Faktor kegagalan seorang praktisi adalah dikarenakan diri sendiri tidak sanggup mengendalikan kekotoran batin dan tabiat, tidak sanggup menaklukkan rintangan karma diri sendiri, di sinilah letak permasalahannya.
Strategi Perang menyebutkan “Dalam kondisi terdesak, seorang prajurit hanya bisa memilih jalan untuk maju guna mempertahankan kelangsungan hidupnya”, Guo Lou-jiang merupakan salah satu contohnya, dia tidak memiliki pilihan lagi, usianya telah melampaui 40 tahun, apapun tidak bisa.
Gurunya hanya dapat mengajarinya melafal sepatah “Namo Amituofo”, menyuruhnya melafal berkesinambungan, kalau sudah capek yah istirahatlah, usai itu lanjut melafal lagi, tidak peduli siang maupun malam.
Guo Lou-jiang menuruti kata gurunya, dia serius melakukannya, tiga tahun kemudian, dari seorang praktisi yang memiliki akar kebijaksanaan terendah, kini berubah menjadi akar kebijaksanaan tertinggi! Kurun waktu ini dilewatinya dengan tidak sia-sia.
Kita selalu merasa diri sendiri sangat hebat, tiap hari menangani urusan yang begitu banyak, ini mau diurus, itu juga mau diurus, cobalah renungkan dengan kepala dingin, jika dibandingkan dengan Guo Lou-jiang, maka bedanya itu sangat jauh sekali.
Guo Lou-jiang melepaskan segala kemelekatan, apapun tidak diurusnya, pahalanya merupakan yang terunggul, mengapa demikian? Dia terfokus melafal Amituofo. Saat terlahir ke Alam Sukhavati, memperlihatkan pada kita fenomena istimewa yang begitu unggul, apa lagi yang hendak dikatakan?
Meskipun tidak dapat memberikan ceramah Dharma, namun saat menjelang ajal menampilkan fenomena istimewa sedemikian rupa, kita telah menyaksikannya, maka itu sisi terunggul dari pelafalan Amituofo dapat dilihat dari sini. Tetapi sayangnya apa? Sayangnya tidak percaya, tidak ada orang yang percaya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 November 2012
Cergam kisah Guo Lou-jiang :
https://negeriteratai.blogspot.com/2018/06/22-tukang-tambal-kuali-guo-lou-jiang.html
眾生之所以不能成就,就是克服不了自己的煩惱習氣,克服不了自己的業障,問題在此地。兵法上說「置之死地而後生」,鍋漏匠是上天置他於死地,他走投無路了,四十多歲,什麼都不會。老和尚只教他一句「南無阿彌陀佛」,這個行不行?這個行,這句很簡單,南無阿彌陀佛。行了,你就這句,這句一直念下去,念累了就休息,休息好了就再念,不分晝夜。他聽話,他真幹,三年,從下下根成就到上上根!這個日子沒有白過,光陰沒有虛度。我們自以為很能幹,每天事情很多,要管這個、管那個,你自己冷靜想想,跟鍋漏匠比差遠了。一切放下,什麼都不管,福報第一大,為什麼?他專幹阿彌陀佛。往生給我們現這樣殊勝的相,還有什麼話說?雖然不會講經說法,臨走現這個樣子就不得了,我們看到了,所以念佛的殊勝於此可見。但是什麼?不相信,沒人相信。中下的有人相信,上上乘沒人相信。這最上乘法。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三十四集) 2012/11/26 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0034
Alam Sukhavati merupakan alam yang suci, tiada kekotoran sama sekali. Mengapa demikian? Terwujud dari hati yang suci. Seluruh praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati adalah dengan membawa hati yang suci.
Hari ini kita melafal Amituofo bukan dengan hati yang suci, makanya Buddha Amitabha tidak muncul di hadapan kita. Jika anda menggunakan hati yang tulus, suci dan setara melafal Amituofo, maka Buddha Amitabha akan muncul di hadapanmu.
