Para rekan praktisi yang melatih metode Tanah Suci hendaknya mengingat, kita harus menaati ajaran Sang Buddha, memfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan, melatih diri berpedoman pada “Sutra Usia Tanpa Batas”, satu judul Sutra, satu nama Buddha. Mengapa demikian?
Tujuan dari melatih diri adalah memutuskan kekotoran batin, kalau belajar terlampau banyak ragam, kekotoran batin tidak dapat disingkirkan; belajar satu macam saja, mudah mencapai samadhi, mudah memutuskan kekotoran batin.
Jangan sampai mengacaukan hati dan pikiran, jangan sampai pikiran terpencar, inilah yang paling ditakutkan. Begitu hati jadi kacau, takutnya pada satu masa kehidupan ini tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, tujuan kita melatih diri pada satu masa kehidupan ini tidak tercapai.
Lebih baik seorang Oma yang siang malam hanya tahu melafal Amituofo, pada akhirnya berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, menampilkan fenomena istimewa, sehingga anda yang menyaksikannya jadi salut, anda tidak sebanding dengannya.
Tempo dulu saya juga mempelajari beraneka ragam sutra dan sastra, oleh karena tidak tahu, tidak mengerti, sekarang segalanya sudah jadi jelas dan dimengerti, cepat-cepat melepaskan segala kemelekatan.
Master Lianchi dan Master Ouyi juga serupa halnya, saat masih muda memperkaya ilmu, menghasilkan banyak karya tulis, setelah mengenal Ajaran Tanah Suci, jadi tercerahkan, menyadari jalan yang ditempuh sebelumnya sudah salah, belajar terlampau banyak ragamnya, sehingga memboroskan banyak tenaga, semangat dan waktu.
Sama halnya pula dengan diri kami, tempo dulu meskipun Guru Li memberi petunjuk, tetapi kami masih juga tidak percaya, maka itu mengapa metode ini disebut sebagai Pintu Dharma yang sulit dipercaya, kami menyadarinya dengan sangat mendalam, oleh karena kami sendiri juga telah melewati rintangan yang satu ini, sulit dipercaya!
Waktu itu Master Chan Yun menasehatiku, saya tidak menurutinya; Guru Li berulang kali menasehatiku, saya juga tidak menerimanya. Setelah belajar Buddha Dharma selama 30 tahun, perlahan-lahan terhadap Pintu Dharma ini barulah ada secuil keyakinan, tidak meragukannya lagi, tetapi tabiat memperkaya ilmu itu masih sangat berat, masih saja tidak sanggup melepaskan kemelekatan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Januari 2013
我們修淨土的同學要記住,我們要遵守佛陀的教誨,一心專念阿彌陀佛,修行全依《無量壽經》,一部經,一句佛號。為什麼?修行的目的是斷煩惱,學太多了,煩惱斷不掉;學一樣,容易得定,容易斷煩惱。不要把心搞亂了,不能把心搞雜了,最怕的就是這個。心一亂,心一雜,怕的這一生不能往生,我們這一生修行的目的達不到,這就錯了。不如一個老太婆,一天到晚念阿彌陀佛,最後往生極樂世界,瑞相稀有,叫你看到生羨慕,你不如她。我們不能幹這個事情!以前也學了不少經論,不知道,不明白,現在搞清楚、搞明白了,趕快放下。蓮池大師、蕅益大師都是這樣示現的,年輕的時候廣學多聞,著作很多,真正認識淨土之後,恍然大悟。這個大悟不是明心見性,大悟是自己以前路子走錯了,學得那麼多,把精力、精神、時間統統浪費了。如果一開頭就一心專注,決定生實報土。我們也是一樣,以前人雖然有老師提示,不相信,所以我們對這個經典上講這個法門叫難信之法,我們體會得很深,因為我們自己就通過這一關,難信,真難信!懺雲法師勸我,我沒聽;李老師勸了多少遍,也沒有接受。學佛差不多三十年,講經教學超過二十多年,慢慢對這個法門才有了一點信根,不懷疑了,但是對於廣學多聞的習氣很重,還是放不下。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第一0六集) 2013/1/4 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0106
Menurut Master Zhangjia, tidak sanggup melepaskan kemelekatan dikarenakan anda belum benar-benar memahami, jika sudah memahaminya, mana ada alasan tidak sanggup melepaskan kemelekatan!
Nasehat Master Zhangjia ini sangat berguna. Oleh karena orang yang berusia muda selalu merasa dirinya sudah paham, padahal selama belum sanggup mengamalkan berarti belum paham.
