Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas, Bab 44, “Memperoleh Ramalan Pencapaian KeBuddhaan”, tercantum : “Demikianlah para Bodhisattva yang mempelajari metode Dharma yang lain, dikarenakan belum berjodoh mendengar pintu Dharma melafal Amituofo, ada seratus juta Bodhisattva mundur dari anuttara-samyak-sambodhi, yakni mundur dari jalan pencapaian KeBuddhaan.”
Mengapa dia bisa mundur? Tidak memiliki jodoh bertemu dengan Pintu Dharma ini, yang berarti andaikata dia bersua dengan Pintu Dharma ini, tidak ada seorang pun yang tidak meraih keberhasilan, namun dikarenakan tidak bertemu dengan Pintu Dharma ini sehingga dia mundur di tengah jalan.
Kami juga pernah melihat, praktisi yang melatih Pintu Dharma ini, tidak sedikit yang mundur di pertengahan jalan, apa sebabnya? Kami mengamati dengan seksama, dia memang telah bertemu dengan Pintu Dharma ini, juga timbul sukacita di hatinya, juga pernah membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, membaca Sutra Usia Tanpa Batas, namun tidak memahami makna sesungguhnya dibalik Sutra, dia masih memiliki keraguan di hatinya, mengira ada metode lainnya yang lebih tinggi daripada Pintu Dharma ini.
Hatinya tidak terfokus, secara internal, tidak sanggup meredam kekotoran batin, ketamakan, kebencian, kedunguan, kesombongan, kekuatan keterampilannya tidak sanggup meredam semua ini; secara eksternal, terhadap godaan ketenaran dan keuntungan, dia tidak sanggup menahannya, jadi mundur hatinya.
Dia sendiri juga tahu hatinya telah mundur, namun dia tidak mampu kembali ke jalan yang benar. Orang begini sangatlah banyak, lantas cara apa yang digunakan untuk mencegah kemunduran, guna menyelamatkannya? Satu-satunya cara adalah dengan mengajar.
Maka itu, para Buddha dan Bodhisattva tak peduli menjelma dengan status apapun, semuanya adalah menggunakan cara mendidik, tidak ada seorang pun yang tidak menggunakan cara mengajar guna membantu para makhluk.
Para makhluk ini merupakan makhluk yang tersesat, makhluk yang berada dalam penderitaan dan kesusahan. Tidak mengenal Dharma sejati adalah merupakan penderitaan dan kesusahan, tersesat, betapapun banyaknya kebajikan yang dilakukan, juga tidak dapat terbebas dari lingkaran enam alam tumimbal lahir.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 November 2012
「《受菩提記品》曰:由於此法不聽聞故,有一億菩薩退轉阿耨多羅三藐三菩提。」他為什麼會退轉?沒有緣分遇到這個法門,意思就是說,如果他遇到這個法門,沒有一個不成就,沒有遇到這個法門,中途退轉了。我們也見到過,遇著這個法門,中途退轉的也不少,這什麼原因?我們細心去觀察,他真遇到了,也真生歡喜心,也曾經發願求生,對這部經也讀誦,雖讀誦,於此經真實義沒有深刻的認知,他還有疑心,認為還有比這個更高的法門。他的心不專注,在內,伏不住煩惱,貪瞋痴慢,他的功力伏不住;外面,名利誘惑,他抵擋不住,退心了。自己也知道退心,他回不了頭來。這種人很多,用什麼方法來預防、來救度?唯一的方法就是教學。所以,諸佛菩薩無論他做何示現,全部是教學,沒有一個不用教學的手段來幫助眾生。這些眾生都是迷惑的眾生,都是苦難眾生。不認識正法就是苦難、就是迷惑,做再多的好事,不能出輪迴,不能脫離六道。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三十二集) 2012/11/24 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0032
Setelah melihat hal ini, kami tetap teguh tak tergoyahkan, dalam hati mengerti mengapa hal ini bisa terjadi. Terhadap diri sendiri ada kegunaannya, yakni mengingatkan diri sendiri, kita tidak boleh meniru jalan mereka. Lantas bagaimana cara mencegahnya?
Setiap hari harus giat dan tekun berusaha, setiap saat tidak boleh melupakan ajaran Buddha dan Bodhisattva. Cara yang paling dasar adalah membaca Sutra hingga mampu menghafalnya.
