Guru kesulitan menemukan murid, terutama murid yang dapat menjadi penerusnya, akan lebih sulit lagi. Sebaliknya murid ingin mencari guru juga sangat sulit, semuanya berkaitan dengan jodoh.
Sepanjang waktu memberi ceramah berkesinambungan tidak terputus, dengan sendirinya dapat bersua dengan insan berjodoh ini, dia setia datang mendengar ceramah, suka sekali pada ajaran sutra, lalu mengamati pandangan dan pemahaman-nya, ketika berbincang dengannya, dapat mengamati bagaimana pandangan dan pemahamannya, kemampuan pencerahannya.
Jika memenuhi syarat, maka berilah motivasi padanya, agar dia bersedia belajar, memberinya kesempatan mengulangi ceramah, beginilah mulai serius membimbingnya.
Vihara di Tainan tersebut, satu ruangan ceramah skala besar dapat memuat sekitar 300 orang, ruangan ceramah skala kecil dapat memuat 50-60 orang, memberi kesempatan pada setiap murid untuk mengulang ceramah senior, belajar berceramah, kegiatan ini juga tidak boleh dibiarkan terputus.
Tiap minggu minimal juga harus memberi ceramah satu kali, satu kali ceramah lamanya 1-2 jam juga boleh. Setiap murid memiliki waktu hampir seminggu untuk mendengar ceramah, lalu mempersiapkan bahan ceramahnya, menulis naskah ceramah, baik secara lisan maupun tulisan, apa yang hendak disampaikannya harus tertuang jelas di atas kertas.
Untuk ceramah berdurasi 1 jam, umumnya dapat memuat sebanyak 10 ribu aksara, saya pribadi bicaranya lambat, jadi 1 jam hanya memuat sekitar 8 ribu aksara, 2 jam bisa memuat sekitar 16 ribu aksara.
Satu minggu bisa menulis selembar naskah ceramah, lalu memberi ceramah sebanyak satu kali, terhadap kemajuan si murid akan sangat pesat sekali.
Metode begini diwariskan langsung oleh Y.A.Ananda, setiap generasi demi generasi tidak berubah. Sementara itu Kampus Buddhis melakukan perubahan ke gaya modern, seperti sekolah pada umumnya, tidak dapat menghasilkan insan berbakat.
Ini merupakan pengalaman kami selama beberapa dekade, tidak boleh tidak diketahui, metode kuno benar-benar bagus adanya, benar-benar efektif, terhadap insan yang memiliki kemampuan, sangat cepat berhasil.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012
老師要找學生難,傳法的學生不容易;學生要找個老師也難,這都是緣分。常年不斷講經,自然會遇到有緣人,他常來聽經,對經教很喜歡,再觀察他的見解,給他談談話的見解,他的領悟能力。符合這個條件就鼓勵他,讓他學習,給他複講的機會,這就是真正栽培人。所以一個大講堂,它那邊大講堂大概可以容納三百人的樣子,小講堂大概容納五、六十個人,讓學生複講,練習講經,也不能讓他中斷。每個星期至少來講一次,一次規定的是一個小時,或者是兩個小時,都可以。他聽經,每個星期他自己去準備,學講一定要寫講稿,講稿一定是口語文學,就是把他所講的統統寫出來,寫成文字。一個小時普通一般的速度大概要一萬字,我講的速度比較慢,一個小時差不多是八千字的樣子,兩個小時就是一萬六千字。一個星期能寫一篇講稿,做一次講演,對他的進步就非常快速。這個方法是從阿難尊者一直傳下來的,世世代代沒有改變。佛學院改成一個新式的,像一般學校的這種方法,出不了人才。這是我們幾十年的經驗,不能不知道,老辦法真好,真有效果,對於能力強的人成就很快。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十五集) 2012/11/20 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0025
“Membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”, apa yang dimaksud dengan Bodhicitta? Hati yang menyelamatkan para makhluk.
Sebelum menyelamatkan orang lain, terlebih dulu mesti menyelamatkan diri sendiri, jika diri sendiri belum terselamatkan, bagaimana anda dapat menyelamatkan orang lain?
Bagaimana cara menyelamatkan diri sendiri? Di dalam “Empat Tekad Agung Bodhisattva”, hal pertama yang mesti dilakukan adalah melenyapkan kekotoran batin.
Kita tidak sanggup melenyapkannya, maka itu kita berupaya menguranginya, hal ini lebih mudah diwujudkan, sebaliknya jika ingin melenyapkannya hingga bersih, hal ini sulit dilakukan di dunia ini.
Dalam menjalani kehidupan keseharian, makanan asalkan dapat mengganjal perut, pakaian asalkan dapat menghangatkan tubuh, rumah mungil dapat berteduh dari angin dan hujan, asalkan dapat hidup layak maka sudah cukup, jangan lagi berharap terlampau banyak, beginilah cara praktisi Aliran Sukhavati menghapus kekotoran batin.
