di Alam Sukhavati meraih keberhasilan sempurna, menemukan kembali jiwa sejati, menemukan kembali jiwa sejati mencapai KeBuddhaan.

 

Inilah bentuk Dharma Dana sepanjang masa dari Buddha Sakyamuni kepada kita semuanya, hendaknya setiap insan dapat membangkitkan keyakinan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 November 2012

 

怎麼度眾生?你看看諸佛菩薩度眾生,他用什麼方法?都是講這部大經,不斷的講,都是求生西方極樂世界。為什麼?那是個有佛的國土,我們一定要把人帶到有佛講經教學的地方,這就對了。你帶到那個地方去沒有佛,這不行,一定要帶到有佛的國土。所以一切諸佛都選極樂世界,為什麼選極樂世界?極樂世界的歷史,阿彌陀佛在因地做比丘時候發願,五劫修行功德莊嚴成就的極樂世界,我如果真明白、真了解了,這才真正佩服得五體投地,我們要親近他。我們將來有了成就,也要帶一切眾生都到極樂世界,在極樂世界真正成就,明心見性、見性作佛。所以極樂世界,這裡頭理事、性相、因果,都要搞清楚、搞明白。這一點世尊都做到了,這是世尊對我們真實、究竟、永恆的布施,我們要真信。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十七集)  2012/11/8  斯里蘭卡  檔名:02-040-0017