Jumat, 21 Januari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 November 2012 (Bgn 3)

 

  

Melimpahkan jasa dengan bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, segala jasa kebajikan yang telah diperbuat diri sendiri, dilimpahkan kepada semua makhluk agar mereka dapat ikut memperoleh manfaatnya, jadi berkah itu bukanlah untuk dinikmati diri sendiri.

 

Untuk apa kita bertekad terlahir ke Alam Sukhavati? Bukan untuk menikmati kesenangan di sana. Di dalam Sutra telah disebutkan dengan jelas, Alam Sukhavati penuh dengan segala keistimewaan, jika anda bermaksud  untuk menikmati kesenangan di sana, maka hati begini tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, meskipun sehari anda melafal sebanyak 140 ribu lafalan juga tidak dapat terlahir ke sana.

 

Niat anda adalah untuk pergi menikmati kesenangan, tentu saja tidak terjalin dengan misi Alam Sukhavati. Misi Buddha Amitabha adalah menyelamatkan semua makhluk yang menderita di sepuluh penjuru.

 

Lantas apa tujuan kita terlahir ke Alam Sukhavati? Untuk meningkatkan kualitas batin, menyempurnakan pelatihan diri, menyempurnakan kebijaksanaan sejati, berkah kebajikan sejati, kemampuan sejati, barulah kemudian membantu Buddha Amitabha menyampaikan Dharma kepada semua makhluk di seluruh alam semesta.

 

Jika anda membangkitkan niat hati serupa ini, maka Buddha Amitabha segera mengundangmu datang ke Alam Sukhavati, mengapa demikian? Oleh karena Buddha Amitabha membutuhkan banyak tenaga pembantu, sekarang anda membangkitkan niat membantuNya, Buddha Amitabha segera menerima lamaran kerja anda.

 

Keterampilan melatih diri nilainya tidak terlalu bagus bukanlah masalah, sampai di Alam Sukhavati nanti barulah dikembangkan, yang penting adalah niat hati yang anda bangkitkan itu, anda harus memiliki tekad hati yang serupa dengan Buddha Amitabha, dalam hal ini tidak boleh ada kekeliruan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 November 2012

 

迴向發願,把自己所做的一切功德、善行迴向給一切眾生,願一切眾生同享,不是自己獨享。往生到極樂世界是幹什麼?不是去享福的。這經上講得很清楚,極樂世界快樂,聽說了,那個地方那麼好,到那裡去享福,這個心不能往生,一天念十四萬聲佛號也不能往生。你是去享樂的,與極樂世界的宗旨不相符合。阿彌陀佛的宗旨是要普度十方一切苦難眾生。所以到極樂世界去幹什麼?去提升自己、成就自己,成就自己真實智慧、真實福德、真實能力,然後幫助阿彌陀佛教化遍法界虛空界一切苦難眾生。你發這個心,阿彌陀佛馬上就邀你去了,為什麼?他需要幫手,你發心幫助他,立刻就錄取你了。功夫差一點沒有關係,到極樂世界再培養,最重要是你的發心,你要發跟阿彌陀佛同樣的願心,這不能有差錯。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十集)  2012/11/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0020

 

 

 

 

Dimanakah letak perbedaan antara Buddha dan orang awam? Perbedaannya terletak pada niat hati yang tidak serupa. Buddha menggunakan hati sejati (hati yang tulus), orang awam menggunakan hati khayal atau hati semu (munafik penuh kepura-puraan), di sinilah letak perbedaannya.

 

Bodhicitta adalah hati sejati (hati yang tulus), dengan ketulusan hati memperlakukan orang lain, inilah Buddha; sedangkan orang yang menggunakan hati berpura-pura dalam memperlakukan orang lain, inilah orang awam, tidaklah serupa.

 

Hati sejati itu selamanya takkan berubah, hati semu itu sebentar-bentar berubah, maka itu harus disadari bahwa hati semu itu tidak bisa diandalkan. Pendirian diri sendiri itu tidak tetap, hari ini sikapnya sangat baik, besok berubah jadi dingin dan memusuhi, perubahan yang terlampau besar.

 

Maka itu menggunakan hati yang tulus itu lebih bagus! Dengan hati yang tulus dapat menjalin persahabatan dengan Buddha dan Bodhisattva, jika semua orang dapat menggunakan hati yang tulus, maka hati semu itu tidak ada lagi.

 

Buddha mengajarkan kita supaya menggunakan hati yang tulus, membuang hati semu. Pertama-tama Buddha menjelaskan pada kita untung ruginya jika kita menggunakan hati semu, setelah mengerti, anda pasti takkan menggunakan hati berpura-pura, menggunakan hati semu tidak bisa keluar dari lingkaran enam alam tumimbal lahir, oleh karena enam alam tumimbal lahir muncul dari hati khayal atau hati semu.

 

Dengan menggunakan ketulusan hati maka terjalin dengan para Buddha, anda dapat terlahir ke Negeri Buddha, selamanya terbebas dari enam alam tumimbal lahir.

