Jumat, 03 Juni 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Januari 2013 (Bgn 2)

 

 

Gangguan mara sehingga praktisi tidak dapat mencapai KeBuddhaan, menciptakan rintangan bagi praktisi, Buddha mengetahui sebab dan akibat dari rintangan tersebut.

 

Buddha mengetahuinya tetapi kenapa tidak menghentikannya? Buddha juga tidak dapat menghentikannya. Apa alasannya? Kenyataannya teori dan cara penyelesaian masalah, Buddha membabarkannya baik di dalam sutra mazhab Mahayana maupun Theravada, kalau kita sudah mengerti, memahaminya, dengan sendirinya melewatinya secara lancar.

 

Rintangan ini justru merupakan jodoh yang membantu meningkatkan kualitas batin kita, kondisi yang tidak menyenangkan, orang jahat datang menguji kita, melihat apakah kita memiliki kebijaksanaan atau tidak, apakah kita memiliki pendirian yang teguh dan hati yang tenang untuk melewatinya.

 

Mara juga bisa tampil sebagai orang baik, menjadi pendukung Dharma, dengan penuh kehangatan menjadi pendukungmu, apakah anda tidak melekat padanya? Jika timbul rasa sayang di hatimu, maka celakalah, anda telah terpuruk.

 

Mara memiliki banyak jurus, justru tokoh bajik yang diperankannya lebih mengerikan. Oleh karena ketika anda berjumpa dengan kondisi yang buruk, anda akan meningkatkan mawas diri, tidak mudah terjebak; tetapi dalam kondisi yang menyenangkan, anda malah lupa diri, lama kelamaan masalah pun muncul.

 

Dalam jangka panjang, akar pun sudah tertanam, pada saat itu hanya ada dua kemungkinan, yang pertama tanyalah pada diri sendiri, yang kedua harus melihat apakah para makhluk memiliki berkah atau tidak.

 

Jika para makhluk memiliki berkah, kita sendiri memiliki etika moral, maka rintangan mara tidak efektif; jika diri sendiri tidak punya moralitas, para makhluk juga tidak memiliki berkah, maka mara memiliki kesempatan mendekat, tak peduli suasana yang menyenangkan atau tidak, jodoh baik atau buruk, dia juga dapat memanfaatkannya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Januari 2013

 

「《法華譬喻品》曰:如來有無量智慧、力、無所畏諸法之藏」。前面我們學到十力、四無所畏,四無所畏我們學到第二。我們接著再學習第三,「說障道無所畏,說障道者,說彼魔外(魔道、外道)障蔽聖道之法也。」這就是魔王外道的擾亂,讓修行人不能證得佛果的方法或者是理論,在這裡做障礙,佛都知道障礙的前因後果。佛知道,佛能不能制止?佛也不能制止。什麼原因?這個裡頭就像《華嚴經》所說的無量因緣。實際上解決問題的理論與方法,佛在大小乘經都說到,我們真聽明白、真聽懂了,自然就很順利通過。這些障道都是我們的增上緣,逆境、惡人來考驗我們,看看我們有沒有智慧,有沒有定力順利通過,這是說惡人。還有善人,魔也能變化善人、變做護法,非常熱心護持你,你生不生貪愛之心?如果生貪愛之心,你也完了,你也墮落了。這個魔法,比那個正面用不善的方法更可怕。因為你遇到逆緣,逆境惡緣,你警覺性高,反而不容易;遇到順境善緣,你完全不知道,久久就出問題了。到那個時候,時間長了,根已經紮下去,這個時候怎麼辦?審時度勢,一個要問自己,一個要看眾生有沒有福。眾生有福,我們自己有德行,魔障不住,魔也不敢障;自己沒有德,眾生沒有福,魔得其便,無論順境逆境、善緣惡緣,他都能夠利用。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一0一集)  2013/1/1  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0101

  

 

 

 

Leluhur Tionghoa memiliki sebuah kalimat yang sangat bagus, “Ketika bertemu masalah, jangan salahkan orang lain, tapi lakukan introspeksi diri”, masalah itu bukan berada di luar, tetapi ada dalam diri.

 

Dalam kondisi lancar dan berjumpa jodoh baik, jangan timbul keserakahan, hendaknya memiliki karakter yang baik, tidak egois, setiap niat pikiran yang timbul adalah demi mempertahankan keberlangsungan Dharma sejati di dunia ini, demi membantu para makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, mara tidak merintangi, mara juga salut padamu, takluk padamu, mara pun berubah jadi pendukung Dharma. Ketika Buddha Sakyamuni berada di dunia ini, memperagakan untuk diperlihatkan kepada kita semuanya.

