Minggu, 29 Mei 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Desember 2012 (Bgn 2)

 

 

Terhadap segala godaan, tetap terfokus tak tergoyahkan, asalkan tidak timbul niat pikiran maka anda akan selamat sentosa, jika ada sedikit saja riak di hatimu, maka anda akan gagal, mara jadi pemenangnya.

 

Yang namanya musuh kerabat itu memiliki pengertian yang luas, mereka berada di sekeliling kita, ada yang berniat baik, ada pula yang berniat jahat, namun akhirnya juga adalah mara.

 

Yang berniat baik adalah yang datang memberi persembahan padamu, menjagamu, sehingga anda timbul kemelekatan pada perasaan, inilah mara. Yang berniat jahat adalah berusaha memikatmu, merusak pelatihan dirimu, takkan membiarkan dirimu berhasil.

 

Lihatlah cara yang sama, hanya niat yang berbeda, maka itu tak peduli jodoh baik atau buruk, kondisi yang lancar atau tidak, harus memiliki kemampuan untuk membedakannya.

 

Kalau anda jelas maka takkan kebingungan, menerima ditempa cobaan, merupakan hal yang bagus, menyempurnakan pelatihan diri sendiri; sebaliknya jika malah digoyahkan oleh kondisi tersebut, anda telah gagal, masa depanmu tidak berani dibayangkan lagi.

 

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Desember 2012

 

「又《智度論》云:菩薩智慧力故,大破魔軍。」所有一切誘惑都如如不動,你不動就沒事,你心裡稍稍動搖,你就敗了,魔就勝了。「則顯菩薩慧力」,前面是講的菩薩定力,《西域記》講菩薩定力,《智度論》講菩薩慧力。「以定慧力,降伏魔怨,怨指怨家」。怨家的意思很廣,我們學佛,四周圍都是,有的是好意,有的是惡意,但是結果?結果都是魔。好意,來供養你、來照顧你,讓你生起情執,讓你生起貪愛,這是魔;惡意的時候是用這種手段來誘惑你,破壞你的修行,不讓你成就。你看,方法是一樣的,用心不一樣,這就是無論善緣惡緣、順境逆境,要有能力辨別。你清楚、不迷,接受它的磨鍊,好事情,成就自己道業;稍稍被境界動搖,你就敗了,那個前途是不堪設想。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第八十四集)  2012/12/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0084

 

 

 

 

Semakin banyak keinginan semakin banyak mara, jika anda tidak memiliki nafsu keinginan, cara apapun takkan bisa membuatmu goyah. Anda suka harta, mara menggunakan harta untuk memikatmu; suka pada rupa, pakai rupa untuk memikatmu; jika anda takut, takut mati, maka dia akan menggertakmu, menggunakan beragam senjata untuk menggertakmu.

 

Pokoknya mencari kelemahanmu, selama anda memiliki kelemahan, maka mara punya cara untuk menghadapimu. Terkecuali anda tidak memiliki kelemahan apapun, harta, rupa, popularitas, makanan, tidur, ketenaran dan keuntungan, saya tidak berminat, maka mara tidak berdaya pada dirimu.

 

Maka itu pokok persoalannya terletak pada nafsu keinginan, mara barulah punya kesempatan untuk mendekatimu. Jika manusia tidak memiliki nafsu keinginan lagi, mara pun tidak berdaya lagi; selama anda masih memiliki nafsu keinginan, maka mara punya peluang.

 

Tidak tergoyahkan oleh kondisi luar, barulah dapat mencapai KeBuddhaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Desember 2012

 

  欲多魔就多,你要是沒有欲望的話,什麼方法也不能動搖你。你貪財,用財來誘惑你;貪色,用色來誘惑你;你害怕,怕死,用威脅,用武力來威脅你。總是找你的把柄,你有把柄被他抓到,他就有手段來對付你。沒有把柄給人把住,我財色名食睡、名聞利養什麼都不要,他對你就一點辦法都沒有。所以根本還是個欲望,魔才得其便。人到什麼欲望都沒有了,魔看到也無可奈何,他就不會動手;你有欲望,他就對你動手。不為外境所動,這才能成道。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第八十四集)  2012/12/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0084

 

 

 

 

Dalam kehidupan keseharian hendaknya serupa dengan Buddha, apa yang dimaksud dengan belajar Ajaran Buddha? Dalam kehidupan keseharian tidak timbul niat pikiran disebut sebagai belajar Ajaran Buddha.

 

Saat menyantap makanan, apakah mengetahui rasanya? Kalau tidak tahu rasanya, anda adalah orang-orangan kayu, sudah mati rasa; jika masih tahu rasanya maka anda adalah orang awam, mengapa demikian?

 

Anda membeda-bedakan dan melekat, yang ini enak rasanya, yang itu tidak enak, yang enak dimakan lebih banyak, timbul hati serakah. Lain halnya dengan Buddha dan Bodhisattva, mengetahui rasanya, tetapi tidak timbul niat pikiran, tidak membeda-bedakan dan tidak melekat, di sinilah letak keterampilannya.

 

Jadi melatih diri itu ada dalam kehidupan keseharian, apa yang dilatih? Melatih suci, setara dan tercerahkan. Suci, setara dan tercerahkan adalah Buddha Amitabha, Buddha Amitabha adalah suci, setara dan tercerahkan, pikiran kita difokuskan pada sepatah Amituofo.

 

Kalau ternyata pikiran anda berhasil ditumpukan pada sepatah Amituofo, maka makanan yang anda santap semuanya lezat rasanya, mengapa demikian? Niat pikiran telah mengubah lingkungan di luar, yakni lingkungan berubah menuruti perubahan niat pikiran.

 

Segala kebajikan dan keburukan semuanya berubah menjadi rasa istimewa yang menakjubkan, aroma Dharma menakjubkan tertinggi tiada taranya.

 

Hal ini tidak semu sama sekali, hanya saja kita sulit percaya, makanya dinamakan Dharma yang sulit dipercaya. Insan zaman dulu berkata, praktisi sejati melatih diri di mana? Yakni pada kehidupan keseharian, mengenakan pakaian dan menyantap makanan, memperlakukan orang lain dan menangani urusan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Desember 2012

 

日常生活要跟佛一樣,怎麼叫學佛?生活當中不起心不動念就是學佛,真修。吃飯,知不知道味道?不知道味道你是木頭人,你麻木不仁,你有病了;知道味道你是凡夫,為什麼?你分別執著,這個好吃,那個不好吃,好吃多吃一點,起貪心。佛菩薩知道,不起心不動念、不分別不執著,功夫就在這裡。真修在哪裡?穿衣吃飯裡頭修,日常生活裡頭修,修什麼?修清淨平等覺。清淨平等覺就是阿彌陀佛,阿彌陀佛就是清淨平等覺,我們心住阿彌陀佛。果然住到阿彌陀佛,你吃東西樣樣都是美味,為什麼?意念把外面境界轉了,就是境隨心轉。所有一切善、不善統統轉成菩提妙味,上妙的法味。一點都不假,就是我們不相信,這叫難信之法,真轉過來你就知道了。佛能轉,四十一位法身大士能轉,這都給我們做證明。我們可以轉,要真幹才行,不真幹就錯了。古人有所謂,真修行人在哪裡修?就在穿衣吃飯、待人接物。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第八十四集)  2012/12/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0084