Senin, 30 Mei 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Desember 2012

 

 

Kekotoran batin praktisi pelafal Amituofo, tanpa disadari telah dieliminasi oleh sepatah Amituofo. Mengapa demikian? Di hatinya hanya ada Buddha Amitabha, selain Buddha Amitabha, apapun tidak ada lagi, makanya kekotoran batinnya juga tidak ada lagi, rintangan karma juga tidak ada lagi, secara keseluruhan terfokus pada jasa kebajikan tak terbayangkan dari sepatah Amituofo. Sepatah Amituofo ini membawa dirimu ke puncak tertinggi dari Buddha Dharma, jasa kebajikan dari nama Buddha sungguh tidak terbayangkan.

 

 Lantas kenapa pula tidak melafal Amituofo? Terhadap nama Buddha tidak punya pemahaman. Maka itu kita masih sibuk mencari-cari metode tambahan lainnya untuk memberkati, takutnya kalau cuma sepatah Amituofo saja tidak ampuh, jadi harus cari metode lainnya lagi untuk memberkati.

 

Ini merupakan kekeliruan, sesungguhnya metode apapun tidak dapat sebanding dengan lafalan Amituofo. Sepatah Amituofo adalah emas tulen, karena itu buat apa masih mencari-cari metode lainnya?

 

Kita tidak memiliki keyakinan hati pada lafalan Amituofo, makanya sudah melafal hingga sekian lama namun belum melihat adanya mukjizat. Entah berapa banyak orang yang melakukan kesalahan begini!

 

Contohnya praktisi pelafal Amituofo masih belajar melafal mantra, atau praktek ilmu gaib, sehingga membingungkan orang banyak, maka itu sepanjang hayatnya melafal Amituofo, namun pada masa kehidupan ini gagal terlahir ke Alam Sukhavati, tampaknya harus menanti hingga masa kelahiran berikutnya.

 

Jika pada satu masa kehidupan ini juga ingin terlahir ke Alam Sukhavati, maka harus membangun keyakinan hati. Tanpa keyakinan hati, maka tiap hari melafal Amituofo, namun keterampilan tidak efektif. Mengapa demikian? Ada keraguan di dalamnya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Desember 2012

 

念佛人的煩惱,這一句佛號無形當中把它消掉了。為什麼?他心裡只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛什麼都沒有,所以煩惱也沒有了,業障也沒有了,全在這一句佛號不思議的功德。這一句佛號就把你令至佛頂住,你達到佛法最高峰,名號功德不可思議。

 

為什麼不念佛號?對佛號不了解。所以我們還求別的方法來加持,怕這個佛號還不行,找別的方法來加持。其實錯了,什麼方法都比不上這個佛號。佛法是黃金,佛號是純金,找任何方法都是破銅爛鐵。為什麼去找它?我們對佛號沒有信心,所以我們這佛號念了沒有感應。犯這個錯誤的人不知道有多少!學佛的人還要學一些經咒,甚至於還學一些法術,把我們全搞亂了,念佛念了一輩子,這一生不能往生,那端看來生後世了。這一生要往生,沒有別的,最重要建立信心。信心建立不起來,對於這個佛號理事、果德都沒有搞清楚,所以天天念,功夫不得力。為什麼?有一分疑惑在裡頭,就把它全盤破壞掉了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第八十九集)  2012/12/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0089

 

 

 

 

Apa makna dari Abhiseka (pemercikkan air suci atau pemberkatan air suci)? Kita membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” dari awal sampai akhir sebanyak satu kali, berarti memperoleh pemberkatan satu kali dari semua Tathagata di sepuluh penjuru dari tiga masa.

 

Kalau dalam sehari saya mampu mengulang membaca Sutra sebanyak dua kali, berarti memperoleh pemberkatan sebanyak dua kali, seandainya dalam sehari saya mampu mengulang membaca Sutra sebanyak tiga kali, berarti memperoleh pemberkatan sebanyak tiga kali,.......... dan seterusnya.

 

Inilah makna Abhiseka yang sesungguhnya, yang akan memperoleh manfaat yang sesungguhnya. Ada lagi cara yang lebih gampang yakni melafal Amituofo.

 

Jika dalam sehari anda melafal Amituofo sebanyak sepuluh ribu kali, para Buddha Tathagata akan memberikan pemberkatan sebanyak sepuluh ribu kali kepada dirimu. Siapa yang mengetahuinya?

 

Upasaka Huang Nianzu (Penulis Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas) adalah Guru dalam Aliran Tantra. Tempo dulu kami berjumpa di Amerika, saat itu dia sedang menyebarluaskan Aliran Tantra. Metode yang paling eksoteris (rahasia), yang tertinggi tiada taranya, tak lain adalah sepatah Amituofo, tidak ada orang yang mengetahuinya, Upasaka Huang mengetahuinya.