Hal ini harus dibangkitkan dari dalam hati, tidak bisa berpura-pura, setiap butir niat pikiran kita yang timbul, seluruhnya diketahui oleh Buddha.
Lautan tekad Buddha Amitabha tidak bertepi. Seseorang yang pernah melakukan dosa yang berat, Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan, memfitnah Buddha Dharma, asalkan saat menjelang ajal bersedia bertobat, kembali ke jalan yang benar, membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, Buddha Amitabha pasti datang menjemput, ini adalah lautan tekad tak bertepi.
Janganlah merisaukan dosa yang telah diperbuat terlampau berat sehingga takut tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati, niat pikiran ini akan menggagalkan upayamu terlahir ke Alam Sukhavati. Siapa yang merintangimu? Diri sendiri merintangi diri sendiri, Buddha tidak merintangi dirimu.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 November 2012
Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan baca di :
http://daunbodhi.blogspot.com/2017/09/pancanantariya-karma-dan-sepuluh.html
一往生淨佛國土,極樂世界是清淨世界,沒有塵垢,找都找不到。為什麼?清淨心所現的。依正莊嚴,正是指的彌陀跟所有往生西方極樂世界的人,都是清淨心去的。我們今天念佛為什麼?心不清淨,所以佛不現身。你用真誠清淨平等心念佛,佛就現前。這個要發自內心,裝樣子裝不出來的,我們起心動念佛全知道。彌陀無邊願海,無邊願海從哪裡說?造作極重罪業,五逆十惡、毀謗佛法,只要在臨終能夠懺悔,能夠改過,信願求生,佛都來接引,這是無邊願海。不要害怕我造的罪業太重了,恐怕不能往生,這個念頭你就真不能往生。誰障礙你自己?自己障礙自己,佛不障礙你。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三十四集) 2012/11/26 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0034
Ini adalah cara Buddha Amitabha menyelamatkan semua makhluk. Membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo adalah cara, membantumu mencapai Alam Sukhavati, setibanya di Alam Sukhavati membantumu mencapai KeBuddhaan.
Yang juga dapat dikatakan bahwa Alam Sukhavati adalah sebuah Kampus Buddhis yang didirikan oleh Buddha Amitabha. Untuk apa kita terlahir ke Alam Sukhavati? Untuk mencapai KeBuddhaan. Apa tujuannya mencapai KeBuddhaan? Demi menyelamatkan para makhluk.
Tanpa sebutir hati yang berniat menyelamatkan para makhluk, tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, meskipun melafal Amituofo hingga sebanyak-banyaknya juga tiada gunanya, insan zaman dulu berkata, meskipun melafal hingga tenggorokan pecah pun sia-sia saja. Mengapa demikian? Tidak memiliki Bodhicitta.
Apa yang dimaksud dengan Bodhicitta? Bodhicitta adalah hati yang berniat menyelamatkan para makhluk, hati yang bersedia mengorbankan diri sendiri demi orang lain, hati yang membantu para makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, inilah Bodhicitta.
Di dalamnya tidak ada bercampur dengan kepentingan pribadi sama sekali, jika ada secuil saja maksud pribadi, maka rusaklah semuanya, setitik hati egois itu adalah racun.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 November 2012
這是彌陀的大願,普度眾生之道,這個道是方法。信願持名是方法,幫助你到達極樂世界,極樂世界幫助你一生成佛。也就是說,極樂世界是阿彌陀佛在遍法界虛空界辦的一所佛教大學。往生到極樂世界是幹什麼的?是成佛的。為什麼要成佛?是為了要度眾生。如果沒有度眾生的心,極樂世界去不了,佛號念得再多沒用,古人講的,喊破喉嚨也枉然。為什麼?沒有菩提心。菩提心是什麼?菩提心就是度眾生的心,捨己為人的心,全心全意幫助眾生離苦得樂的心,這是菩提心。這個裡頭不夾一絲毫自己的意思在裡頭,夾自己一絲毫的意思,就全部都破壞了,那一點私心就是毒藥。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三十四集) 2012/11/26 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0034