Kamis, 10 Februari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012 (Bgn 4)

 

  

Dari mana pengetahuan benar dan pandangan benar berasal? Dari ajaran Sutra, niat pikiran yang timbul, ucapan dan tindakan pastinya takkan bertentangan dengan ajaran Sutra.

 

Berpedoman pada satu judul Sutra sudah cukup, hari ini kita menjatuhkan pilihan pada “Sutra Usia Tanpa Batas”. Kebenaran yang diuraikan di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” sudah cukup jelas, metode yang dijabarkannya juga dapat diingat, prinsip penuntun tertinggi dalam melatih diri adalah “Membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”.

 

Apa makna Bodhicitta? 20-30 tahun terakhir ini, kita menggunakan judul lengkap dari “Sutra Usia Tanpa Batas” untuk menguraikan makna Bodhicitta yakni hati yang tulus, hati yang suci, hati yang setara, hati tercerahkan, hati Maitri Karuna, inilah Bodhicitta.

 

Hendaknya menggunakan suci, setara dan tercerahkan terhadap diri sendiri, inilah yang disebut sebagai hati yang mendalam, menggunakan hati Maitri Karuna dalam memperlakukan semua makhluk.

 

Sepanjang hayatNya, Buddha Sakyamuni memperlihatkan teladan terbaik kepada kita semuanya, kita harus mengingatnya. Beliau mengajarkan kita untuk menjauhi segala faktor yang menghalangi Bodhicitta yakni ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan dan kecurigaan, menuntun kita pulang ke Nitya-sthita (tanah suci tingkatan tertinggi di Alam Sukhavati).

 

Jiwa sejati sejak semula telah sempurna akan Dharmakaya, bebas dan prajna (kebijaksanaan), tiga faktor ini memunculkan pembebasan agung, dapat menyelesaikan segala persoalan baik duniawi maupun non duniawi, tidak ada yang tidak dapat diatasi, tidak perlu memperkaya ilmu, secara keseluruhan menggunakan kebijaksanaan jiwa sejati.

 

Kita harus menyadari sekarang kita masih merupakan orang awam, tidak berani bersikap pongah. Bukan hanya awam namun juga memiliki akar kebijaksanaan paling rendah, maka itu hendaknya menyikat bersih rintangan berat yakni kesombongan dan kedengkian. Mengetahui untuk mendekatkan diri pada kalyanamitra, tanpa petunjuk dan bimbingan kalyanamitra, kita tidak dapat berhasil.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

Catatan :

Judul lengkap “Sutra Usia Tanpa Batas” adalah “

“Buddha membabarkan Mahayana Sutra Usia Tanpa Batas nan berwibawa, suci, setara dan tercerahkan”

 

Catatan :

 

Para Buddha memiliki 3 jenis tubuh (Trikaya Buddha) yakni :

 

1. Sambhogakaya

“Sambhoga-kaya”, para Buddha menimbun berbagai jasa kebajikan sehingga mewujudkan Sambhogakaya, yang juga merupakan tubuh berkah kebajikan, kebijaksanaan dan kewibawaan. 

 

Contohnya : Ketika Buddha Amitabha mengikrarkan tekadNya lalu mewujudkan Tanah Suci Sukhavati, Dia akan membabarkan Dharma kepada penduduk Alam Sukhavati dengan menggunakan Sambhogakaya, para Bodhisattva dapat melihat dan berinteraksi dengan Sambhogakaya Buddha Amitabha.


2. Dharmakaya

Dharma-kaya dimiliki oleh Benih KeBuddhaan yang sejak semula ada pada diri setiap makhluk. Dharmakaya memenuhi seluruh semesta alam.

 

3. Nirmanakaya (Tubuh Jelmaan)

Nirmanakaya merupakan tubuh jelmaan, contohnya ketika Buddha Sakyamuni sedang membabarkan Dharma di dunia ini, Beliau menggunakan Nirmana-kaya supaya dapat dilihat oleh manusia.

 

 

我們的正知正見從哪裡來?從經典,起心動念、言語造作決定不違背經典。經典依靠一部就夠了,今天我們所選擇的就是這部《無量壽經》。《無量壽經》它所講的道理清楚,它所說的方法能記住,最高的指導原則就是「發菩提心,一向專念」。菩提心,我們最近二、三十年所說的都用《無量壽經》經題,真誠心、清淨心、平等心、正覺心、慈悲心,這是菩提心。要用清淨平等覺對自己,這叫深心,用慈悲心對一切眾生。釋迦牟尼佛的一生是給我們做出最好的榜樣、最好的典型,我們要記住。他的榜樣就是教我們怎樣遠離一切障礙菩提心法,也就是教導我們遠離貪瞋痴慢疑,引導我們回歸常寂光。常寂光是我們自性本具的三德,法身、解脫、般若,自性本具的。這個東西發顯出來得大自在,這真的不是假的,能解決世出世間一切疑難雜症,沒有不能解決的,無需要廣學多聞,完全用自性的智慧、德相。我們要肯定自己是凡夫,不敢傲慢。不但是凡夫,凡夫裡面下下根,下凡,把自己傲慢、嫉妒這些嚴重的障礙,把它洗刷乾淨。知道求善知識,沒有善知識,我們不能成就。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十六集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0026

