Kamis, 27 Januari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 November 2012 (Bgn 5)

 

  

Kenapa kita harus perbanyak melafal Amituofo? Kebenaran ini harus dipahami. Sang Buddha menjelaskannya di dalam Sutra, setiap lafalan Amituofo adalah terjalin dengan Buddha Amitabha, terjalin dengan jasa kebajikan Buddha Amitabha. Menjadikan jasa kebajikan Buddha sebagai jasa kebajikan diri sendiri, oleh karena hati sejati adalah sama.

 

Semakin banyak anda melafal, semakin banyak pula jasa kebajikan Buddha yang anda peroleh, jasa kebajikan Buddha dapat mengeliminasi rintangan karma kita, selama kalpa yang tak terhingga entah sudah berapa banyak rintangan karma yang telah kita akumulasi.

 

Maka itu Sutra menyebutkan, “Dengan hati yang paling tulus melafal sepatah Amituofo, dapat mengeliminasi  8 miliar kalpa dosa berat samsara”. Sejak belajar Ajaran Buddha kita mulai melafal Amituofo hingga ajal menjelang, sepanjang hayat kita melafal Amituofo, namun kenapa rintangan karma kita masih belum tereliminasi?

 

Oleh karena sejak kalpa tanpa awal rintangan karma yang terakumulasi itu sudah terlampau banyak, sepatah Amituofo hanya dapat mengeliminasi  8 miliar kalpa dosa berat samsara, jadi melafal hingga seumur hidup juga tidak bisa menghapusnya secara tuntas.

 

Tetapi kekuatan dari jasa kebajikan nama Buddha adalah sungguh tak terbayangkan. Yang namanya rintangan karma itu mustahil dalam satu masa kehidupan ini bisa tereliminasi hingga tuntas. Sementara itu para makhluk di enam alam tumimbal lahir ini, siapa yang tidak menciptakan karma buruk? Siapa pula yang mampu dalam satu masa kehidupan ini menghapus rintangan karma hingga bersih? Tidak mungkin.

 

Jika rintangan karma telah dihapus hingga bersih, maka sudah menemukan kembali jiwa sejati. Adakah orang begini? Ada, bahkan jumlahnya tidak sedikit. Namun perlu kita pahami bahwa praktisi begini selama masa kehidupan demi kehidupan telah menjalani pelatihan diri, bahkan memperoleh pemberkatan dari seluruh Buddha Tathagata, ini sudah pasti. Maka itu dia mampu dalam satu masa kehidupan dimana jodohnya sudah masak, rintangan karmanya tereliminasi secara tuntas.

 

Kita dapat melihatnya di dalam Sutra, Buddha Sakyamuni juga sedemikian rupa, guna diperlihatkan kepada kita; di Tiongkok ada Sesepuh ke-6 yang memperlihatkan kepada kita, saat jodohnya masak, dalam satu masa kehidupan ini berhasil menghapus rintangan karma hingga bersih, setelah rintangan tereliminasi hingga tuntas, barulah dapat menemukan kembali jiwa sejati mencapai KeBuddhaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 November 2012

 

「又一向專念者,古云:上盡形壽,下至十念。上盡形壽者,指從發心念佛之日,終身念佛,直至命終之最後一念。此乃其上者也」。為什麼要念這麼多的佛,這個道理我們要懂。佛在經典上告訴我們,每一聲佛號都跟佛相應,跟佛萬德相應。換句話說,諸佛如來無量劫修成的功德,我們聲聲佛號跟佛相應、跟佛的功德相應,把佛的功德轉變成自己的功德。為什麼?因為心性是一體的,這是自然而然的。你念得愈多,你得的佛功德愈多,佛功德可以消我們的業障,我們無量劫來累積不知道多少業障。所以經上常講,念一聲佛號,消八十億劫生死重罪。從學佛這天開始,念到死為止,念一輩子,我們的業障都消不了。為什麼?業障無始劫以來累積得太多,一句佛號消八十億劫生死重罪,念一輩子都消不完。但是這個佛號的功德力量不可思議。消不完這是肯定的,六道眾生哪一個不造業?誰能把業消盡?不可能的。業如果消盡,就明心見性。有沒有這種人?有,而且還不少。這是怎麼回事情?我們都要曉得,那就是他生生世世修行,而且得一切諸佛如來的加持,這肯定的。所以他能在一世緣成熟的時候,業障消盡了。我們在經典裡面看到,釋迦牟尼佛是這個樣子,示現給我們看;在中國,六祖惠能大師也示現給我們看,真消盡了。不消盡不能見性,消盡才能見性,見性成佛。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十三集)  2012/11/19  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0023

 

 

 

 

Mencapai KeBuddhaan adalah kebijaksanaan nan sempurna, kemampuan kebajikan nan sempurna, rupa nan sempurna. Kesempurnaan ini sejak semula telah dimiliki oleh jiwa sejati, bukan berasal dari luar; dengan perkataan lain setiap insan memiliki kesempurnaan ini, tidak ada seorang pun yang tidak sempurna.

 

Namun sayangnya selama kalpa yang tak terhingga kita menciptakan segudang karma buruk, dosa-dosa ini telah menimbulkan rintangan, sehingga menutupi kebijaksanaan dan kemampuan sejati kita, meskipun tidak hilang, namun tidak bisa muncul ke permukaan.

 

Maka itu setelah memahaminya, perbanyaklah melakukan kebajikan di dunia ini. Kebajikan apakah yang paling bajik? Yakni melafal Amituofo, segala kebajikan tidak sebanding dengan melafal Amituofo. Di dalam Sutra telah banyak disebutkan, diungkapkan dengan sangat jelas.

 

Setelah dimengerti dengan jelas, barulah menyadari bahwa jasa kebajikan dari melafal Amituofo sungguh tidak terbayangkan, tiada taranya, pintu Dharma manapun tidak bisa sebanding dengannya. Setelah kita memahaminya dengan jelas, hendaknya memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan tidak terputus.

 

Praktisi senior zaman dulu mengajarkan kita, “Kurangi satu perkataan, perbanyak melafal Amituofo”, hal ini sungguh beralasan. Banyak bicara memboroskan tenaga dan waktu kita, banyak bicara, inilah yang disebut sebagai kata-kata yang tidak berguna.

 

Segala kata-kata terindah dan terbajik di dunia, tidaklah sebanding dengan lafalan Amituofo, sepatah Amituofo merupakan kata yang paling tulus.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 November 2012

 

成佛就是成就圓滿的智慧、圓滿的德能、圓滿的相好。這個圓滿是自性裡頭本自具足的,不是外面來的;換句話說,個個人都圓滿,沒有一個不圓滿。只是我們無量劫來造作這些罪業,這些罪業產生障礙,把我們圓滿的智慧德相統統障礙住,雖有,不能現前,道理在此地。所以真正明瞭之後,世間善事,我多做一點好事。哪一種善事是最善的事?就是念佛,任何善事跟念佛來比都比不上。這是這個經裡頭講得很多,講得很透徹,後面還有細說。真正明白、搞清楚了,才曉得念佛功德不可思議,沒有法子能比,什麼法門都比不了。我們真的搞清楚、搞明白了,明白之後就一句佛號念到底。古大德教我們,「少說一句話,多念一聲佛」,這有道理。說話把我們的精力、時間都浪費了,真叫廢話。什麼好話跟佛比都叫廢話,這一句阿彌陀佛是真言。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十三集)  2012/11/19  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0023