 

Maka itu setelah menyelesaikan menulis “Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas”, Upasaka Huang yang sebelumnya telah menderita sakit-sakitan, membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, sehari melafal sebanyak 140 ribu lafalan, hingga setengah tahun kemudian, beliau terlahir ke Alam Sukhavati. Beliau memperagakannya untuk diperlihatkan kepada kita semuanya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Desember 2012

 

《秘藏記》裡頭這句話,灌頂明白了。灌,大悲護念;頂,佛果最頂。那我們現在知道,小本《彌陀經》上說,經題《一切諸佛所護念經》,《無量壽經》跟《彌陀經》是同部,大本、小本,小本是一切諸佛所護念經,這個本子當然也是一切諸佛所護念經,這就是灌的意思。頂,佛法裡頭最高的,《阿彌陀經》是頂,《無量壽經》是頂。我們恭恭敬敬把這部經從頭到尾念一遍,就是十方三世一切如來給我灌頂一次,我一天念兩遍就給我灌頂兩次,我一天念三遍他就給我灌頂三次。這是真灌頂,跟前面那個儀式不一樣,未必得到真利益,這個得到真利益。再給你說簡單的,念一聲佛號,佛給你灌頂一次,你一天念一萬聲佛號,諸佛如來給你灌頂一萬次。誰知道?念老是密宗的上師,他受過灌頂,他是密宗的阿闍黎。我在美國遇到他的時候,他在美國傳密法。密中之密,無上之密,就是這一句阿彌陀佛,沒人知道,黃念老知道。所以他這個《註解》註完之後,身體不好,毛病很多,就下決心求生淨土,一天十四萬聲佛號,念了半年,他走了。這是做給我們看的。這是一天十四萬聲的灌頂,這還得了嗎?

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第八十九集)  2012/12/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0089

 

 

 

 

Setelah kita memahami makna dari Abhiseka (pemercikkan air suci atau pemberkatan air suci), maka sebelum melakukan pemberkatan, mesti memperkenalkan Buddha Amitabha kepada si penerima, harus memperkenalkan “Sutra Usia Tanpa Batas” atau “Amitabha Sutra” kepada dirinya. Mengapa demikian?

 

Metode ini dapat membantu orang dalam satu kehidupan menyempurnakan KeBuddhaan, metode lainnya tidak dapat mewujudkannya, lebih penting dari apapun!

 

Makna dari Abhiseka, janganlah sampai salah tafsir. Apakah benar Abhiseka dapat membuka kebijaksanaan? Ketika anda memperoleh percikan beberapa tetes air di kepala anda, anda kegirangan sekali, apakah kebijaksanaan anda telah terbuka? Masih juga kebingungan, kebijaksanaan manalah ada terbuka.

 

Setiap hari anda pergi mandi siram pakai shower, bukankah anda sudah memperoleh banyak percikan air, apakah kebijaksanaan anda sudah terbuka? Jadi mesti memahami kebenaran, tidak boleh percaya takhayul.

 

Setelah memahami makna Abhiseka dengan jelas, Abhiseka adalah menurunkan Dharma tertinggi kepada dirimu. Lihatlah uraian yang disampaikan dengan jelas dan dimengerti, tidak ada kepercayaan takhayul.

 

Dharma tertinggi ini merupakan Dharma yang sulit dipercaya, hari ini kita telah bertemu dengannya, kita mampu membangkitkan keyakinan, hendaknya patut disyukuri.

 

Setiap hari kita belajar ajaran Sutra, setiap hari memperoleh Abhiseka atau pemberkatan dari semua Buddha di sepuluh penjuru, hal ini wajib diketahui. Kalau tidak tahu, Buddha datang memberi pemberkatan, tidak berdaya menerimanya. Setelah memahami kebenaran, kita telah menerimanya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Desember 2012

 

Makna dari Abhiseka :

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Desember 2012

 

「今經云升灌頂階,對與會大士而言,乃指後位」。因為在會的,參加這個大會的,十六正士都是等覺位的菩薩,在家菩薩,他們受灌頂位,這是後位說的意思。但是對教導眾生來講,教化眾生,結緣灌頂,這是初位。我們明白這個道理,行灌頂一定要把阿彌陀佛介紹給他,要把《無量壽經》或者是《阿彌陀經》介紹給他。為什麼?這是頂,這個方法能叫人一生圓滿成佛,其他的方法做不到,比什麼都重要!灌頂的意思千萬不能誤會,灌頂就開智慧了嗎?上師拿著小瓶的水,彈指彈幾滴到你頭上,你喜歡得不得了,智慧開了沒有?還是糊裡糊塗,沒開智慧。你每天去沖涼,水龍頭的,那不叫大灌頂,智慧開了沒有?得明理,不能迷信。灌頂這個意思說清楚了,灌是慈悲護念,頂是最高的佛法,把最高的法傳授給你,這個叫灌頂。你看講得這麼清楚,講得這麼明白,不是迷信。最高的這個頂法你得認識,你不認識不行。這個法,一切諸佛都說難信之法,它是真的,它不是假的,真是難信之法。我們遇到,能相信,應該值得慶幸,我們得的是灌頂法。每天講演、每天學習就是每天接受十方一切諸佛的灌頂,自己要知道。不知道是什麼?佛來灌頂,沒接受。這我們就接受了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第八十九集)  2012/12/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0089