Ketika memiliki waktu luang, digunakan untuk menghafal Sutra atau melafal Amituofo, jangan memikirkan hal lainnya. Jika waktu luang digunakan untuk memikirkan hal-hal lainnya, maka kita akan mengalami kemunduran, pada satu masa kehidupan ini tidak ada jaminan kepastian terlahir ke Alam Sukhavati. Hendaknya memiliki kewaspadaan sedemikian rupa, barulah dapat menjamin diri sendiri takkan mengalami kemunduran.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 November 2012
所以有這麼多菩薩會退轉,我們今天看到很多人修淨土而退轉的,就不會感覺到奇怪,他跟菩薩比差遠了,菩薩都退轉,何況凡夫!我們看到了,如如不動,心裡頭明白,知道這是怎麼回事情。對自己來講,有好處,這些人提醒我們,我們不能走他的路子。那要怎麼防止?每天要認真努力奮發精進,時時刻刻不能忘失佛菩薩的教誨。最基礎的方法,就是要把經讀熟,最好能背誦。閒暇無事的時候,不是背經就是念佛,不能去想別的。如果閒暇想其他事情,我們就退轉,這一生往生淨土就靠不住。一定要有這個警覺心,才能保證自己不退轉。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三十二集) 2012/11/24 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0032
Penduduk Alam Sukhavati memperoleh pemberkatan Maitri Karuna Buddha Amitabha, semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika. Mengapa Mereka dapat memperoleh “Tiga Ketidakmunduran”? Sesungguhnya adalah Buddha Amitabha membabarkan Dharma berkesinambungan tidak terputus.
Di dunia ini kita belajar Dharma ada momen terputusnya, saat tidur jadi terputus, saat makan jadi terputus, saat meninggalkan kelas, jadi teputus. Kurun waktu terputus itu lebih panjang, sehari 24 jam, kurun waktu terputus lebih panjang, sebaliknya waktu belajar lebih pendek, inilah penyebab utama mengapa kita sulit meraih keberhasilan melatih diri di dunia ini.
Sekarang ilmu dan teknologi berkembang pesat, kita mempergunakan alat muktahir guna menambal kekurangan kita, menyiarkan lafalan Amituofo siang malam 24 jam tidak terputus, mengingatkan diri kita.
Tetapi kita memiliki rintangan karma, saat mengantuk tetap saja terputus, meskipun mendengar suara lafalan Amituofo, namun tidak menyadarinya. Saat kantuk bertambah berat, tertidur pulas dan bermimpi, di dalam mimpi berpikir sembarangan. Berapa orang yang sanggup melafal Amituofo di dalam mimpi? Tidak pernah terdengar, maka itu saat bermimpi, jadi terputus.
Maka itu boleh dikatakan Alam Sukhavati merupakan tempat melatih diri yang terunggul.
Budi kebajikan besar yang terunggul tiada taranya dari Buddha Amitabha adalah membantu kita mengganti tubuh raga kita, sehingga kita memperoleh Dharmakaya, lingkungan yang kita huni adalah Tanah Dharmata (Dharmata = yang sejati), sehingga sangat memudahkan diri kita (dalam melatih diri).
Semua rintangan yang kita jumpai di dunia ini, takkan ada di Alam Sukhavati, maka itu mudah meraih keberhasilan. Tanpa adanya rintangan, mendengar pembabaran Dharma jadi tidak terputus.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 November 2012
Tiga Ketidakmunduran :
https://daunbodhi.blogspot.com/2019/08/tiga-ketidakmunduran.html
極樂世界眾生,阿彌陀佛慈悲加持,皆作阿惟越致菩薩。為什麼能真正得到三不退?實在說,就是阿彌陀佛講經教學沒有中斷過。我們這個世間有中斷,睡覺中斷了,吃飯中斷了,課堂有上課、下課,下課中斷了。中斷的時間長,一天二十四個小時,中斷時間長,進修的時間短,這是在這個地方修學不容易成就主要的因素。現在這些科學技術很發達,我們利用這些工具來補助我們,佛號二十四小時不斷的播放,提醒我們。可是我們自己有業障,昏沉的時候依舊中斷,佛號雖然聽了,聽而不聞。昏沉重了,睡著,作夢了,夢裡頭也胡思亂想。幾個人作夢也在念佛?沒聽說,所以作夢的時候斷了。這裡必須要記住,修學的環境可以說極樂世界是第一殊勝。阿彌陀佛大恩大德無比殊勝的,就是幫助我們換了身體,把這個肉身(血肉之身)放下,得到法性身,居住的環境法性土,這就方便了。我們這邊所有一切障礙,在極樂世界全沒有,所以容易成就。沒有障難,聽經聞法沒有中斷的時候。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三十二集) 2012/11/24 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0032