Minggu, 02 Mei 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012 (Bgn 1)

 

 

“Apabila si praktisi tidak membangkitkan Bodhicitta tertinggi tiada taranya, hanya mendengar di Negeri Buddha dapat menikmati kesenangan, sehingga berniat terlahir di sana, maka praktisi ini tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati”.

 

Perkataan ini sangat penting, Buddha Amitabha mewujudkan Alam Sukhavati tujuannya bukanlah untuk menyediakan sebuah tempat buat kita menikmati kesenangan.

 

Buddha Amitabha membangun Alam Sukhavati tujuannya adalah untuk membantu kita membangkitkan Maha Bodhicitta, serupa dengan diriNya mengikrarkan tekad agung menyelamatkan semua makhluk, menuntun para makhluk terlahir ke Alam Sukhavati, membantu mereka supaya berhasil, dan bukannya membantu mereka menikmati kesenangan.

 

Hendaknya kita jangan salah tafsir, mendengar lingkungan Alam Sukhavati sangat indah, usai menikmati kesenangan di dunia fana ini, bisa lanjut lagi ke Alam Sukhavati menikmati kesenangan di sana, kalau pemikirannya begini yah manalah bisa terlahir ke Tanah Suci Sukhavati. Walaupun anda berniat ke sana (demi mengejar kesenangan), Buddha juga takkan datang menjemput.

 

Dari sini dapat diketahui bahwa membangkitkan Bodhicitta adalah sedemikian pentingnya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

「若人不發無上菩提心,但聞彼國土受樂無間,為樂故願生,亦當不得往生也」。這段話很重要,極樂世界,阿彌陀佛建立,不是提供我們一個享樂的環境,不是這個意思。佛建立極樂世界,目的是幫助發大菩提心,跟他一樣有普度一切眾生的大願,是接引這些人往生的,幫助他成就,而不是幫助一個人去享受。我們千萬不要錯會意思,聽說極樂世界這麼好,到那裡可以去享福去了,這個意念不能往生。想去,佛也不會來接引你,這裡就說得很清楚。由此可知,發菩提心重要。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十八集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0018

 

 

 


Mengapa Bodhicitta tidak mampu dibangkitkan keluar? Oleh karena terhadap kebenaran alam semesta dan kehidupan manusia, tidak cukup jelas dipahami. Apa yang dimaksud dengan kebenaran alam semesta dan kehidupan manusia? Secara sederhana dapat disimpulkan sebagai alam semesta merupakan satu kesatuan dengan diriku, inilah fakta yang sesungguhnya.

 

Siapa yang telah mencapai kondisi batin begini? Buddha Sakyamuni memberitahukan kepada kita di dalam Sutra, Bodhisattva tingkatan Bhumi 8 ke atas.

 

Asalkan anda melatih diri hingga mencapai tingkatan Bodhisattva Bhumi ke-8, maka anda akan membuktikannya. Sedangkan tingkatan Bodhisattva Bhumi 7 ke bawah, termasuk diri kita, hanya mendengar dari perkataan Sang Buddha, namun belum dapat menyadarinya secara langsung.

 

Setelah berhasil mencapai tingkatan Bodhisattva Bhumi ke-8, barulah anda dapat membuktikannya secara langsung, barulah anda sadari ternyata semua ucapan Tathagata nyata adanya, dengan demikian Bodhicitta dalam batinmu dapat dibangkitkan keluar.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

Tingkatan Bodhisattva :

http://daunbodhi.blogspot.com/2018/11/tingkatan-bodhisattva.html

 

菩提心為什麼發不出來?是對於實相,就是宇宙之間的真實相狀了解不夠清楚,心發不起來。實相是什麼?經上講得很清楚、很明白,實相是一體,我們用最簡單的話說,整個宇宙跟我們自己是一體,這是事實真相。誰知道、誰證明了?佛在經論上都告訴我們,八地以上。你只不斷去修,到第八地你就見到了。七地以前是聞佛所說,我們自己沒有親證。八地,你親自證得了,你才曉得如來所說的是真實的,不是虛妄,沒有欺騙我們,你的菩提心就發出來了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十八集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0018

 

 

 

 

Apa yang dimaksud dengan Bodhicitta? Yakni Maitri Karuna kepada semua makhluk adalah tanpa syarat. Mengasihi semua makhluk oleh karena semua makhluk dan diri sendiri merupakan satu kesatuan, tahu menyayangi diri sendiri tentu saja tahu menyayangi orang lain.

 

Inti dari keseluruhan Bodhicitta adalah satu kata yakni Kasih. Pada zaman dulu ada praktisi yang bertanya, apa yang dimaksud dengan Ajaran Buddha? Guru Sesepuh menjawab, “Maitri Karuna sebagai landasan, Upaya Kausalya sebagai pintu atau metode-nya”, hanya dengan satu kalimat telah memberikan jawaban yang sempurna.

 

Akar dari Ajaran Buddha adalah Kasih, Maitri Karuna adalah Kasih. Ajaran Buddha tidak menggunakan kata Cinta, namun menggunakan istilah Maitri Karuna, oleh karena istilah Cinta mengandung perasaan emosional.

 

Kasih yang sesungguhnya tak ternodakan, tidak mengandung unsur emosional, sementara Cinta individu mengandung perbedaan dan kemelekatan, termasuk kategori khayalan semu, maka itu Ajaran Buddha menggunakan istilah Maitri Karuna.

 

Maitri Karuna adalah cinta kasih yang berakal sehat, bukan menggunakan perasaan emosional, memahami kebenaran dengan sepenuhnya, dari sinilah hati Kasih berkembang.

 

Kasih ini adalah kasih sejati, bukan cinta individu, bukan karena dorongan emosional, namun mengalir secara alamiah.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

Catatan :

Maitri = cinta kasih universal

Karuna = belas kasih universal

Upaya Kausalya adalah menyampaikan Dharma sesuai dengan kemampuan penerimaan si pendengar, atau menyampaikan Dharma pada waktu, tempat dan orang yang tepat.

 

菩提心是什麼?就是無緣大慈,同體大悲。知道我對一切眾生的愛護,為什麼?他跟我同體,他跟我是一體,所以一體當然就愛他。菩提心,整個的核心就是一個愛。所以古德有問,什麼是佛教?祖師的回答,「慈悲為本,方便為門」,這答盡了,答得圓圓滿滿。佛教的根本就是愛,慈悲就是愛。佛教不用愛,用慈悲,這個意思是,愛一般裡面都含著有情,有情識。真正的愛,這裡頭沒有情,情是染污,情是分別執著,是屬於妄想,所以用慈悲。慈悲是理性的愛,不是感情的,對於事實真相完全明瞭,愛心從這兒生的。這個愛是真愛,不是感情的,不是衝動的,是自自然然的。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十八集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0018