Minggu, 27 Juni 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012 (Bgn 14)

 

  

Keseluruhan alam semesta beserta isinya ibarat mimpi dan khayalan semu. Sutra Intan mengumpamakan-nya sebagai “Segala sesuatu yang mengalami proses muncul, berlangsung dan lenyap, adalah bagaikan mimpi, khayalan, gelembung air dan bayangan, juga bagaikan embun dan kilat”, ini membahas tentang kecepatannya, “Hendaknya melakukan perenungan sedemikian rupa”, apabila anda memandang keseluruhan alam semesta seperti ini, maka anda telah memiliki mata Buddha, pengetahuan Buddha, pandangan Buddha, para Buddha Tathagata, Bodhisattva Dharmakaya, pandangan Mereka adalah sedemikian adanya.

 

Pandangan kita adalah menganggap semua hal adalah nyata adanya, padahal sudah keliru, kita mesti melepaskan pandangan keliru diri sendiri, bersedia menerima pandangan orang lain, hendaknya dalam kehidupan keseharian melatihnya, memandang segala sesuatu ibarat mimpi, khayalan, gelembung air dan bayangan.

 

Hari ini anda memperoleh kekayaan sejumlah seratus juta, satu miliar, hanyalah sebuah mimpi, setelah bangun apapun tidak ada. Maka itu apapun yang diperoleh, anda takkan merasa kegirangan, saat kehilangan juga takkan merasa kecewa sama sekali, menyadari itu adalah semu dan bukan nyata.

 

Lantas apa yang merupakan kenyataan yang sesungguhnya? Kenyataannya adalah tidak muncul dan tidak lenyap, tidak ada muncul dan lenyap.

 

Maka itu bukan ada juga bukan tidak ada, tidak bisa dikatakan benda itu ada, dia sedang bermimpi; juga tidak bisa dikatakan tidak ada, di dalam mimpinya ada fenomena tersebut, jadi harus melepaskan kedua sisi, ada dan tidak ada.

 

Menjauhi kata-kata dan memutuskan segala pemikiran, kondisi batin ini tidak berdaya diungkapkan keluar, bukan saja tidak berdaya diucapkan keluar, namun juga tidak berdaya dibayangkan, lebih baik tidak dipikirkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

「順理發心。信解諸法,皆如幻夢,非有非無,離言絕慮」。這他相信、他理解,諸法就是一切法,整個宇宙萬事萬物就像幻夢一樣。《金剛經》上比喻的,「一切有為法,如夢幻泡影,如露亦如電」,這是說它的快速,「應作如是觀」,你要這樣子看法,看整個宇宙,那你就是佛眼、佛知、佛見,諸佛如來、法身菩薩他們看法是這樣。我們看法以為是真的,錯了,他們看法是真的。我們要把我們錯誤的看法放下,要接受他的看法,要在日常生活當中去訓練、去鍛鍊,看一切法夢幻泡影。今天你得財富,你得了一個億、十個億,一場夢,醒過來什麼都沒有。所以你得到什麼你不會生歡喜心,失去什麼你不會有一點懊惱,假的,不是真的。實相是什麼?實相是不生不滅,沒有生滅。所以非有非無,不能說它有,他作夢;不能說它無,他夢中有境界,有無二邊也放下了。離言絕慮,這個境界說不出來,不但說不出來,慮是想,也無法想像,乾脆就別想了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十九集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0019

 

 

 


Menjauhi kata-kata dan memutuskan segala pemikiran, kondisi batin ini tidak berdaya diungkapkan keluar, bukan saja tidak berdaya diucapkan keluar, namun juga tidak berdaya dibayangkan, lebih baik tidak dipikirkan.

 

Hari ini yang jadi beban derita kita adalah kita mengetahui pokok persoalannya, tetapi kekotoran batin dan tabiat terlampau berat, tidak sanggup memutuskannya. Lantas bagaimana?

 

Di sini diajarkan supaya kita menjauhi kata-kata dan memutuskan segala pemikiran, kita menjauhi kata-kata, memfokuskan diri melafal Amituofo; kita memutuskan segala pemikiran, memfokuskan diri memikirkan Buddha Amitabha, dengan demikian pelatihan diri dapat berhasil.

 

Nama Buddha ini dilafal untuk jangka waktu yang lama, nama Buddha ini jika direnungkan untuk jangka waktu yang lama, maka dia akan efektif, menimbulkan efek yang tidak terbayangkan.