Tidak berbakti pada Ayahbunda, berarti terhadap aksara “Bakti” ini, belum dipahami. Menghormati guru dan menjunjung ajaran, tidak dilaksanakan, apa sebabnya? Tidak paham.
Hanya tahu mendengar, juga tahu menyampaikannya kepada orang lain, kabur dan tidak jelas, apa yang disampaikannya tidak jelas, yang mendengarnya juga tidak jelas, mengapa demikian? Belum pernah melewati pengujian.
Jika benar-benar mampu mengamalkannya, inilah yang disebut telah melewati pengujian. Setelah benar-benar dapat mengamalkannya, hendaknya diceritakan keluar untuk berbagi dengan orang lain, saat itu rasanya pasti tidak sama.
Teori yang sama, tetapi mengapa yang disampaikan Sang Buddha, semua orang dapat meyakininya, sedangkan yang disampaikan oleh orang lain, tidak ada yang percaya, apa sebabnya?
Oleh karena Buddha telah melewati pengujian ini, Beliau mampu mengamalkannya, kata-kata yang diucapkanNya mengandung kekuatan penuntun, dapat menggugah hati manusia.
Umumnya orang bisa berteori tetapi tidak mampu melaksanakannya, tidak memiliki kekuatan penuntun, orang lain yang mendengarnya timbul keraguan. Pelaksanaan, adalah pengujian di dalam pintu Buddha.
Pencapaian, teori dan pengamalan telah menyatu, inilah yang disebut sebagai pencapaian. Saya melakukan sebagaimana mestinya, mengetahui bahwa ini benar adanya, ini adalah kebenaran, hendaknya melakukannya sedemikian rupa.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Januari 2013
用章嘉大師的標準,放不下就是你沒有真懂,真正懂了,哪有不放下的道理!章嘉大師這個教誨非常有受用。因為年輕人每每都以為我懂了,我明白了,只要沒有做到就是沒懂。孝順父母沒做到,對這個孝順不懂。尊師重道我沒做到,什麼原因?對這句話沒懂。只是聽了,也會講,含糊籠統,講不清楚、講不明白,為什麼?沒有通過實驗。真正做到了,那是實驗。真正做到之後講出來,味道不一樣。同樣是一句話,佛口裡說出來的大家相信,一般人口裡說出來的沒人相信,什麼原因?佛是通過實驗,他做到了,他那個話有攝受力,能感動人心。一般人雖然會講,沒做到,沒有攝受力,別人聽了生懷疑。行,就是佛門的實驗;證,你的行跟你的知合而為一,這就是證。我真正這樣做,知道這是真的,這是真理,這是應該要這麼做的。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第一0六集) 2013/1/4 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0106
Hari ini siapa yang dapat meyakini? Siapa yang dapat memahami? Siapa yang dapat mengamalkan? Jika menggunakan standar ini untuk mengukur siswa Buddha, maka yang sesuai dengan standar ini jumlahnya tidak banyak.
Master Zhangjia menyerahkan standar ini kepada diriku, saya menyampaikannya kepada kalian, setiap saat menggunakan standar ini untuk mengukur diri sendiri, jangan mengukur orang lain.
Jika digunakan untuk mengukur orang lain, maka hatimu telah menyimpang. Mengukur diri sendiri barulah betul, tiap hari menggunakan standar ini untuk memperbaiki diri, tidak boleh sesat.
Keyakinan benar, pengetahuan benar, pandangan benar, pelaksanaan benar, begini barulah betul. “Keyakinan, pemahaman, pengamalan, pencapaian”, standar ini secara keseluruhan berpedoman pada “Sutra Usia Tanpa Batas”, kita menggunakan versi rangkuman Upasaka Xia Lian-ju.
Versi rangkuman ini sangat bagus, yang dirangkum dari lima jenis versi terjemahan, merupakan buku Sutra yang paling sulit diperoleh, kita harus mengenalinya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 4 Januari 2013
今天誰能信?誰能解?誰能行?用這個標準來衡量佛門弟子,與這個標準相應的人就不多了。章嘉大師把這個標準給我們,給我,我說給大家聽,就是給大家了,時時刻刻用這個標準衡量自己,不要去衡量別人。衡量別人,你全錯了,你的心都歪了,都偏了。衡量自己,衡量自己就對了,天天依照這個標準來修行修正,不能偏、不能邪。正信、正知、正見、正行,這就對了。信解行證的標準完全依照《無量壽經》,我們今天依夏蓮老的會集本。這個本子好,五種原譯本裡頭字字句句都在其中,最難得的好本子,我們要認識它。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第一0六集) 2013/1/4 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0106