 

 

 

 

 Mengetahui untuk mendekatkan diri pada kalyanamitra, tanpa petunjuk dan bimbingan kalyanamitra, kita tidak dapat berhasil. Siapakah kalyamitra itu? Kalyanamitra adalah Buddha Amitabha, merupakan Kalyanamitra terunggul di seluruh jagat raya, kita mesti berguru padaNya. Beliau tidak memiliki khayalan, bentuk-bentuk pikiran, tidak pilih kasih, tidak memiliki beban mental, tidak punya tabiat, yang paling dapat dipercaya.

 

Terhadap Beliau, kita tidak boleh memiliki keraguan sama sekali, Dia merupakan sosok yang paling bisa diandalkan, tidak salah lagi anda yakin padaNya.

 

Sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas) sejak awal hingga akhir adalah memperkenalkan diriNya kepada kita, membaca Sutra adalah mendekatkan diri pada Buddha Amitabha, mengenal diriNya, memahami Alam Sukhavati.

 

Setelah banyak membacanya, sangat akrab, inilah tempat yang akan kita tuju, dengan sendirinya pasti bisa ke sana. Kegagalan terjadi karena terhadap Alam Sukhavati masih merasa asing, sebaliknya terhadap alam saha ini sangat akrab, dia masih merindukan dunia fana ini, makanya gagal ke Alam Sukhavati.

 

Kita mesti memutarbalikkan kedua faktor tersebut, terhadap dunia ini jadi terasa asing, menjauhinya, tidak menghiraukannya, tidak mendengarkan, tidak berinteraksi dengannya.

 

Setiap hari membaca Sutra, mendengar ceramah, belajar dan berdiskusi bersama, hari demi hari kian dekat dengan Alam Sukhavati.

 

Di manakah baktisala kita berada? Di dalam hati kita, di dalam baktisala kita hanya memuja Buddha Amitabha, melafal Amituofo berkesinambungan tidak terputus.

 

Senantiasa mengingatkan diri sendiri, “Kurangi satu perkataan, perbanyak melafal Amituofo”, terhadap hal yang satu ini tidak boleh longgar sama sekali, setiap menit dan setiap detiknya mesti menggenggamnya erat-erat, hal lainnya hendaknya dilepaskan, manalah punya waktu mengurusi hal di enam alam tumimbal lahir!

 

Waktu kita di dunia ini amatlah terbatas, di sini bukan tempat hunian kita selamanya, di sini kita tidak bisa memperoleh usia tanpa batas. Maka itu harus memiliki persiapan mental, kapan saja kita harus angkat kaki dengan senang hati, bersukacita terlahir ke Alam Sukhavati, pasti mendekatkan diri dan berguru pada Buddha Amitabha.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

知道求善知識,沒有善知識,我們不能成就。善知識是誰?善知識是阿彌陀佛,遍法界虛空界第一善知識,最殊勝的善知識,我們求他。他沒有妄想,他沒有雜念,他沒有偏愛,他沒有煩惱、沒有習氣,最能夠信得過的。我們對他不能有絲毫疑慮,這是一個最可靠的人,你相信他肯定不錯。這部經從頭至尾就是介紹他,讀經就是親近阿彌陀佛,就是認識阿彌陀佛,了解極樂世界。念多了,很熟,這是我們要去的地方,自然就去了。去不了,對極樂世界生疏,對這個娑婆世界他很熟,他留戀這個地方,這就去不了。我們必須把它顛倒過來,希望對這個世界陌生,對這個世界我們跟它遠離,不看它,不聽它的,不接觸。每天讀經、聽經,跟大家在一起分享,跟極樂世界一天比一天接近。確確實實,我們的大殿在哪裡?大殿就是我們的心,大殿裡頭只供一尊阿彌陀佛,念茲在茲。常常提醒自己,「少說一句話,多念一聲佛」,對這樁事情應當是分秒必爭,別的事萬緣放下,哪有時間搞六道輪迴事!我們在這個世間時間不多,這個世界不是我們久居之地,我們在這裡不能得無量壽。時時刻刻有我要離開的心,歡歡喜喜的離開,歡歡喜喜的生極樂世界,一定親近阿彌陀佛。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十六集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0026