 

Kita sendiri telah merosot, sebagai siswa Buddha kita melatih diri tidak sesuai dengan Dharma, kebiasaan masyarakat jadi rusak, siswa Buddha juga mengikuti kebiasaan masyarakat perlahan-lahan berubah, pada saat inilah mara melancarkan aksinya, bahkan berambisi memusnahkan Buddha Dharma.

 

Hal ini kami lihat dengan jelas, selama enam dekade belajar Buddha Dharma, berkunjung ke berbagai belahan dunia, kondisi apapun telah kami temukan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Januari 2013

 

中國老祖宗說的一句話,說得非常之好,「行有不得,反求諸己」,問題確確實實不在外面,在裡面。順境善緣不生貪戀,身心端正,大公無私,念念為正法久住,為幫助眾生離苦得樂、破迷開悟,魔不障道,魔對你也佩服,也服了你,魔也變成護法。釋迦牟尼佛在世,都表演給我們看了。我們自己衰了,佛弟子自己修行不如法,社會風氣壞了,佛弟子也隨著風氣漸漸變質,這個時候魔王外道可以大行其道,甚至於將佛法滅絕。這我們看得清楚,學佛六十年之中,走過很多地方,什麼境界都遇到。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一0一集)  2013/1/1  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0101

 

 

 

 

Sepanjang hayatku mempertahankan satu kalimat yang disampaikan oleh Guruku, “Memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang”, meneladani Buddha Sakyamuni.

 

Sang Buddha adalah teladan bagi kita melatih diri, juga merupakan standar bagi kita dalam melatih diri, mari kita renungkan, andaikata Sang Buddha bertemu dengan masalah ini, bagaimana cara Beliau mengatasinya?

 

Dengan demikian kita dapat menemukan solusinya. Hati harus tenang dan terfokus, perasaan egois mesti disingkirkan, ketenaran dan keuntungan juga mesti disingkirkan, tujuh perasaan emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan) dan lima nafsu keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur) juga mesti disingkirkan. Mengapa demikian? Jika tidak disingkirkan, mara jadi memiliki peluang.

 

Ada seorang praktisi yang memiliki keterampilan melatih diri yang sangat lumayan, suatu hari bertemu dengan seorang donatur besar, peristiwa ini saya saksikan secara langsung, donatur ini berjodoh dengannya, memberinya persembahan, angkanya lumayan besar, membangun sebuah vihara besar, umatnya banyak hingga beberapa ribu orang, beberapa puluh ribu orang, begitu dirinya dihormati banyak orang, hati pun goyah dan mulai berubah, tidak sampai satu dekade kemudian musibah telah menimpa dirinya, menyesal pun sudah terlambat.

 

Melihat keuntungan di depan mata, langsung lupa diri, nafsu keinginan telah menutupi Bodhicitta, sepanjang perjalanan ini yang mengalami kegagalan, entah sudah berapa banyak orang, sejak dulu hingga sekarang tidak terkecuali.

 

Maka itu kami jadi terpikir, mengapa Buddha Sakyamuni begitu menekankan pada sila? Ada alasannya, yakni praktisi yang menjalankan disiplin sila, takkan digoyahkan oleh kondisi luar.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Januari 2013

 

我這一生就是守老師一句話,「一門深入,長時薰修」,一個方向,學釋迦牟尼佛。佛是我們修行的榜樣,是我們修行的準繩,我們向他看齊,他遇到這些事情怎麼處理,我們就找到方法了。心要定,自私自利一定要放下,名聞利養要放下,七情五欲要放下。為什麼?魔能得其便,都應用這些手段。修行修得很不錯的,遇到大護法,這都是我自己親自見到的,跟他有緣,送他供養,數字很大,建一個大道場,徒眾多了,幾千人、幾萬人,這一恭敬、一恭維,道心失掉,不出十年災難現前,後悔來不及了。見利忘義,欲望障蔽了道心,在這條路上淘汰的,不知道有多少人,古今中外。於是我們就想到,佛為什麼那麼重視戒律?有原因,堅持戒律的人,嚴持戒律的人,不會被外境動搖。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一0一集)  2013/1/1  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0101