Dalam mempelajari Pintu Dharma, tidak perlu kaya ilmu, tidak perlu belajar aneka macam sutra; yang penting adalah memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, seumur hidup hanya belajar satu judul Sutra saja.
Wilayah Tiongkok begitu luas, jika anda dapat menceramahkan satu judul Sutra saja, contohnya “Amitabha Sutra”, hanya butuh waktu setengah sampai satu bulan sudah bisa menyelesaikan menceramahkan satu judul Sutra ini.
Setelah setahun selesai berceramah di sini, pindahlah ke tempat lainnya, ada beberapa ribu kabupaten di Tiongkok, meskipun hidup sampai usia seabad, anda juga belum habis mengelilinginya.
Makin berceramah makin bagus, lama kelamaan memperoleh samadhi, terbukalah pencerahan. Jangan belajar beraneka ragam, jika rakus dan hobi mengoleksi ilmu, malah tidak sanggup mencernanya, diri sendiri tidak mendapatkan manfaat, orang lain juga tidak bisa memperoleh manfaat.
Jadi pertama-tama diri sendiri mesti memperoleh manfaatnya terlebih dulu, barulah orang lain bisa mendapatkan manfaat, ini merupakan aturan yang pasti.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012
這個地方講到,學習淨土宗「發菩提心,一向專念」,他不需要斷見思煩惱,這就省事!要怎樣?「但能發菩提心,一向專念」,真發菩提心。菩提心是什麼?度眾生的心。那度眾生,先要度自己,自己沒度,你怎麼能度人?自己怎麼度法?四弘誓願裡頭首先斷煩惱。我們這個斷是把煩惱減輕,不是真的斷了。豎出要真斷,我們這不是真斷,把煩惱降溫了,盡量減少,這個好辦,完全斷不容易。日常生活我們能吃飽,能穿得暖,有個小房子遮避風雨足了,不再多求,基本生活能過得去,不求奢侈,這是淨宗同學的斷煩惱。學法門,也不必廣學多聞,學很多經論不必要;一門深入,長時薰修,一生就學一部經典。中國的幅員這麼大,你會講一部經,講一部《彌陀經》吧,半個月、一個月就講完一部。你一年這個地方講完了,到那個地方去,中國有幾千個縣,大概你活到一百歲,你還沒講完。愈講愈好,講久了,就得定,就開悟了。不要搞多,搞多的貪多嚼不爛,樣樣都生疏,自己得不到利益,別人得利益很有限。必須自己得利益,別人才會得利益,這是一定的道理。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十五集) 2012/11/20 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0025
Pertama-tama diri sendiri mesti memperoleh manfaatnya terlebih dulu, barulah orang lain bisa mendapatkan manfaat, ini merupakan aturan yang pasti.
Seperti yang disebutkan bahwa memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya, melatih berkesinambungan untuk jangka panjang, berbekal satu judul Sutra mengelilingi wilayah Tiongkok, setiap singgah di satu kabupaten berceramah satu kali, lihatlah sepanjang hayat juga tidak bisa menjangkau keseluruhan wilayah Tiongkok, jadi tidak perlu belajar beraneka ragam.
Di manapun berada adalah tempat persinggahan sementara, jadilah seorang tamu, jangan jadi tuan rumah, menjadi tuan rumah itu sungguh melelahkan, mengelola sebuah Vihara sangat menyengsarakan.
Menjadi tamu itu lebih bagus, di sini saya cuma menetap selama sebulan, habis itu pindah lagi, dia akan memperlakukan saya sebagai tamu penting, alangkah bebasnya!
Belajarlah menjadi ahli, jangan menjadi orang sok tahu. Anda dapat menjadi seorang spesialis, hal ini terjalin dengan semangat Aliran Sukhavati. Anda dapat membangkitkan hati begini serius mengamalkannya, Buddha dan Bodhisattva memberkatimu, Buddha Amitabha memberkatimu, Buddha Sakyamuni juga memberkatimu. Mengapa demikian?
Pikiranmu terfokus, anda tidak rakus, tidak memiliki bentuk-bentuk pikiran, tidak memiliki khayalan. Selain berceramah, hanya melafal Amituofo, tidak bersaing dengan orang lain, tidak mendambakan dunia ini, alangkah bahagianya!
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012
必須自己得利益,別人才會得利益,這是一定的道理。所謂一門深入,長時薰修,一部經走遍全中國,每個縣裡頭去講一次,你看看講一輩子還沒講圓滿,不用學好多。到處作客,不要做主,做主很累,經營一個道場很辛苦。作客好,我在這裡只住一個月,一個月我就走了,他把我當作貴賓招待,多自在!學做專家,不做通家,容易,跟淨宗的理念精神完全相應。
所以「便蒙佛願冥加」,你真發這樣的心真幹,佛菩薩加持你,阿彌陀佛加持你,本師世尊加持你。為什麼?你心定,你沒有貪心、沒有雜念、沒有妄想。除了講經之外,就一句阿彌陀佛,在這個世間於人無爭,於世無求,你多快樂!
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十五集) 2012/11/20 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0025