Tidak timbul niat pikiran, harus ke mana melatihnya? Di dalam kehidupan keseharian, sejak pagi bangun tidur hingga malam hari tidur lelap, ketika mata terbuka melihat rupa, belajarlah tidak timbul niat pikiran, telinga mendengar suara juga tidak timbul niat pikiran.
Senantiasa teringat pada ucapan yang disampaikan Buddha di dalam sutra, “Segala sesuatu yang berwujud adalah khayalan semu”, enam indra (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), tidak ada satupun yang nyata, yang dapat melihat dan mendengar adalah enam indra, yang dilihat dan didengar adalah rupa, suara, wangi-wangian, rasa, semuanya adalah semu, jangan melekat, segalanya menuruti jodoh yang ada, barulah anda bisa mencapai KeBuddhaan.
Jika ada kemelekatan, kekotoran batin dan tabiat terlampau berat. Kapan barulah kita bisa memperoleh kemajuan batin? Diri sendiri mengetahuinya, jelas dan dimengerti : Saya tidak melekat lagi.
Waktu dulu masih melekat, sekarang sudah tidak mempersoalkan lagi, waktu dulu hal apapun harus menuruti kehendak diri sendiri, sekarang sudah sanggup menuruti kehendak para makhluk, melihat apapun terasa bagus.
Kapankah baru sempurna? Melihat semua orang adalah Buddha Amitabha, para Buddha Tathagata, bahkan pohon, bunga dan rumput, gunung, sungai dan permukaan alam juga adalah Dharmakaya para Buddha Tathagata, anda telah mencapai KeBuddhaan.
Jadi kapan diri sendiri bisa mencapai KeBuddhaan, tidak usah tanya kepada orang lain.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Desember 2012
不起心不動念在哪裡修?在生活當中修,早晨起來到晚上睡覺,睜開眼睛見色,學不起心不動念,聽到一切聲音不起心不動念。常常想著佛在經上告訴我們,「凡所有相,皆是虛妄」,六根六塵沒有一樣是真的,能見能聞是六根,所見所聞色聲香味,統統是假的,不要執著,一切隨緣你才能成佛。有執著、有偏愛,這就是前面所說的,煩惱、習氣太重了。我們自己什麼時候有進步?自己知道,自己清清楚楚:我不執著。以前樣樣執著,現在隨便,以前一定要依自己的意思,現在可以隨順眾生,看到什麼都好。到什麼時候圓滿?看到每個人都是阿彌陀佛,都是諸佛如來,看到樹木花草、山河大地統統是諸佛如來的法身,你就成佛了。成佛不要問人,那是真的一點都不假,山河與大地,全露法王身,什麼時候?就在當下。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第八十五集) 2012/12/24 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0085
Sepanjang hayat memutuskan kejahatan memupuk kebajikan, menimbun jasa kebajikan berkesinambungan, betapa bahagianya!
Kita bersua dengan Buddha Dharma dan bertekad pulang ke kampung halaman Alam Sukhavati. Tanpa Buddha Dharma, kita hanya berbuat baik dan kelak terlahir sebatas Alam Surga saja.
Sekarang kita tahu bahwa Alam Surga tidak sempurna, usia yang terbatas, setelah meninggal mengikuti kekuatan karma berputar di lingkaran enam alam tumimbal lahir, ini bukanlah solusi.
Untuk menyelesaikan masalah kita hingga tuntas, maka harta, rupa, ketenaran dan keuntungan harus dilepaskan, sedikit pun tidak boleh tercemar. Jangan coba-coba mengira itu hanyalah segelintir saja, meskipun hanya secuil namun bisa merintangi upayamu terlahir ke Alam Sukhavati, oleh karena secuil itu membuatmu menciptakan karma buruk, bayangkan betapa mengerikannya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Desember 2012
人生在世要活得什麼?心安理得。貧窮不怕,心裡頭踏實,一生沒有做虧心事,你說你這個多快樂,這是一般人無法想像的。一生斷惡修善,積功累德,這多快樂的事情!我們是遇到佛法嚮往淨土。如果沒有佛的佛法,照我們一生行誼來走,我們來生在天上,至少也是忉利天、四王天,不是在人間,多快樂的事情。可是現在我們知道天不究竟,天的壽命長,還是會死亡,死了還是隨業流轉,出不了六道輪迴,這不是解決問題。
要解決問題,財色名利決定要放下,絲毫都不能沾染。不要講試試沾一點無所謂,那一點就要了你的命,那一點就障礙你不能往生,障礙你在佛法裡頭造業,你說多可怕。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第八十五集) 2012/12/24 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0085
Manusia hendaknya melakukan kebajikan, melangkah di jalan yang benar. Mengapa harus mengambil jalan menyimpang? Akibat tersesat, ingin mengambil jalan pintas untuk meraih kesuksesan instan.
Ketahuilah jalan pintas itu memang ada, tetapi diperuntukkan bagi insan yang memiliki kebijaksanaan agung, insan yang memiliki berkah kebajikan besar, bagi mereka ini barulah ada gunanya.
Sedangkan bagi insan yang memiliki kebijaksanaan dan berkah kebajikan yang agak-agak alias tidak mencukupi, cuma sia-sia saja, dia tidak mampu menggenggamnya.
Terutama orang masa kini yang kondisinya cukup memprihatinkan, saat masih berusia kecil tidak ada yang mendidik, sehingga memiliki tabiat yang berat. Tabiat ini adalah suasana hati yang tidak stabil dan gampang emosi, pikirannya tidak bisa tenang, nafsu keinginannya terlampau banyak, suasana hati yang labil dan gampang emosi ini membawa masalah besar.
Dengan suasana hati yang labil, mana mungkin ada yang bisa dipelajari, tiap hari belajar, belajar hingga seumur hidup juga tidak ada yang berhasil diperoleh, lantas harus bagaimana? Melepaskan kemelekatan barulah bisa berhasil mempelajarinya.
Jika anda tidak bersedia melepaskannya, anda takkan berhasil mempelajarinya, harus melepaskan kekotoran batin dan tabiat. Kekotoran batin dan tabiat selalu muncul ke permukaan, anda tidak sanggup mengendalikannya, melihat rupa dan mendengar suara langsung timbul niat pikiran, bagaimana mengatasinya?
Anda harus yakin pada ucapan Buddha dan Bodhisattva serta Guru Sesepuh, maka anda dapat terselamatkan. Apa yang diajarkan oleh Guru Sesepuh pada kita? Yakni memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan selama jangka panjang.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Desember 2012
人應該要行善道,應該要行正道。為什麼走歪路?都是迷惑顛倒,想走捷徑,想走近路。要知道捷徑、近路有,那是大智慧人、大福德人遇到才有用處;智慧福德不足的人,遇到也枉然,他掌握不住。特別是現代人,現代人可憐,小時候沒人教,普遍都有嚴重的習氣。這個習氣就是浮躁,所謂心浮氣躁,他的心定不下來,欲望太多,心浮氣躁這就麻煩大了。聖賢學問要心平氣和,心浮氣躁是決定學不到的,天天學,學一輩子都學不到。那怎麼辦?放下就學到。你不肯放下,你就學不到,要把煩惱習氣統統放下。煩惱、習氣常常會現行,你自己控制不住,見色聞聲馬上就起來了,怎麼辦?你要真正相信佛菩薩,真正相信祖師的話,你就有救。祖師的話教我什麼?教我一門深入,長時薰修。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第八十五集) 2012/12/24 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0085