Rabu, 23 Februari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 November 2012 (Bgn 5)

 

 

Di dalam budaya tradisional Tiongkok, “Lima jenis hubungan manusia yang beradab” adalah Etika, “Lima jenis kebajikan ajaran Konfusius”, “Empat Ikatan Sosial” dan “Delapan Moralitas” adalah Moral, maka itu disebut sebagai Etika Moral. Apa alasannya? Oleh karena mengalir dari dalam jiwa sejati, diterapkan dalam bakti dan hormat.

 

Seseorang yang tidak berbakti pada Ayahbunda, tidak menghormati guru, maka tindakan, pelatihan diri dan pencapaiannya bukanlah jalan yang benar, tetapi sudah menyimpang, sesat, meskipun memiliki segudang prestasi, namun buah akibatnya tetap saja jatuh ke tiga alam rendah. Mengapa demikian?

 

Meskipun telah menimbun jasa kebajikan yang sangat besar, tetapi mengapa buah akibatnya malah jatuh ke tiga alam rendah? Dia telah berseberangan dengan jiwa sejati, alasannya terletak di sini.

 

Mengajarkan para makhluk untuk menekankan pada moralitas, tetapi anda sendiri malah cacat moral, sebagus apapun anda mengajar, tidak punya akar.

 

Sebagus apapun gedung ini dibangun, tetapi fondasinya tidak bagus, dalam waktu singkat sudah roboh, tidak tahan terpaan angin dan siraman hujan.

 

Akar mesti kokoh! Bakti dan hormat adalah akar, akar dari segala akar, umumnya orang mengabaikannya. Bahkan sekarang sebagian orang telah melupakannya, ketika ada yang membahasnya, dia malah tidak percaya dan meragukannya, menganggap ini sudah ketinggalan zaman, tipuan yang digunakan para kaisar guna mengelabui rakyat, beginilah pemikiran orang zaman now.

 

Ini adalah pandangan sesat, bahkan sangat mendalam, terlampau parah adanya, ibarat fondasi rumah yang telah rusak, maka itu kesulitan yang dialami pendidikan budaya tradisional, terletak di sini.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 November 2012

 

Mengenal Istilah Dalam Ajaran Konfusius :

http://komcit.blogspot.com/2014/10/mengenal-istilah-dalam-ajaran-konfusius.html

 

在中國傳統文化當中,五倫是道,五常、四維、八德是德,所以稱為道德。為什麼?它是從自性流露的。自性的原點就是孝敬,落實在哪裡?落實在孝親尊師,一個人不孝順父母、不尊敬老師就完了。為什麼?他所作所為、所修所證都不是正道,他偏了、邪了,縱然有大成就,果報在三途。你說為什麼?做極大的功德,為什麼果報還在三途?他違背了自性,原因就在此地。教化眾生著重在德行,你自己把這個德行摧毀掉,教得再好,沒根。這樓蓋得再好,沒有把地基打好,很快會倒塌,禁不起風吹雨打。根要堅固!孝敬是根,根之根,一般人疏忽。現在疏忽到,一般人把這個事情忘掉了,提起來他不相信,他對這個懷疑,都認為這個是過了時代,從前古代專制帝王拿這個欺騙老百姓,都這麼想法。這是邪見,這個邪見太深、太嚴重,像把這些房屋根基都毀掉,所以傳統教育難就難在這裡。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十九集)  2012/11/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0029

 

 

 

 

Buddha dan Bodhisattva berharap ada insan suci dan bijak yang lahir ke dunia, dari mana mulai membimbingnya? Dari akar pendidikan kesusilaan. Akar dari segala akar, apa poin utama untuk memasuki pintu ajaran?

 

Insan zaman dulu berkata, dimulai dari “tidak berbohong”. Dengan “tidak berdusta”, anda telah memasuki pintu ajaran, sungguh beralasan! Tak peduli persoalan ini adalah benar atau salah, betul atau tidak, saya mengatakan yang sebenarnya, tidak akan berbohong.

 

Di dalam buku kuno tercatat, Shima Guang sepanjang hayatnya tidak pernah berdusta. Dia melakukan introspeksi diri sendiri secara mendalam, adakah etika moral yang dimilikinya? Satu kalimat ini sudah pasti, seumur hidup tidak pernah berbohong.

 

Kita menyembunyikan rahasia pribadi, apa tujuannya? Demi ketenaran dan keuntungan diri sendiri, hal ini telah keliru; terkecuali kita menutupi sesuatu demi menolong orang lain, maka ini diperbolehkan.