 

Efek apakah itu? Alam Sukhavati muncul di hadapan, Buddha Amitabha hadir di hadapan, anda dapat melihat semua pemandangan ini, anda berhasil menemukannya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

離言絕慮,這個境界說不出來,不但說不出來,慮是想,也無法想像,乾脆就別想了。我們今天所苦的,事情知道,但是煩惱習氣太重,真的斷不了。那怎麼辦?這個地方教給我們離言絕慮,我們離一切言,專言阿彌陀佛;我們絕一切想,專想阿彌陀佛就行,就能成功。這句佛號念久了,這個佛號想久了,它就起作用了,起不可思議的作用。這個作用是什麼?極樂世界現前,阿彌陀佛現前,你看到、你見到了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十九集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0019

  


 


Di dalam penjelasan sutra karya tulisnya, Upasaka Huang Nianzu mengucapkan, “Meskipun bertekad menyelamatkan para makhluk yang tak terhingga, namun tidak ada pemikiran telah berjasa menyelamatkan insan lain”, lihatlah alangkah sucinya hati beliau.

 

Dengan perkataan lain, kita melakukan perbuatan baik, usai itu nama kita akan diabadikan atau diukir, apakah perlu begini? Perlu juga. Apa alasannya?

 

Untuk diperlihatkan kepada orang lain, memotivasi orang lain. Terhadap diri sendiri? Tidak perlu, di dalam hati sendiri tidak ada jejak sama sekali. Terhadap orang lain, menjadi motivasi bagi dirinya, oleh karena dia masih merupakan orang awam, masih memiliki perbedaan dan kemelekatan, jadi hal ini menimbulkan dampak positif bagi dirinya.

 

Demikian pula dengan sisi negatifnya juga bisa menimbulkan efek yang berguna, setelah melakukan kesalahan, dia jatuh ke Neraka, perumpamaan ini juga dapat diperlihatkan kepada dirinya agar dia meningkatkan mawas diri.

 

Kedua hal ini bermanfaat dalam mendidik murid, sementara itu diri sendiri tidak boleh ada kemelekatan sama sekali, selama masih ada kemelekatan, anda telah keliru.

 

Sudah berapa banyak amal yang saya lakukan, tapi orang lain malah tidak memuji diriku, jadi buat apa saya melakukannya? Apakah anda merasa telah berbuat baik? Sesungguhnya sebutir kebajikan pun tidak ada, cobalah anda pikirkan secara seksama.

 

Mengapa dikatakan sebutir kebajikan pun tidak ada sama sekali? Jika berbuat baik lalu ingin dipuji orang lain, ini bukan namanya amal lagi, hal ini harus dipahami.

 

Mengapa dikatakan bukan perbuatan baik? Hatimu tidak suci, masih mendambakan pujian, terhadap popularitas, anda masih belum melepaskannya, kemelekatan tidak disingkirkan.

 

Bagaimana pun anda melatih diri, tetap saja tidak terlepas dari enam alam tumimbal lahir. Melakukan perbuatan baik, memberi manfaat bagi para makhluk, membuahkan kelahiran di tiga alam bajik; sebaliknya melakukan hal yang mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, membuahkan kelahiran di tiga alam sengsara, mesti diketahui ini bukanlah tujuan dari Buddha Dharma.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

  念老註解裡頭底下說,「雖願皆度無量有情,而不存能度所度」,你看人家心多清淨。換句話說,我們做一切好事,我們還要把它記住,還要保存著記錄,有沒有這個必要?有。為什麼?給別人看的,鼓勵別人。對自己?不要,自己心裡頭痕跡都不著,這叫無願三昧。對別人做鼓勵的作用、做教化作用,因為什麼?他還是凡夫,他還有分別執著,這個對他起作用正面的,不是負面的。真的負面也起作用,做的過失,犯了一些錯誤他墮到地獄,也能把這個例子給他看,讓他警惕。這在教學上教學生的,自己可不能有絲毫執著,有絲毫執著你錯了。我做多少好事,別人都不讚歎我,我幹它幹什麼?你有沒有做好事?一樁好事都沒做,你仔細想就知道了。為什麼一樁好事都沒做?好事是要人讚歎的,這就不是好事了,這個道理要懂。為什麼不是好事?你心不清淨,你還貪圖讚歎,你的名利沒放下,你的情執沒放下,你怎麼樣修你都是在修六道輪迴。做一些好事,利益眾生事,三善道;如果是自私自利的事情,三惡道,這個一定要知道不是佛法。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十九集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0019