 

  Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 November 2012

 

「又密宗」,我們看一百七十八頁最後的三行,註解,「密宗最重發大菩提心,其教典《菩提心義》云:菩提之心,成佛之本。大事因緣,莫過於此。」佛跟凡夫差別在哪裡?這個一定要知道,差別在用心不同。佛用真心,凡夫用妄心,差別在此地。菩提心是真心,用真誠心待人,那就是佛;用虛妄的心待人,這是凡夫,不一樣。真誠心永恆不變,妄心剎那剎那在那裡轉變,所以一定要知道妄心不可靠。自己的主意不定,今天很好,明天就翻臉,變化太大。所以用真心好!真心可以跟佛菩薩交朋友,大家都用真心,妄心沒有。佛陀教人沒有別的,就是教人用真心,捨妄心,用真心。先要把用妄心的利害講清楚,你就不想用它,用妄心就是搞六道輪迴,六道輪迴是妄心變現的。用真心,你就是跟諸佛相應,你會生到諸佛剎土,永遠脫離六道輪迴,不一樣。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十集)  2012/11/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0020

 

 

 

 

Syarat untuk terlahir ke Alam Sukhavati adalah mengulang sepatah Amituofo. Saya benar-benar menyakiniNya, saya yakin Alam Sukhavati itu nyata adanya, saya yakin Buddha Amitabha nyata adanya, saya bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, mendekatkan diri dan berguru pada Buddha  Amitabha, menerima ajaran Buddha Amitabha, terhadap dunia fana ini, saya telah mengikhlaskannya, dengan demikian dapat terlahir ke Alam Sukhavati, tiada kemelekatan sama sekali, bilang pergi langsung pergi.

 

Bodhisattva Mahasthamaprapta mengatakan “Mengingat dan melafal Amituofo, baik pada masa sekarang maupun masa mendatang pasti bersua dengan Buddha Amitabha”.

 

Saya percaya orang yang telah bersua dengan Buddha Amitabha pasti ada, cuma jumlahnya tidak terlampau banyak. Kalau jodoh sudah masak, anda ingin sekarang juga terlahir ke Alam Sukhavati, pasti bisa langsung ke sana.

 

Lantas bagaimana kalau diri kita sendiri yang mengalami kejadian ini, bagaimana sikap kita dalam menjalin komunikasi dengan Buddha? Boleh-boleh saja menyerahkan keputusan ini kepada Buddha Amitabha, biarkan Sang Buddha yang mengatur apa yang terbaik buat diri kita.

 

Saya pribadi akan melakukan hal yang serupa, apabila Buddha menginginkan diriku menetap di dunia ini, maka saya akan tinggal lebih lama di dunia ini; sebaliknya apabila Buddha menghendaki saya pergi sekarang juga, saya siap berangkat pada detik ini juga.

 

Buat apa menetap di dunia ini? Demi membantu para makhluk yang menderita, demi satu hal inilah kita menetap lebih lama di dunia ini, jadi bukan demi diri sendiri, tidak ada kaitannya dengan kepentingan pribadi.

 

Membantu para makhluk meningkatkan keyakinan hati dan tekad hati, melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, demi misi inilah kita menetap lebih lama di dunia ini; sedangkan hal lainnya, amal kebajikan misalnya, hanyalah urusan sekunder bukan prioritas. Hal ini tidak boleh tidak dipahami, jangan sampai keliru.

 

Kita tahu hati Buddha Amitabha, mengetahui maksud dari Buddha Amitabha, maka itu jika ada kesempatan menolong insan lainnya, maka harus mengerahkan segenap daya upaya guna membantunya (memahami Ajaran Sukhavati), sebaliknya jika tidak berdaya membantunya, maka terlebih dulu menuju ke Alam Sukhavati guna meningkatkan kualitas batin dan kemampuan diri sendiri, ketika jodoh masak, kembali lagi ke dunia ini guna menyelamatkan para makhluk.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 November 2012

 

  往生極樂世界的條件,就是一句阿彌陀佛。我真相信,西方真有極樂世界、真有阿彌陀佛,我願意往生極樂世界,親近阿彌陀佛,接受阿彌陀佛的教誨,對這個世間真放得下,人就去了,沒有絲毫貪戀,說走就走。大勢至菩薩說「憶佛念佛,現前當來必定見佛」。我相信見佛的人有,但不是太多。緣成熟了,你願意往生,真能去。我們遇到了,用什麼心態來跟佛交流?可以把這個事情付託給阿彌陀佛,由佛做主。我是這麼個做法,佛要我留,我就留;佛要我去,我趕快去。為什麼要留?為苦難眾生,為這個留,不是為自己,與自己毫不相關。幫助眾生增長信心、增長願心,念佛求生淨土,就為這樁事情;其他的,好事,於大眾有利益,附帶的,不是主要的。這是不能不知道的,不能搞錯了。我們知道阿彌陀佛的心,知道阿彌陀佛的意思,能幫助他,要全心全力幫助,不能夠幫助,到西方極樂世界去提升自己,有緣的時候再來,這就完全對了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十集)  2012/11/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0020