 

Maka itu sikap berbohong ini, diterapkan dalam kehidupan keseharian secara fleksibel, tidak kaku, mengamalkan sila suci. Di dalam Sutra terdapat perumpamaan sedemikian rupa, di jalan bercabang tiga (persimpangan tiga), ada seorang pejalan kaki yang melihat seorang pemburu sedang mengejar kelinci buruannya.

 

Pemburu yang kehilangan jejak mangsa-nya, bertanya pada pejalan kaki, ke arah mana kelinci kabur? Pejalan kaki sengaja berbohong dengan menunjukkan arah yang salah. Apa tujuannya?

 

Menolong satu nyawa, dua makhluk jadi terselamatkan, si pemburu tidak sempat melakukan karma pembunuhan, sementara itu nyawa si kelinci juga sekaligus tertolong.

 

Jadi ini adalah penggunaan yang fleksibel, Buddha Dharma mengedepankan kebijaksanaan, fleksibel dan tidak kaku. Secara keseluruhan adalah demi memberi manfaat bagi para makhluk, bukanlah demi memberi manfaat bagi diri sendiri.

 

Demi orang lain adalah kebajikan, demi diri sendiri adalah kejahatan, dimanakah letak kejahatan tersebut? Meningkatkan kemelekatan pada keakuan. Buddhisme mengatakan bahwa kejahatan ini adalah sedemikian rupanya, menambah kemelekatan pada keakuan.

 

Kemelekatan pada keakuan mestilah dilepaskan, harus dihancurkan, mana boleh malah dikembangkan! Maka itu tidak boleh ada niat pikiran demi diri pribadi.

 

Tidak ada niat demi diri sendiri, barulah diri sejati muncul ke permukaan. Demi diri sendiri, maka aku yang semu ini selamanya tidak berdaya disingkirkan.

 

Tubuh kasar ini bukanlah diri sejati, ketenaran dan keuntungan hanyalah khayalan semu, hal ini mesti kita ingat dan pelajari baik-baik.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 November 2012

 

佛菩薩希望真正聖賢出世,聖賢從哪救起?從根救起。根之根,從哪一條入門?古人有一句話說,從不妄語始。不說假話,你就能進去,很有道理!無論這個事情是正確、是錯的,是是、是非,我講真話,不講假話。古書裡面記載,司馬光一生沒有妄語。他自己深深反省,有什麼德行?這一句是肯定的,一生沒妄語。我們有所隱瞞,隱瞞目的是為什麼?為自己的名聞利養,這就錯了;隱瞞的事情是為了救人,這個可以。所以,應用在日常生活當中它是活的,它不是死的,持清淨戒。經上有個例子,三岔路口,遇到個獵人追一隻兔子,這個人看到了,獵人問他,兔子從哪裡跑掉?三條路,他就打妄語,明明看到兔子從這邊,他說從那邊走了。這什麼?救一條命,兩個都救了,那一個心裡想殺生沒有殺到,在小乘沒有破戒,這兔子一條生命被他救了。這是活的,佛法完全講智慧,活活潑潑。完全是利益眾生,沒有利益自己,這就是對的。為人是善的,為自就是惡,那個惡的基礎在哪裡?增長我執。佛家講這個惡是這樣的,增長我執。我執要放下、要破掉,怎麼可以增長!所以決定不能有個念頭為我,就錯了。不為我才證得真我;為我,這假我永遠丟不掉。這不是真我,身不是真我,名聞利養全是假的,這是我們要記住、要學習的。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十九集)  2012/11/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0029

 

 

 


Mengapa tiap hari kita sudah melafal Amituofo tetapi rintangan karma masih juga belum tereliminasi? Oleh karena kita tidak tahu cara melafalnya, kita menggunakan hati yang mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi untuk melafalnya, alhasil bukan saja tidak dapat menghapus rintangan karma, malah menambah dosa. Berharap supaya dengan melafal Amituofo dapat mengabulkan ketenaran dan keuntungan bagi diri sendiri, menambah ketamakan, kebencian, kedunguan diri sendiri.

 

Hal ini berkaitan erat dengan lingkungan makro atau lingkungan besar kita, apa maksudnya lingkungan besar? Para makhluk tidak punya berkah. Seandainya para makhluk mempunyai berkah, insan suci akan muncul di dunia. Oleh karena para makhluk tidak punya berkah, maka yang muncul itu adalah siluman, mara dan setan jahat lainnya.

 

Di dalam “Zuo Zhuan” (buku sejarah yang ditulis oleh sejarawan tunanetra tersohor yang bernama Zuo Qiu-ming) tercantum “Manusia yang mengabaikan lima kebajikan adalah siluman”, manusia tidak memupuk berkah, dunia kebanjiran siluman, mara dan setan jahat lainnya.

 

Lima kebajikan yang dimaksud adalah kemuliaan (welas asih), kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya. Manusia telah mengabaikan lima kebajikan ini, masyarakat kini, tidak welas asih, tidak benar, asusila, tidak bijaksana dan tidak dapat dipercaya. Lima kebajikan ini merupakan Jalan Manusia.

 

Di dunia ini, apabila setiap insan dapat menaati welas asih, kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya, Buddha, Bodhisattva serta insan suci dan bijak akan muncul ke dunia. Apa alasannya?

 

Kebajikan terjalin dengan kebajikan, kejahatan terjalin dengan kejahatan. Tidak welas asih, tidak benar, asusila, tidak bijaksana, tidak dapat dipercaya, maka terjalin dengan siluman, mara dan setan jahat lainnya; sebaliknya welas asih, kebenaran, kesusilaan, kebijaksanaan dan dapat dipercaya, terjalin dengan insan suci dan bijak.

 

Lingkungan makro ini, kita mesti memahaminya. Lingkungan yang kita huni hari ini merupakan lingkungan yang paling menyengsarakan, merupakan kondisi yang paling menyulitkan, di dalam hal ini, faktor utama yang paling penting, adalah melindungi diri sendiri di dalam sepatah Amituofo.

 

Sepatah Amituofo telah sempurna akan segala kebajikan, sepatah Amituofo telah mencakup “Lima bentuk hubungan manusia yang beradab”, “Lima jenis kebajikan ajaran Konfusius”,  “Empat Ikatan Sosial”, “Delapan Moralitas”, sempurna akan sila baik dari Theravada maupun Mahayana, dari “Sepuluh Kebajikan”, “Trisarana”, “Pancasila Buddhis”, “Enam Prinsip Keharmonisan”, “Sad Paramita”, semuanya telah terkandung di dalamnya, jasa kebajikan dari nama Buddha sungguh tidak terbayangkan.

 

Praktisi Pelafal Amituofo pastinya takkan bertentangan dengan kebajikan sejati, yang bertentangan dengan kebajikan sejati juga bukanlah merupakan Praktisi Pelafal Amituofo.

 

Inilah yang dikatakan oleh insan zaman dulu sebagai “Mulut melafal Amituofo tapi pikiran tidak terfokus, meskipun melafal hingga tenggorokan pecah pun sia-sia saja”, ini namanya tidak tahu cara melafal.

 

Orang yang paham cara melafal dapat terjalin, mengembangkan hati suci, setara, tercerahkan, Maitri Karuna, kebijaksanaan pun muncul ke permukaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 November 2012

 

Lima Mata Pelajaran Aliran Sukhavati :

http://daunbodhi.blogspot.com/2018/01/lima-mata-pelajaran-aliran-sukhavati.html

 

Mengenal Istilah Dalam Ajaran Konfusius :

http://komcit.blogspot.com/2014/10/mengenal-istilah-dalam-ajaran-konfusius.html

 

為什麼我們天天念,罪障習氣消不了?是我們不會念,我們用自私自利的心去念,所以不但不能消罪業,還增長罪業。希望用這個名號求世間名聞利養,增長自己貪瞋痴慢,錯了。

 

  這與我們的大環境有密切關係。大環境是什麼?眾生沒福。眾生有福,聖人出現;眾生沒福,妖魔鬼怪出現。《左傳》上有一句話,左丘明說的,「人棄常則妖興」,人不修福,妖魔鬼怪充斥世間。常是五常,仁義禮智信,人把這個都丟掉了,現在的社會,不仁、不義、無禮、無智、無信,五個字都沒有了,這五個字是人道。這個世間,人人都能遵守仁義禮智信,聖賢就出世,佛菩薩出世。為什麼?善與善感應,惡與惡感應。不仁、不義、無禮、無智、無信,妖魔鬼怪,與他們感應;仁義禮智信與聖賢感應,與佛菩薩感應。這是大環境,我們要了解。我們今天所處的環境是最痛苦的環境、最艱難的環境,在這個裡面,首先第一要緊的事情,把自己保住。這一句佛號裡頭,世出世間,萬德萬行,統統在佛號當中。一句佛號裡頭具足五倫、五常、四維、八德,具足大小乘裡面的戒律,從十善、三皈、五戒、三聚淨戒、六和、六度,統統具足,佛號功德不可思議。念佛人決定不會違背性德,違背性德他不是念佛人。這就古人所說的「口念彌陀心散亂,喊破喉嚨也枉然」,這不會念。會念的相應,會念的人心地清淨慈悲,會念的人增長清淨平等覺、增長慈悲心,智慧現前。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十九集)  2012/11/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0029